Tips & Trik

Mengenal Apa Itu Engine Brake

PUBLISHED DATE : 27 Desember 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/rem.jpg

Jangan kaget ketika teknik ini dilakukan mobil akan terdengar seperti meraung. Banyak yang salah sangka bahwa mesin mobil mengalami kerusakan atau masalah tetapi jika Anda melakukannya dengan benar, maka mesin akan baik-baik saja.

pelek_mobil

Manfaat Menggunakan Engine Brake Saat Berkendara

Adanya teknik ini mengajarkan bahwa untuk menurunkan laju kendaraan tidak hanya bisa dilakukan dengan rem saja. Putaran mesin juga bisa dimanfaatkan dan tidak hanya bisa digunakan untuk kendaraan manual saja. 

Apabila menggunakan teknik ini saat mengendarai mobil, ada beberapa manfaat yang dirasakan sebagai berikut ini. 

  • Beban Rem akan Berkurang

Sesuai dengan penggunaannya yang tadi telah dijelaskan, saat terjadi engine brake maka mesin akan bekerja lebih lambat. Jika dilakukan maka rem akan jarang diinjak karena pengereman sudah dilakukan melalui mesin. 

Putaran yang terjadi pada mesin akan menahan kecepatan mobil dan jika sudah kembali ideal Anda bisa kembali menginjak pedal gas. Baik itu pada jalanan turunan, pada saat hujan, dan saat berlalu lintas di tol, teknik ini digunakan supaya kendali mobil lebih mudah terjadi. 

  • Perpindahan Gigi akan Lebih Halus

Manfaat yang selanjutnya adalah perpindahan yang terjadi juga akan lebih halus. Dengan catatan lakukan perpindahan pada saat waktu yang tepat. Perpindahan akan lebih mulus jika putaran mesin sampai perpindahan gigi sudah pas. 

Anda bisa berlatih melakukannya supaya perpindahan terjadi sangat mulus. Semakin sering berlatih tentu ketika berada di situasi yang tidak memungkinkan hanya mengandalkan rem saja Anda bisa melakukannya. 

  • Deselerasi akan Lebih Cepat Terjadi

Penurunan kecepatan atau deselerasi akan bisa terjadi dalam waktu yang singkat tanpa mengandalkan rem, asalkan urutannya sudah benar. Yang dimaksudkan dengan urutan adalah perpindahan dari gigi besar ke gigi yang lebih kecil harus dilakukan. 

Misalnya saja Anda sedang berkendara pada gigi 4 maka tidak boleh langsung pindah ke gigi 2 apalagi gigi 1. Perpindahan harus melalui gigi 3 terlebih dahulu sehingga perpindahan juga terjadi dengan lebih mulus dan menjaga kualitas mesin. 

  • Munculnya Akselerasi Spontan

Selain deselerasi, engine brake juga bisa dilakukan untuk akselerasi mobil sehingga memudahkan menyalip kendaraan yang berjalan lambat di depan. Caranya adalah dengan menurunkan gigi terlebih dahulu supaya tenaga yang dihasilkan tetap terjaga pada putaran mesin tertentu. 

Kemudian Anda bisa menyalip kendaraan di depan dengan tenaga yang lebih kuat lagi. Cara ini sering dilakukan pengemudi yang sudah mahir di jalan tol atau jalan tanjakan. 

  • Pengereman Bisa Lebih Cepat

Mobil juga akan bisa berhenti lebih cepat dengan mengandalkan trik ini. Dengan catatan Anda sudah melakukannya dengan benar agar mesin serta transmisi tetap bekerja dengan baik. Selalu perhatikan indikator RPM ketika Anda ingin melakukan engine brake. 

Jangan lupa selalu cek kondisi mobil sebelum berkendara khususnya untuk rem karena Anda juga tidak bisa hanya mengandalkan trik ini saja. Lakukan servis secara rutin di bengkel resmi Suzuki terdekat

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya