Tips & Trik

Kini Jadi Mudah, Begini Cara Bayar Pajak Mobil Online

PUBLISHED DATE : 12 Juli 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SX4_(1).jpg

Membayar pajak kendaraan adalah hal wajib yang harus dipenuhi semua pemilik kendaraan. Sayangnya terlalu lama mengantri dan layanan yang hanya dibuka pada jam kerja membuat Anda yang sibuk kesulitan untuk memenuhi kewajiban bayar pajak. 

Kini pemerintah telah memudahkan proses pembayaran dengan membuat layanan online. Cara bayar pajak mobil online yang mudah ini harus Anda ketahui supaya tak perlu lagi antri ke Samsat atau mengikuti jadwal Samsat keliling. 

Berkenalan dengan Samolnas

Samolnas adalah platform yang diciptakan oleh pemerintah dalam bentuk aplikasi yang fungsi dan tujuannya adalah mempermudah pembayaran dari masyarakat secara nasional. Sebelumnya pembayaran pajak secara online hanya bisa dilakukan secara regional saja. 

Baca Juga : Ingin Liburan Akhir Tahun ke Luar Kota dengan Mobil? Perhatikan Hal Ini

Kini semenjak diluncurkannya aplikasi Samolnas, pembayaran bisa dilakukan dalam skala nasional. Jadi jika Anda berada di luar kota dan kebetulan pajak mobil akan habis, Anda bisa langsung melakukan pembayaran tanpa harus pulang ke daerah. 

Baik itu pembayaran pajak kendaraan bermotor atau PKB dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan lalu Lintas (SWDKLLJ) bisa dilakukan melalui aplikasi ini. Diciptakannya Samolnas berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

Nah untuk cara bayar pajak mobil online melalui Samolnas sendiri bisa dimulai dengan masuk ke menu-menu yang sudah disediakan. Beberapa menu yang tersedia dalam aplikasi ini yaitu Pendaftaran, guna mendaftar dan penetapan pajak serta mendapat kode bayar. 

Baca Juga : Tidak Ribet, ini Biaya dan Cara Mutasi Motor Sendiri

Ada juga menu Info proses di mana Anda bisa tahu sampai di mana proses sedang berlangsung. Jika ingin tahu besar pajak bisa memilih menu Info Pajak. Apabila sudah selesai membayar, Anda bisa memilih menu e-TBPKB untuk melihat bukti pelunasan. 

Pengurusan STNK juga bisa dilakukan melalui e-Pengesahan STNK. Anda juga bisa memberikan keluhan, kritik serta saran di menu Pengaduan. Apabila masih ada yang kurang jelas dari aplikasi Anda bisa memilih menu Panduan. 

Samolnas bisa Anda unduh secara gratis ke dalam smartphone dan proses pembayaran pajak bisa dilakukan kapanpun. Kini tak ada alasan lagi untuk telat bayar pajak mobil karena malas mengantri. 

Baca Juga : Aturan Warna Lampu Mobil Wajib Anda Ketahui

SX4__2_

Persyaratan Pembayaran Pajak Mobil Online

Hanya mengunduh aplikasi saja belum cukup untuk melangsungkan proses pembayaran pajak tahunan mobil Anda. Cara bayar pajak mobil online dimulai dengan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan. 

Supaya tidak terjadi masalah ketika pengajuan pembayaran, akan lebih baik jika Anda memperhatikan dengan baik kondisi kendaraan. Mulai dari kelengkapan surat-surat dan kapan waktu yang tepat untuk membayar pajak. 

Cek kapan Anda harus memperpanjang surat kendaraan dan jangan sampai terlambat supaya tidak terkena denda. Selain itu juga ada beberapa syarat lain yang harus diperhatikan sebagai berikut ini. 

  • Mengunduh Aplikasi Samolnas

Syarat pertama adalah Anda harus memiliki aplikasi Samolnas terlebih dahulu. Cukup dengan mengunduhnya ke smartphone secara gratis melalui Play Store atau App Store. Anda juga tidak memerlukan membuat akun atau login. 

  • Mencari Tahu Nomor Rangka

Salah satu syarat penting adalah mengetahui berapa nomor rangka kendaraan. Masing-masing mobil berada di tempat berbeda seperti di bawah jok kursi depan. Ada juga yang berada di bagian sasis. 

Anda harus mencatat nomor rangka kendaraan tersebut karena akan menjadi syarat saat pendaftaran nantinya. 

  • NIK Sesuai dengan STNK

Keuntungan menggunakan Samolnas adalah Anda tidak perlu menunjukkan KTP asli karena yang dibutuhkan hanyalah NIK yang sama dengan nama pemilik di STNK. Jadi seandainya mobil Anda belum dibalik nama, maka menggunakan aplikasi Samolnas adalah cara yang efektif. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya