Ketahui Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah dan Tips Merawatnya
16 September 2025
Admin
Bagikan
Selain itu, distribusi beban yang tidak seimbang juga memengaruhi kestabilan kendaraan saat bermanuver. Jika tidak diperhatikan, konsumsi bahan bakar bisa meningkat karena mesin bekerja lebih keras menyeimbangkan kendaraan.
2. Tekanan Angin Tidak Sesuai
Roda yang tidak mendapatkan tekanan udara sesuai rekomendasi akan aus tidak merata. Jika tekanan terlalu rendah, sisi luar ban cepat terkikis; sebaliknya, tekanan tinggi membuat bagian tengah lebih cepat habis.
Hal ini juga meningkatkan risiko panas berlebih pada lapisan ban, berpotensi menimbulkan pecah ban. Mengisi angin sesuai pedoman pabrikan penting untuk menjaga performa dan keselamatan.
3. Pengaturan Suspensi
Suspensi yang tidak teratur akan membuat roda tidak menapak dengan sempurna ke permukaan jalan. Ban mobil akan aus lebih cepat pada sisi yang lebih condong akibat camber negatif atau positif.
Komponen suspensi yang aus atau rusak juga bisa memicu kondisi ini. Memastikan suspensi diperiksa secara berkala menjaga roda tetap seimbang dan permukaan ban merata.
4. Sudut Kemiringan yang Tidak Tepat
Baca Juga : Ketahui 6 Keunggulan Mobil Suzuki S-Presso
Ban mobil yang sudut kemiringannya tidak lurus akan menapak aspal secara tidak merata. Hasilnya, sebagian permukaan roda bergesekan lebih cepat dan aus sebelum waktunya.
Penyebab utamanya sering berasal dari proses spooring yang kurang presisi saat pengaturan toe in atau toe out. Maka dari itu pastikan sudut kemiringan tepat agar umur ban lebih panjang.
5. Keselarasan Roda (Alignment) yang Buruk
Alignment yang tidak tepat, seperti camber negatif atau toe-in, membuat satu sisi roda lebih cepat aus. Kondisi ini mengganggu kestabilan kendaraan dan mempersingkat umur pakai roda.
Pemeriksaan alignment secara rutin dapat mencegah keausan tidak merata. Dengan perawatan yang tepat, roda akan menapak dengan sempurna dan nyaman digunakan.
6. Gaya Mengemudi Agresif
Sering melakukan pengereman mendadak, berbelok tajam, atau melintasi jalan rusak meningkatkan risiko aus tidak merata. Roda yang terus menerima tekanan ekstrem akan habis lebih cepat pada sisi tertentu.