Tips & Trik

Mekanisme Kerja Dongkrak Buaya

PUBLISHED DATE : 09 Agustus 2023

Cara Kerja Dongkrak Buaya

Ketika hendak mengganti ban atau melakukan berbagai perbaikan lain untuk mobil, maka seringkali Anda butuh mengangkat mobil. Cara kerja dongkrak buaya terbilang cukup sederhana sehingga alat ini mudah untuk digunakan.

Alat yang satu ini dapat membantu Anda dalam melakukan berbagai perbaikan mobil, sehingga menjadi penting untuk diketahui. Baca artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui cara kerja, fungsi, cara memilih, hingga cara menggunakannya!

Cara Kerja Dongkrak Buaya

Ada berbagai jenis dongkrak yang umum digunakan, salah satunya yaitu dongkrak buaya. Dongkrak yang satu ini menyerupai buaya, sehingga disebut dengan dongkrak buaya. Desain dari dongkrak ini dirancang untuk mengangkat mobil berukuran kecil.

Cara kerja dari dongkrak buaya sama seperti cara kerja dongkrak hidrolik secara umum, yaitu untuk membantu dalam mengangkat mobil.

Ketika tuas dongkrak digerakkan, maka gaya atau energi yang Anda berikan akan diteruskan hingga sampai ke bagian fluida. Selanjutnya, akan diubah untuk menjadi tekanan hidrolik. 

Tekanan tersebut yang membuat mobil bisa terangkat dan Anda bisa melakukan perbaikan yang diperlukan. 

Fungsi Dongkrak Buaya

Dengan cara kerja dongkrak buaya yang sudah dijelaskan sebelumnya, telah diketahui bahwa fungsi utamanya yaitu untuk menaikkan mobil untuk berbagai keperluan. Lebih detail, berikut adalah fungsi-fungsinya:

  • Membantu ketika Perlu Mengganti Ban

Jika ban mobil Anda kempes atau bocor di tengah jalan dan perlu segera diganti, maka Anda bisa memanfaatkan dongkrak buaya.

Caranya yaitu dengan memasang dongkrak di area dekat ban mobil yang akan diganti. Perhatikan strukturnya, pastikan dongkrak terpasang di bagian struktur yang kuat.

Jika ingin mencari titik terbaiknya, maka Anda bisa memasang di cekungan dekat roda. Setelah menemukan titik terbaik, maka posisikan dongkrak dengan tegak lurus, jangan posisikan secara miring.

Baca Juga : Cara Mencegah & Menghilangkan Karat Pada Bodi Mobil

Selanjutnya, angkat ban mobil dengan memakai dongkrak, sehingga ban mobil tersebut terangkat. Dengan posisi tersebut, maka Anda dapat mulai mengganti ban mobil.

Jika sudah selesai, turunkanlah dongkrak dengan perlahan hingga ban menyentuh tanah. Lalu, kuatkan satu per satu baut ban supaya tetap aman.

  • Membantu dalam Berbagai Proses Pengecekan Mesin

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu melakukan pengecekan terhadap mesin mobil yang berada di bagian bawah. Untuk bisa melakukan hal tersebut, maka Anda bisa memanfaatkan dongkrak buaya untuk mengangkat mobil.

Pasanglah dongkrak di tempat yang memiliki struktur kuat, Anda bisa memasangnya di bagian belakang mobil.

Jumlah dongkrak yang dipakai dapat disesuaikan dengan keperluan. Bisa saja, Anda hanya memerlukan satu dongkrak, namun bisa juga lebih.

  • Membantu ketika Perlu Memasang Jack Stand

Jack stand merupakan alat yang dapat menyangga atau menopang mobil supaya bisa bertahan di posisi atas. Biasanya, alat ini dipakai ketika perlu melakukan perbaikan atau pengecekan di bagian kolong mobil.

Untuk dapat memasang jack stand, maka dapat dibantu dengan memakai dongkrak, termasuk dongkrak buaya. Anda bisa memasang dongkrak di bagian belakang mobil, lalu memasang jack stand ketika mobil sudah terangkat.

Setelah terpasang, maka dongkrak biasa dibiarkan saja. setelah perbaikan atau pengecekan selesai, maka dongkrak bisa dipakai kembali untuk membantu melepaskan jack stand.

Cara Memilih Dongkrak

Setelah mengetahui cara kerja dongkrak buaya beserta fungsinya, maka selanjutnya Anda bisa memahami langkah pemilihan! Jika akan membeli dongkrak buaya, maka berikut adalah beberapa cara supaya bisa memilihnya dengan tepat:

  • Pahami Dulu Jenis-Jenis Dongkrak

Ada berbagai jenis dongkrak yang bisa Anda pilih untuk keperluan otomotif. Sebelum memilih dongkrak buaya, sebaiknya Anda pahami dulu hal ini.

Jika dilihat dari cara kerjanya, maka dongkrak terbagi dari dongkrak hidrolik dan mekanik. Lalu, jika dilihat dari bentuknya, maka terdapat empat jenis yaitu dongkrak buaya, dongkrak gunting, dongkrak botol, dan dongkrak kombinasi.

Ketika akan membeli dongkrak buaya, maka Anda bisa memilih dongkrak yang bentuknya mirip dengan buaya.

  • Ketahui Bodi dan Beban Mobil

Sebelumnya, Anda telah mengetahui cara kerja dongkrak buaya. Penting untuk diketahui juga kapasitasnya dalam menampung beban, yaitu mulai dari 1,5 toh hingga 20 ton.

Dengan kapasitas tersebut, maka dongkrak buaya tidak dapat dipakai untuk beban mobil yang lebih berat, misalnya bus atau truk. Jadi, pastikan Anda tidak salah memilih dan membeli dongkrak.

  • Perhatikan Beban dan Tinggi dari Dongkrak

Hal selanjutnya yang perlu diketahui yaitu beban dan tinggi dari dongkrak buaya. Saat ini, ada dongkrak buaya yang memiliki berat 12 kilogram dan tinggi sekitar 4 meter ketika dipakai.

Pastikan Anda memilih dongkrak yang tepat untuk kebutuhan, termasuk jika dilihat dari tinggi dan beratnya.

dongkrak buaya

iStock

Cara Menggunakan Dongkrak Buaya

Setelah mengetahui cara kerja dongkrak buaya dan berbagai fungsinya, maka saatnya mempelajari cara menggunakannya.

Ketika perlu menggunakan dongkrak buaya, maka pastikan Anda melakukan cara yang tepat supaya berbagai perbaikan bisa dilakukan dengan optimal dan aman. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan dongkrak buaya:

  • Memastikan Titik Tumpunya Sudah Tepat

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu memastikan titik tumpu dari dongkrak sudah tepat. Untuk mengetahui hal tersebut, maka Anda bisa membaca buku manualnya. Carilah titik tumpu yang disarankan melalui buku tersebut.

Biasanya, titik tumpu ini ada di bawah bodi rangka utama atau terletak di antara batang garda yang posisinya di dekat bagian suspensi.

  • Memasang Jack Stand supaya Bisa Menopang Mobil

Baca Juga : Mengapa Mesin Tempel Suzuki Jauh Lebih Irit Dibandingkan Mesin Tempel Lainnya

Setelah titik tumpu ditemukan, maka selanjutnya yaitu menyiapkan jack stand yang nantinya akan digunakan untuk menopang mobil.

Perlu diketahui bahwa cara kerja dongkrak buaya yaitu untuk mengangkat mobil, sehingga tidak berfungsi sebagai penopang.

Jadi, ketika Anda perlu mengerjakan sesuai yang berada di bagian kolong mobil, maka diperlukan penopang supaya mobil tetap berada di posisi atas. Jack stand bisa membantu Anda dalam hal tersebut.

  • Menggunakan Potongan Balik sebagai Ganjal Roda

Hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum memasang jack stand yaitu ganggalan untuk roda. Anda dapat mengganjal ujung dari roda mobil dengan memanfaatkan potongan balok.

Fungsi dari ganjalan tersebut yaitu untuk menahan posisi roda supaya tidak menggelinding.

  • Menekan Tuas Dongkrak sampai Mobil Terangkat

Apabila balok sudah terpasang, maka Anda bisa mulai memasang dongkrak pada mobil. Selanjutnya, tekan bagian tuas dongkrak sampai mobil Anda terangkat.

  • Melakukan Perbaikan atau Pekerjaan yang Diperlukan

Ketika mobil sudah terangkat dengan aman, maka Anda bisa melakukan berbagai perbaikan atau pekerjaan yang diperlukan.

Misalnya, melakukan penggantian ban atau mengecek komponen mesin mobil. Dengan posisi mobil terangkat, maka hal-hal tersebut akan lebih mudah dilakukan.

  • Menurunkan Kembali Dongkrak

Ketika semua perbaikan atau pekerjaan selesai dan sudah dilakukan pengecekan ulang, maka Anda bisa kembali menurunkan dongkrak ke posisi semula.

Jika Anda menggunakan jack stand, maka naikkan posisi dongkrak terlebih dahulu. Ambil jack stand tersebut, lalu Anda baru bisa menurunkan dongkrak ke posisi semula.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang dongkrak buaya, mulai dari cara kerja, fungsi, cara memilih, hingga cara menggunakannya. Jika akan menggunakan dongkrak, pastikan Anda  tetap berhati-hati dan memakainya dengan tepat.

Tentu saja, cara kerja dongkrak buaya memiliki berbagai manfaat bagi pemilik mobil, sehingga penting untuk memahaminya. Jika artikel ini bermanfaat, kunjungi laman berikut untuk berbagai informasi otomotif lainnya!

Berita Lainnya