Tips & Trik

Mekanisme Kerja Dongkrak Buaya

PUBLISHED DATE : 09 Agustus 2023

Cara Kerja Dongkrak Buaya

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu memastikan titik tumpu dari dongkrak sudah tepat. Untuk mengetahui hal tersebut, maka Anda bisa membaca buku manualnya. Carilah titik tumpu yang disarankan melalui buku tersebut.

Biasanya, titik tumpu ini ada di bawah bodi rangka utama atau terletak di antara batang garda yang posisinya di dekat bagian suspensi.

  • Memasang Jack Stand supaya Bisa Menopang Mobil

Setelah titik tumpu ditemukan, maka selanjutnya yaitu menyiapkan jack stand yang nantinya akan digunakan untuk menopang mobil.

Perlu diketahui bahwa cara kerja dongkrak buaya yaitu untuk mengangkat mobil, sehingga tidak berfungsi sebagai penopang.

Jadi, ketika Anda perlu mengerjakan sesuai yang berada di bagian kolong mobil, maka diperlukan penopang supaya mobil tetap berada di posisi atas. Jack stand bisa membantu Anda dalam hal tersebut.

  • Menggunakan Potongan Balik sebagai Ganjal Roda

Hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum memasang jack stand yaitu ganggalan untuk roda. Anda dapat mengganjal ujung dari roda mobil dengan memanfaatkan potongan balok.

Fungsi dari ganjalan tersebut yaitu untuk menahan posisi roda supaya tidak menggelinding.

  • Menekan Tuas Dongkrak sampai Mobil Terangkat

Baca Juga : Apa Itu Hidrometer? Ketahui Ini Fungsi & Cara Menggunakannya

Apabila balok sudah terpasang, maka Anda bisa mulai memasang dongkrak pada mobil. Selanjutnya, tekan bagian tuas dongkrak sampai mobil Anda terangkat.

  • Melakukan Perbaikan atau Pekerjaan yang Diperlukan

Ketika mobil sudah terangkat dengan aman, maka Anda bisa melakukan berbagai perbaikan atau pekerjaan yang diperlukan.

Misalnya, melakukan penggantian ban atau mengecek komponen mesin mobil. Dengan posisi mobil terangkat, maka hal-hal tersebut akan lebih mudah dilakukan.

  • Menurunkan Kembali Dongkrak

Ketika semua perbaikan atau pekerjaan selesai dan sudah dilakukan pengecekan ulang, maka Anda bisa kembali menurunkan dongkrak ke posisi semula.

Jika Anda menggunakan jack stand, maka naikkan posisi dongkrak terlebih dahulu. Ambil jack stand tersebut, lalu Anda baru bisa menurunkan dongkrak ke posisi semula.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang dongkrak buaya, mulai dari cara kerja, fungsi, cara memilih, hingga cara menggunakannya. Jika akan menggunakan dongkrak, pastikan Anda  tetap berhati-hati dan memakainya dengan tepat.

Tentu saja, cara kerja dongkrak buaya memiliki berbagai manfaat bagi pemilik mobil, sehingga penting untuk memahaminya. Jika artikel ini bermanfaat, kunjungi laman berikut untuk berbagai informasi otomotif lainnya!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya