Tips & Trik

Mari Mengenal Kode Plat Nomor Motor Di Indonesia

PUBLISHED DATE : 26 Oktober 2020

Xl 7

Scross

Plat nomor kendaraan bermotor mempunyai beberapa macam warna. Perbedaan warna dari plat nomor tersebut mempunyai arti tertentu. Berikut adalah beberapa kategori warna pada plat nomor di Indonesia beserta Artinya.

  • Warna Dasar Hitam Bertulisan Putih

Jenis warna dari plat nomor motor yang pertama adalah hitam dengan tulisan putih. Plat nomor ini biasanya digunakan untuk motor milik pribadi atau yang disewakan. Plat nomor berwarna dasar hitam dengan tulisan putih ini contohnya seperti pada kendaraan sehari-hari yang digunakan oleh pribadi.

  • Warna Dasar Hitam Bertulisan Putih Dengan Kode Khusus

Plat berwarna dasar hitam bertulisan putih dengan kode khusus ini untuk menandai motor yang merupakan perwakilan atau staff operasional diplomatik negara asing. Kode khusus yang ada di plat ini memuat 5 angka dan kode negara yang ditulis dengan lebih kecil.

  • Warna Dasar Kuning Bertulisan Hitam

Baca Juga : Intip Ini Perbedaan Injector dan Carbon Cleaner

Warna dasar kuning dengan tulisan berwarna hitam ditujukan untuk plat nomor kendaraan umum. Plat ini umumnya digunakan pada bus, angkot, dan jenis kendaraan angkutan yang sering ditemui di jalan. Jenis plat nomor yang satu ini tidak digunakan untuk motor.

  • Warna Dasar Merah Bertulisan Putih

Plat nomor berwarna dasar merah dengan tulisan yang dicetak putih khusus diperuntukkan bagi kendaraan milik pemerintah. Umumnya, para pegawai pemerintahaan menggunakan kendaraan dengan plat nomor berwarna merah sebagai kendaraan dinas harian.

  • Warna Dasar Putih Bertulisan Merah

Jenis plat nomor berwarna dasar putih dengan tulisan merah sangat jarang ditemui, kecuali di kota besar pusat pemerintahan. Plat nomor berwarna dasar putih dan tulisan yang dicetak merah dikhususkan untuk kendaraan bermotor milik korps diplomatik negara asing.

Nomor Urut Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Setiap jenis kendaraan bermotor mempunyai kode plat nomor yang berbeda. Pembagian nomor urut kode plat nomor bagi setiap kendaraan bermotor ini dibedakan dengan ketentuan yang berlaku. Plat motor yang berlaku di Indonesia mempunyai nomor mulai dari 2000 hingga 6999.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya