Tips & Trik

Mengenal Jenis-jenis Sparepart Mobil dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 20 Mei 2023

Sparepart Mobil

sparepart_mobil_suzuki

Sumber: freepik

Setelah mengetahui apa saja contoh jenis sparepart mobil beserta fungsinya, ketahui pula apa saja bagian mobil yang membutuhkan penggantian sparepart. Berikut beberapa di antaranya:

 

  • Sistem Mesin

 

Sistem mesin adalah inti dari mobil, dan terdiri dari berbagai komponen yang bekerja bersama untuk menghasilkan tenaga menggerakkan kendaraan. Contoh komponennya yaitu busi, filter udara, filter oli, timing belt, dan bearing roda gigi.

 

  • Sistem Kelistrikan

 

Sesuai namanya, sistem ini berkaitan dengan komponen-komponen listrik yang berfungsi menunjang performa saat berkendara. Contohnya seperti aki, kabel pengapian, lampu, saklar, dan relay.

 

  • Sistem Suspensi

 

Sistem suspensi bertanggung jawab menyerap guncangan dan menjaga stabilitas kendaraan saat melintasi jalan yang tidak stabil. Contoh komponen utama sistem suspensi yang butuh membutuhkan penggantian rutin adalah shock absorber.

Baca Juga : Sedikit Yang Tahu, Ini Jenis Polisi Tidur & Regulasinya

 

  • Sistem Rem

 

Berikutnya ada sistem rem yang sangat penting untuk memastikan laju kendaraan bisa diperlambat atau dihentikan dengan aman dan stabil. Contoh sparepart sistem rem antara lain kampas, cakram, silinder rem, dan lain sebagainya.

 

  • Sistem Pendingin

 

Sistem pendingin seperti radiator dan kipas pendingin (AC), adalah komponen penting untuk menjaga suhu mesin tetap stabil. Radiator berperan menghilangkan panas berlebih dari mesin, sementara AC membantu meningkatkan sirkulasi udara.

 

  • Sistem Pengapian

 

Terakhir adalah sparepart dari sistem pengapian untuk menghasilkan energi yang bisa menjalankan mobil. Contoh komponennya antara lain yaitu alternator, starter motor, distributor, dan koil pengapian.

Penggantian sparepart pada bagian-bagian mobil yang membutuhkan adalah langkah penting untuk menjaga performa, keamanan, dan kenyamanan berkendara. Namun, penting juga untuk mengikuti panduan dan rekomendasi dari pabrikan kendaraan Anda.

Sebaiknya, buat jadwal khusus untuk penggantian sparepart mobil secara langsung di bengkel resmi dan terpercaya agar kondisi mobil selalu prima. Jika membutuhkan sparepart tertentu dari Suzuki, cukup kunjungi halaman resmi kami di https://www.suzuki.co.id/eparts.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Suzuki New Xl7 Hybrid

Fitur Keselamatan New XL7 Hybrid

New XL7 Hybrid hadir dengan menawarkan berbagai keunggulan yang bisa menemani perjalanan Anda. Selain fitur kenyamanan, berbagai fitur keselamatan juga dimiliki oleh mobil keluaran...

selengkapnya