Tips & Trik

Mari Mengenal Kode Plat Nomor Motor Di Indonesia

PUBLISHED DATE : 26 Oktober 2020

Xl 7

Kode plat nomor kendaraan wajib dimiliki setiap kendaraan bermotor, termasuk motor. Kode ini tercatat di dokumen kendaraan seperti STNK dan BPKB.

Kendaraan bermotor di Indonesia memiliki kode wajib yang biasa disebut dengan plat. Kode plat ini wajib dimiliki setiap kendaraan bermotor di Indonesia demi keamanan hukum saat berkendara. Kode plat nomor tercatat di dokumen resmi  kendaraan berupa STNK dan BPKB kendaraan bermotor.

Pada plat kendaraan bermotor terdapat nomor khusus yang memuat kode wilayah dan batas berlakunya.

Plat nomor tersebut selanjutnya dipasangkan pada bagian depan dan belakang kendaraan bermotor. Berikut adalah ulasan secara lengkap terkait plat yang ada di kendaraan bermotor.

Warna Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Scross

Plat nomor kendaraan bermotor mempunyai beberapa macam warna. Perbedaan warna dari plat nomor tersebut mempunyai arti tertentu. Berikut adalah beberapa kategori warna pada plat nomor di Indonesia beserta Artinya.

  • Warna Dasar Hitam Bertulisan Putih

Baca Juga : Begini Sejarah Awal dari Lampu Lalu Lintas

Jenis warna dari plat nomor motor yang pertama adalah hitam dengan tulisan putih. Plat nomor ini biasanya digunakan untuk motor milik pribadi atau yang disewakan. Plat nomor berwarna dasar hitam dengan tulisan putih ini contohnya seperti pada kendaraan sehari-hari yang digunakan oleh pribadi.

  • Warna Dasar Hitam Bertulisan Putih Dengan Kode Khusus

Plat berwarna dasar hitam bertulisan putih dengan kode khusus ini untuk menandai motor yang merupakan perwakilan atau staff operasional diplomatik negara asing. Kode khusus yang ada di plat ini memuat 5 angka dan kode negara yang ditulis dengan lebih kecil.

  • Warna Dasar Kuning Bertulisan Hitam

Warna dasar kuning dengan tulisan berwarna hitam ditujukan untuk plat nomor kendaraan umum. Plat ini umumnya digunakan pada bus, angkot, dan jenis kendaraan angkutan yang sering ditemui di jalan. Jenis plat nomor yang satu ini tidak digunakan untuk motor.

  • Warna Dasar Merah Bertulisan Putih

Plat nomor berwarna dasar merah dengan tulisan yang dicetak putih khusus diperuntukkan bagi kendaraan milik pemerintah. Umumnya, para pegawai pemerintahaan menggunakan kendaraan dengan plat nomor berwarna merah sebagai kendaraan dinas harian.

  • Warna Dasar Putih Bertulisan Merah

Jenis plat nomor berwarna dasar putih dengan tulisan merah sangat jarang ditemui, kecuali di kota besar pusat pemerintahan. Plat nomor berwarna dasar putih dan tulisan yang dicetak merah dikhususkan untuk kendaraan bermotor milik korps diplomatik negara asing.

Nomor Urut Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Setiap jenis kendaraan bermotor mempunyai kode plat nomor yang berbeda. Pembagian nomor urut kode plat nomor bagi setiap kendaraan bermotor ini dibedakan dengan ketentuan yang berlaku. Plat motor yang berlaku di Indonesia mempunyai nomor mulai dari 2000 hingga 6999.

Plat nomor kendaraan bermotor umumnya terdiri dari 4 digit angka yang berbeda. Nomor yang ada pada kendaraan satu dan lainnya dibedakan untuk kepentingan administrasi dan hukum. Ada juga kode plat nomor khusus yang kepemilikannya harus diurus terlebih dahulu dalam serangkaian proses.

Masa Berlaku Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Plat nomor motor di Indonesia mempunyai masa berlaku selama 5 tahun. Pemilik motor harus mengurus perpanjangan apabila masa berlaku plat nomor sudah habis. Pada saat perpanjangan, kode plat nomor tidak akan berubah, namun masa berlakunya akan lebih lama.

Masa berlaku plat nomor motor ini dapat dilihat pada tulisan yang dicetak kecil di bagian bawah kode. Tulisan ini memuat dua digit bulan dan dua digit tahun yang dipisahkan tanda titik. Masa berlaku plat nomor motor ini sekaligus juga untuk batas perpanjangan untuk BPKB.

Apabila plat nomor kendaraan sudah memasuki akhir masa berlakunya, pemilik harus segera melakukan perpanjangan di kantor samsat terdekat. Sebab, jika plat nomor yang sudah habis masa berlakunya dan tidak diperpanjang, hal ini akan membuat pengendara motor ditilang oleh polisi.

Daftar Kode Plat Nomor Kendaraan Bermotor di Indonesia

Penentuan kode plat nomor motor tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan berdasarkan pada aturan tertentu. Pembagian kode nomor pada plat ditentukan sesuai dengan pembagian wilayah yang sudah diatur.

Kode pada plat kendaraan bermotor dicetak paling awal sebelum penulisan 4 digit angka selanjutnya. Berikut adalah pembagian kode dari plat nomor motor sesuai dengan wilayah yang ada di Indonesia.

  • Provinsi Sumatera Utara

Kode plat yang berlaku di wilayah provinsi Sumatera Utara terdiri dari 2 jenis, yaitu BB dan BK. Plat berkode BB berlaku untuk motor di daerah kabupaten Dairi, Nias, dan Sibolga. Di samping itu, kode plat BB diperuntukkan untuk motor di Kabupaten Tapanuli tengah, utara, dan selatan.

Jenis kode plat yang berlaku di daerah provinsi Sumatera Utara selanjutnya adalah BK. Plat Bk berlaku untuk daerah kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Tebing Tinggi, Langkat, dan Binjai. Kode plat ini juga berlaku untuk daerah Simalungun, Tanah Karo, Labuhan Batu, Pematang Siantar, dan Asahan.

  • Provinsi Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah yang mempunyai banyak kode plat, yaitu sebanyak 5 jenis. Kode plat D berlaku untuk wilayah Jawa Barat daerah Bandung kota dan kabupaten. Jenis kode plat berikutnya adalah F yang berlaku untuk daerah Bogor, Cianjur, dan Sukabumi.

Kode plat T berlaku untuk daerah Subang, Karawang, dan Purwakarta. Di Jawa barat berlaku juga kode plat E untuk daerah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan. Kode plat selanjutnya adalah Z yang berlaku untuk daerah Sumedang, Garut, Tasikmalaya, dan ciamis.

  • Provinsi Jawa Tengah

Baca Juga : Mengenal Lautan Terluas di Dunia dan Luasnya

Kode plat provinsi Jawa Tengah yang pertama adalah H untuk daerah Salatiga, Kendal, Demak, Semarang, dan Grobogan. Selanjutnya adalah kode G untuk daerah Pekalongan, Brebes, Batang, Pemalang, dan Tegal.

Selain itu ada kode plat K berlaku di daerah kudus, Pati, Jepara, dan Rembang. Provinsi Jawa Barat juga mempunyai kode plat R yang berlaku di daerah Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, dan Cilacap.

Selanjutnya, kode plat ada AA yang berlaku di daerah kota Magelang, Purworejo, Kebumen, Temanggung, Wonosobo. Jenis kode plat nomor terakhir yang berlaku di Jawa Barat adalah AD.

  • Provinsi Jawa Timur

Jenis kode plat di Provinsi Jawa Timur yang pertama adalah L dan berlaku khusus untuk Kota Surabaya. Selanjutnya ada kode plat W yang berlaku di daerah kabupaten Gresik dan Sidoarjo. Untuk kode plat N disini berlaku untuk daerah Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang.

Jawa Timur juga memiliki kode P untuk motor di daerah Situbondo, Jember, Bondowoso, banyuwangi, dan Besuki. Sedangkan kode plat nomor motor AG diberlakukan di Provinsi Jawa timur tepatnya di daerah Pare, Kediri, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, dan dan Nganjuk.

Kode plat untuk Provinsi Jawa Timur yang selanjutnya adalah S  yang berlaku bagi daerah Tuban, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, dan Mojokerto. Jenis kode lainnya yang berlaku di daerah Provinsi Jawa Timur adalah AE, AG, dan M.

Provinsi lain di Indonesia mempunyai kode plat nomor yang berbeda-beda pula. Kode plat ini umumnya dibagi pemberlakuannya di kabupaten atau kota. Selain itu, ada pula provinsi dengan satu kode plat yang diberlakukan di seluruh wilayahnya.

 

Berita Lainnya