Tips & Trik

Mekanisme Kerja Dongkrak Buaya

PUBLISHED DATE : 09 Agustus 2023

Cara Kerja Dongkrak Buaya

Setelah terpasang, maka dongkrak biasa dibiarkan saja. setelah perbaikan atau pengecekan selesai, maka dongkrak bisa dipakai kembali untuk membantu melepaskan jack stand.

Cara Memilih Dongkrak

Setelah mengetahui cara kerja dongkrak buaya beserta fungsinya, maka selanjutnya Anda bisa memahami langkah pemilihan! Jika akan membeli dongkrak buaya, maka berikut adalah beberapa cara supaya bisa memilihnya dengan tepat:

  • Pahami Dulu Jenis-Jenis Dongkrak

Ada berbagai jenis dongkrak yang bisa Anda pilih untuk keperluan otomotif. Sebelum memilih dongkrak buaya, sebaiknya Anda pahami dulu hal ini.

Jika dilihat dari cara kerjanya, maka dongkrak terbagi dari dongkrak hidrolik dan mekanik. Lalu, jika dilihat dari bentuknya, maka terdapat empat jenis yaitu dongkrak buaya, dongkrak gunting, dongkrak botol, dan dongkrak kombinasi.

Ketika akan membeli dongkrak buaya, maka Anda bisa memilih dongkrak yang bentuknya mirip dengan buaya.

  • Ketahui Bodi dan Beban Mobil

Sebelumnya, Anda telah mengetahui cara kerja dongkrak buaya. Penting untuk diketahui juga kapasitasnya dalam menampung beban, yaitu mulai dari 1,5 toh hingga 20 ton.

Dengan kapasitas tersebut, maka dongkrak buaya tidak dapat dipakai untuk beban mobil yang lebih berat, misalnya bus atau truk. Jadi, pastikan Anda tidak salah memilih dan membeli dongkrak.

  • Perhatikan Beban dan Tinggi dari Dongkrak

Baca Juga : Tips Aman Naik Motor untuk Wanita Berhijab

Hal selanjutnya yang perlu diketahui yaitu beban dan tinggi dari dongkrak buaya. Saat ini, ada dongkrak buaya yang memiliki berat 12 kilogram dan tinggi sekitar 4 meter ketika dipakai.

Pastikan Anda memilih dongkrak yang tepat untuk kebutuhan, termasuk jika dilihat dari tinggi dan beratnya.

dongkrak buaya

iStock

Cara Menggunakan Dongkrak Buaya

Setelah mengetahui cara kerja dongkrak buaya dan berbagai fungsinya, maka saatnya mempelajari cara menggunakannya.

Ketika perlu menggunakan dongkrak buaya, maka pastikan Anda melakukan cara yang tepat supaya berbagai perbaikan bisa dilakukan dengan optimal dan aman. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan dongkrak buaya:

  • Memastikan Titik Tumpunya Sudah Tepat

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya