Tips & Trik

Lengkap, Ini Fungsi Master Silinder dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 18 Mei 2021

Cara Kerja Master Silinder

Nah, setelah mengetahui fungsi dari beberapa jenis tersebut, mari pahami juga komponen yang ada di dalamnya serta fungsi dari komponen tersebut.

Bagian penting dalam sistem pengereman ini juga memiliki beberapa komponen yang bersinergi dalam melaksanakan fungsinya. Lalu, apa sajakah komponen-komponen tersebut? Langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

  1. White Cap

Komponen yang pertama bernama White Cap. White Cap adalah sebuah penutup untuk tangki yang berfungsi untuk menampung minyak dari rem. 

  1. Diaphragm

Komponen selanjutnya yaitu Diaphragm.  Diaphragm memiliki fungsi sebagai seal yang bermaterial karet. Fungsi seal ini yaitu untuk melindungi master silinder tersebut. 

  1. Reservoir Tank

Komponen lainnya yaitu Reservoir Tank. Reservoir Tank adalah sebuah tempat yang berfungsi untuk menampung minyak rem cadangan. 

  1. Level Sensor

Baca Juga : Begini Posisi yang Benar Saat Memegang Kemudi

Komponen selanjutnya yaitu bernama Level Sensor. Level Sensor berfungsi sebagai komponen yang memberitahu pengemudi jika minyak rem telah habis atau kurang. 

  1. Master Cylinder Body

Komponen berikutnya adalah Master Cylinder Body. Komponen ini adalah body luar tempat di mana piston dan seal rem bekerja. 

  1. Primary Piston

Ada juga komponen lainnya yang bernama Primary Piston. Primary Piston adalah piston utama pada sebuah rem depan di mana terdapat dua seal di kedua ujungnya. 

  1. Return Spring

Return Spring ini adalah sebuah pegas yang berfungsi untuk mengembalikan posisi piston ke posisi semula. 

  1. Secondary Piston

Seperti namanya, Secondary Piston adalah sebuah piston sekunder yang ada di rem belakang kendaraan. Di Secondary Piston ini juga terdapat seal atau segel di kedua ujungnya. 

  1. Return Part
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya