Tips & Trik

Klakson Motor Tidak Nyaring? Tenang! Ini Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 22 Juli 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/klakson.jpg

Peran klakson sangat penting ketika berkendara meskipun terlihat sepele. Bunyi yang dikeluarkan disini menjadi isyarat saat mengemudi di jalan raya. Komunikasi yang dilakukan antar pengemudi umumnya memanfaatkan bunyi klakson untuk memperingatkan atau memberitahu pengendara lain.

Saat ini setiap kendaraan bermotor telah dilengkapi dengan klakson. Mengingat fungsinya yang penting saat digunakan untuk mengemudi, ada baiknya menjaga kondisi klakson tetap baik. Suara klakson motor yang tidak nyaring perlu dihindari. Berikut sekilas tentang cara mengatasi klakson yang tidak nyaring

Penyebab Klakson Tidak Nyaring

Baca Juga : Ternyata Ini Fungsi Air Radiator Motor yang Kita Harus Tahu

Suara klakson yang kurang nyaring bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Hal ini perlu diperhatikan agar klakson tetap dapat difungsikan dengan baik ketika mengemudi.

Selain itu, mengetahui penyebab klakson tidak nyaring dapat memberikan lebih banyak informasi agar kondisinya senantiasa terjaga. Berikut beberapa faktor penyebab klakson tidak nyaring.

  • Aki Sudah Lemah

Selain bahan bakar seperti pertalite dan pertamax yang digunakan dalam pengoperasian kendaraan, aki juga memiliki fungsi vital tersebut. Aki merupakan sumber energi yang dimanfaatkan kendaraan untuk menyalakan starter, hingga menyimpan dan memberi pasokan arus listrik ke komponen lainnya.

Baca Juga : Apa Itu Kick Starter? Ini Fungsi dan Manfaatnya

Fungsi aki tersebut juga berperan dalam kinerja klakson. Pada prosesnya, klakson membutuhkan arus listrik yang bisa didapatkan dari aki.

Aki yang masih normal dapat memberikan suara nyaring dan lantang untuk klakson motor. Sebaliknya, aki yang sudah lemah dapat menyebabkan suara tersebut mulai tidak nyaring dan serak.

  • Kurangnya Arus Listrik Dari Penyuplai

Selain kondisi aki, ada hal lain yang perlu diperiksa agar klakson terhindar dari suara serak dan tidak nyaring. Telah dijelaskan bahwa klakson dapat dioperasikan dengan adanya aki. Suplai dari aki ini perlu dihubungkan oleh konektor agar arusnya dapat membunyikan klakson ketika dipakai.

Baca Juga : 7 Penyebab Klakson Motor Mati dan Cara Memperbaikinya

Kurangnya arus listrik dari penyuplai dapat menyebabkan suara klakson tidak nyaring. Hal ini dapat terjadi bila arus dari penyuplai tidak dapat tersampaikan secara maksimal karena tertutup debu dan karat yang mungkin terdapat dalam kabel konektornya.

  • Kendornya bagian soket

Kinerja klakson juga dihubungkan langsung dengan jaringan konektor yang disusun agar dapat membunyikan suara dengan baik. Soket yang kendor dapat mempengaruhi mekanisme kerja yang dilakukan jaringan konektor.

klakson_motor

Cek Dulu Kondisi Klakson Sebelum Diperbaiki

Mengenali penyebab yang mungkin menjadi faktor tidak nyaringnya suara klakson dapat memudahkan memeriksa kondisinya. Memeriksa kondisi tersebut terlebih dahulu dapat memudahkan Anda memutuskan apakah klakson dapat diperbaiki sendiri di rumah atau harus dibawa ke bengkel.

Dalam hal ini memang ada beberapa penyebab yang bisa membuat komponen yang satu ini bermasalah suaranya, sehingga harus diperiksa penyebabnya. Memeriksa kondisi tersebut cukup mudah dilakukan dengan membuka bautnya sambil menekan tombol klakson di bagian setang.

Dari sini dapat diketahui secara sederhana penyebabnya. Bila sekiranya membutuhkan perbaikan yang rumit dan tidak mungkin dilakukan sendiri, akan lebih baik membawanya langsung ke bengkel service resmi. Hal ini bertujuan agar penanganan dilakukan oleh ahli yang tepat dan terpercaya..

Cara Agar Suara Klakson Kembali Nyaring

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya