Tips & Trik

Ketahui Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah dan Tips Merawatnya

PUBLISHED DATE : 18 November 2023

Ban Mobil

Kondisi ban menjadi faktor apakah Anda akan nyaman berkendara atau tidak, sebab bila ban habis sebelah maka Anda pun akan merasa laju mobil kurang terkendali. Untuk memelihara kenyamanan berkendara dan laju mobil, segera atasi berbagai penyebab ban habis sebelah berikut ini.

  • Kelebihan Muatan

Kelebihan muatan pada satu sisi dapat menjadi penyebab habisnya ban mobil sebelah, mengakibatkan ketidakseimbangan beban yang dapat merugikan keseimbangan dan kinerja kendaraan. 

Dampaknya, tidak hanya dapat mempercepat keausan ban, tetapi juga meningkatkan risiko kecelakaan karena kendali yang kurang stabil, menjadikan pentingnya pemeliharaan yang teratur dan perhatian terhadap distribusi muatan pada kendaraan.

Selain itu, kelebihan muatan pada satu sisi juga dapat mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar dan merugikan efisiensi kendaraan, menjelaskan perlunya kesadaran terhadap pembagian beban yang merata untuk menjaga kesehatan dan kinerja optimal ban mobil.

  • Sudut Kemiringan pada Ban Tidak Persis Lurus

Ban yang sudut kemiringannya diatur dengan benar dan lurus, maka permukaan ban tersebut akan menyentuh dan menapak medan jalan secara rata. 

Baca Juga : Panduan Lengkap Merawat Kampas Rem Motor Anda

Akan tetapi, ketika sudut kemiringan ban diatur kurang teliti dan ban menjadi tidak lurus, maka dampaknya permukaan ban tidak akan menyentuh dan menapak medan jalan secara rata dan sempurna lagi.

Kemudian, apabila hal tersebut terjadi pada ban Anda, maka yang akan didapat adalah kondisi ban mobil Anda jadi habis sebelah. Lebih jelasnya, ban yang sudutnya tidak rata lantas membuat sebagian permukaan ban lebih condong mengarah keluar.

Lalu, permukaan ban tersebut pun akan menjadi bagian yang bergesekan dan tergerus oleh aspal lebih awal daripada area ban yang lain. Hal itu menjadi jawaban mengapa terdapat sisi ban yang aus atau botak terlebih dahulu daripada sisi ban yang lain.

Mengapa sudut kemiringan pada ban bisa tidak lurus? Kuncinya ada pada tahap spooring, yang pelaksanaannya kurang teliti sehingga hasilnya tidak memenuhi standar. Adapun spooring adalah proses untuk mengatur toe in serta toe out sesuai standar mobil.

  • Tekanan Angin pada Ban yang Tidak Sesuai

Ban kendaraan harus menerima tekanan angin yang sesuai dengan pedomannya agar performa ketika digunakan berkendara pun terjamin. Sebab, setiap ban mobil memiliki ukuran untuk tekanan angin sesuai jenisnya, jadi tidak sama untuk setiap ban.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya