Tips & Trik

Mengenal Apa Itu Flat Visor pada Helm

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/flat_visor_di_helm.jpg

Selain pinlock, ternyata kaca flat juga bisa dipasangi tear-off. Tear-off merupakan suatu lapisan berupa plastik khusus yang biasa digunakan untuk melindungi kaca helm dari pasir, debu dan sejenisnya. Dengan adanya tear-off, kaca helm tidak mudah tergores oleh benda-benda asing.

Kaca yang tergores tentu akan mempengaruhi pandangan. Pada umumnya, kaca flat sudah menyediakan lubang yang khusus digunakan untuk memasang tear-off. Jadi ketika Anda memutuskan untuk membeli kaca flat tidak perlu bingung ketika ingin memasang tear-off.

Tear-off juga bisa melindungi pengendara dari silaunya cahaya motor yang datang dari arah berlawanan. Alasan tersebut yang membuat banyak orang memilih kaca flat untuk helm mereka. Setelah mengetahui kelebihan dari kaca flat, apakah Anda jadi tertarik untuk memilikinya?

Tear-off pada helm memang mendatangkan banyak keuntungan. Namun, sebenarnya hal tersebut lebih direkomendasikan untuk para pembalap motor. Untuk keseharian, tear-off tidak begitu dianjurkan. Tear-off dianjurkan bagi pembalap karena biasanya saat balapan rawan terjadi kecelakaan.

Dengan adanya tear-off, kaca tidak akan mudah tergores kerikil atau aspal. Saat di jalan umum, potensi terkena goresan tentu tidak terlalu besar karena kecepatan berkendara juga tidak seperti di sirkuit. Oleh karena itu, untuk keseharian helm tidak perlu harus dipasangi tear-off.

Kekurangan Flat Visor

Salah satu jenis kaca helm ini sangat digemari banyak orang. Hal tersebut tidak lain karena ini dianggap sangat menguntungkan. Namun apakah Anda tahu jika dibalik kelebihannya tersebut tetap saja ada kekurangan. Berikut beberapa kekurangan kaca helm datar yang perlu Anda ketahui.

  • Harga yang Ditawarkan Terlalu Mahal

Mahal tidaknya harga sebuah barang sebenarnya tergantung pada siapa yang membeli dan apa kebutuhannya. Namun terlepas dari itu semua, mahalnya harga suatu barang tentu juga sangat berkaitan dengan kualitas yang diberikannya.

Flat visor memang dibanderol dengan harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kaca helm biasa. Tentu alasan tersebut yang seringkali menjadi kendala utama bagi para pengendara sepeda motor untuk bisa memilikinya.

Mahalnya harga yang ditawarkan pada kaca helm datar satu ini tentu dikarenakan kualitas yang dimiliki. Selain itu, bahan yang digunakan untuk membuat kaca tersebut juga berbeda dengan kaca helm biasa. Jika Anda ingin berkendara lebih aman, tentu harga mahal tidak jadi masalah bukan?

  • Bentuk Kaca Tidak Aerodinamis

Kaca helm yang bentuknya flat atau datar dianggap tidak bersifat aerodinamis. Hal tersebut dikarenakan permukaannya yang datar tidak dapat membelah angin secara maksimal. Ini sebagaimana dengan yang biasa dilakukan oleh kaca helm cembung.

Lalu, jika tidak aerodinamis kenapa banyak digunakan oleh para pembalap motor? Bukankah sifat aerodinamis itu sebaiknya dimiliki oleh sebuah helm agar pengendara tetap aman saat melaju melawan angin?

Ternyata, kaca datar tidak begitu membahayakan bagi pengguna MotoGP. Pembalap pada umumnya tidak terus berada dalam posisi tegak saat berkendara. Mereka memiliki cukup banyak waktu untuk bersembunyi menghindari angin dibalik windshieldnya.

Flat visor mendatangkan banyak keuntungan bagi pengendaranya. Jika Anda sudah memiliki kaca flat, mau berkendara kemanapun terasa lebih aman dan nyaman. Akan tetapi, untuk bisa mendapatkannya Anda harus rela merogoh kocek yang lebih besar. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya