Tips & Trik

Mekanisme Kerja Dongkrak Buaya

PUBLISHED DATE : 09 Agustus 2023

Cara Kerja Dongkrak Buaya

Ketika tuas dongkrak digerakkan, maka gaya atau energi yang Anda berikan akan diteruskan hingga sampai ke bagian fluida. Selanjutnya, akan diubah untuk menjadi tekanan hidrolik. 

Tekanan tersebut yang membuat mobil bisa terangkat dan Anda bisa melakukan perbaikan yang diperlukan. 

Fungsi Dongkrak Buaya

Dengan cara kerja dongkrak buaya yang sudah dijelaskan sebelumnya, telah diketahui bahwa fungsi utamanya yaitu untuk menaikkan mobil untuk berbagai keperluan. Lebih detail, berikut adalah fungsi-fungsinya:

  • Membantu ketika Perlu Mengganti Ban

Jika ban mobil Anda kempes atau bocor di tengah jalan dan perlu segera diganti, maka Anda bisa memanfaatkan dongkrak buaya.

Caranya yaitu dengan memasang dongkrak di area dekat ban mobil yang akan diganti. Perhatikan strukturnya, pastikan dongkrak terpasang di bagian struktur yang kuat.

Jika ingin mencari titik terbaiknya, maka Anda bisa memasang di cekungan dekat roda. Setelah menemukan titik terbaik, maka posisikan dongkrak dengan tegak lurus, jangan posisikan secara miring.

Selanjutnya, angkat ban mobil dengan memakai dongkrak, sehingga ban mobil tersebut terangkat. Dengan posisi tersebut, maka Anda dapat mulai mengganti ban mobil.

Baca Juga : Ini Fungsi Dwell Tester: Cara Membaca & Menggunakannya

Jika sudah selesai, turunkanlah dongkrak dengan perlahan hingga ban menyentuh tanah. Lalu, kuatkan satu per satu baut ban supaya tetap aman.

  • Membantu dalam Berbagai Proses Pengecekan Mesin

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu melakukan pengecekan terhadap mesin mobil yang berada di bagian bawah. Untuk bisa melakukan hal tersebut, maka Anda bisa memanfaatkan dongkrak buaya untuk mengangkat mobil.

Pasanglah dongkrak di tempat yang memiliki struktur kuat, Anda bisa memasangnya di bagian belakang mobil.

Jumlah dongkrak yang dipakai dapat disesuaikan dengan keperluan. Bisa saja, Anda hanya memerlukan satu dongkrak, namun bisa juga lebih.

  • Membantu ketika Perlu Memasang Jack Stand

Jack stand merupakan alat yang dapat menyangga atau menopang mobil supaya bisa bertahan di posisi atas. Biasanya, alat ini dipakai ketika perlu melakukan perbaikan atau pengecekan di bagian kolong mobil.

Untuk dapat memasang jack stand, maka dapat dibantu dengan memakai dongkrak, termasuk dongkrak buaya. Anda bisa memasang dongkrak di bagian belakang mobil, lalu memasang jack stand ketika mobil sudah terangkat.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya