Tips & Trik

7 Penyebab Klakson Motor Mati dan Cara Memperbaikinya

PUBLISHED DATE : 24 Juni 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/58301534_s.jpg

Klakson sangatlah penting sebagai tanda peringatan ketika berkendara kepada pengguna jalan atau kendaraan lain. Sangat berbahaya mengendarai motor yang klaksonnya tidak berfungsi. Jadi sebelum mulai berkendara, cek dulu apakah klakson masih hidup. 

Apabila ternyata klakson motor Anda tidak berfungsi atau suaranya terdengar macet, tak perlu buru-buru pergi ke bengkel. Kenali apa saja yang menyebabkan klakson motor mati supaya lebih mudah memperbaikinya. Beberapa penyebabnya masih bisa ditangani sendiri. 

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan klakson motor tidak bunyi sekaligus cara untuk mengatasinya yang bisa Anda lakukan. 
 
    1. Munculnya Karat pada Saklar Klakson

Baca Juga : Praktis, Ini 6 Cara Membersihkan Karburator Motor

Kerak dan karat bisa saja muncul pada saklar klakson karena sudah lama digunakan. Kerusakan pada saklar klakson adalah hal yang wajar karena termasuk dalam suku cadang yang harus rutin dibersihkan. 

Kerusakan karena kerak atau karat nantinya akan menghalangi arus listrik dan klakson pun tak dapat dibunyikan. Ketika kerak muncul biasanya suara klakson akan terdengar mengecil, jika karat sudah bertambah banyak maka di saat itulah klakson tidak dapat berbunyi lagi. 

Bagi Anda yang menemukan gejala suara sudah mulai tidak terdengar sebaiknya segera bersihkan saklar. Caranya mudah hanya dengan melepas klakson kemudian membersihkannya. 

Baca Juga : Ini Cara Kendalikan Matic Saat Lewati Turunan

Manfaatkan cairan khusus untuk menghilangkan karat kemudian keringkan menggunakan kain atau plas chamois. Setelah itu kembalikan ke tempat semula lalu cobalah klakson motor mati tadi apakah sudah berbunyi normal. 

    2. Metal Kontraktor Mengalami Kerusakan

Klakson motor membutuhkan komponen metal kontraktor yang akan menghubungkan arus listrik DC. Sama seperti saklar klakson, komponen ini juga memiliki masa pakai yang lama kelamaan bisa mengalami kerusakan. 

Normalnya terjadi pada motor yang sudah tua dan ketika kotor bisa membuat klakson motor kadang bunyi kadang tidak. Saat klakson ditekan, maka akan muncul percikan api yang bisa menimbulkan kerak sehingga harus rutin untuk dibersihkan. Kerak akan membuat arus yang masuk jadi terhambat. 

Baca Juga : Lampu Sein Motor Mati Sebelah? Ini Penyebabnya

Namun apabila klakson sudah tidak bisa dibunyikan karena karat pada bagian metal kontraktor sudah berlebih, maka Anda hanya bisa menggantinya dengan yang baru. Soal perawatan metal kontraktor Anda bisa menghindari berkendara saat hujan. 

Karat pada bagian metal kontraktor lebih cepat rusak karena terekspos oleh air terus menerus. Jika motor kehujanan akan lebih baik segera membersihkannya dengan air bersih supaya menghilangkan efek air asam dari hujan. 

    3. Putusnya Kawat Lilitan

Kawat lilitan juga menjadi penghubung arus listrik pada komponen klakson. Selama penggunaan, kawat ini dapat mengalami kerusakan seperti terkelupas bahkan putus. Jika kawat lilitan ini terkelupas, maka bunyi klakson biasanya akan melemah. 

Namun bunyi klakson motor mati jika kawat lilitan ini putus, sehingga tidak ada aliran listrik yang berfungsi membunyikan klakson. Kawat lilitan juga menjadi bagian yang harus rutin dibersihkan. 

Apabila Anda menemukan bagian dari kawat lilitan yang mengelupas bahkan putus, akan lebih baik untuk menggantinya dengan yang baru. Dengan begitu bunyi klakson akan kembali normal. 

    4. Masalah Pada Kabel Klakson

Komponen klakson saling terhubung bukan hanya kawat lilitan dan metal kontraktor untuk menghantar listrik, tetapi juga kabel. Bagi Anda yang memiliki kendaraan baru tetapi tiba-tiba suara klakson tidak keluar atau terdengar kecil, masalahnya mungkin saja pada bagian kabel. 

Hal ini bisa disebabkan karena posisi kabel dari klakson ini tidak presisi. Bisa juga karena kabel putus atau kabel yang terbuka sehingga klakson tidak mendapatkan aliran listrik. Ada dua jenis kabel yang harus dicek dan posisinya harus benar yaitu kabel massa dan kabel listrik. 

Cara memperbaiki klakson motor mati yang perlu dilakukan adalah dengan memasang kabel dengan benar kembali. Apabila kabel mengalami kerusakan seperti mengelupas atau karena putus, maka harus diganti dengan yang baru. Kondisi kabel harus bagus supaya klakson dapat berbunyi. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya