Tips & Trik

Ketahui Model Garasi Mobil sebagai Inspirasi Anda

PUBLISHED DATE : 12 April 2023

Garasi Impian

Membuat garasi rumah tidak boleh hanya biasa-biasa saja. Agar kendaraan yang Anda miliki menjadi semakin berkelas, tidak ada salahnya membuat garasi yang terlihat elegan dan keren. Anda tentu memiliki garasi impian yang ingin diwujudkan bukan? 

Jangan salah, garasi tidak harus selalu ruangan yang berada di depan rumah serta ditutup dengan pintu angkat atau pintu dorong. Anda dapat membuat model garasi yang fungsional tapi membuat area rumah menjadi terlihat keren. 

Inspirasi Garasi Impian dengan Model Mewah

Terdapat sejumlah model garasi mobil yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi. Berikut adalah daftar model-model tersebut!

 

  • Garasi Tanpa Pintu

 

Sebenarnya, garasi tidak harus selalu ada di ruangan yang tertutup. Anda juga dapat membuat garasi tanpa pintu. Sehingga, kendaraan dapat dibuat berjejeran seperti sedang berada di depan teras. 

Dengan model garasi ini, mobil Anda akan lebih terpampang. Namun, garasi dengan model ini lebih disarankan bagi Anda yang tinggal di perumahan dengan tingkat keamanan yang tinggi. 

 

  • Garasi Semi Basement

 

Model garasi impian yang berikutnya adalah semi basement. Apakah Anda pernah terpikir untuk membuat garasi dengan model semi basement? Model garasi ini akan dapat membuat tampilannya semakin berkelas. 

Garasi berada di bawah bangunan, tetapi juga dapat terlihat lebih luas karena tidak menyita area rumah, dan dapat menggunakannya untuk ruangan fungsional yang lain. 

Garasi ini umumnya cocok untuk rumah dengan konsep modern, minimalis, atau tropis dengan luas lahan yang terbatas. 

 

  • Bangunan Transparan

 

Sebenarnya, Anda juga dapat membuat bangunan sendiri yang berada di luar rumah utama, dan menjadikannya sebagai garasi mobil. model ini sangat menarik untuk dipertimbangkan karena dapat membuat mobil seperti berada di dalam showroom

Baca Juga : Tips Sederhana agar Motor Tidak Mudah Dicuri Maling

Model garasi impian ini sangat berkelas, Anda dapat membuat bangunan yang transparan menggunakan dinding kaca. Dengan adanya dinding kaca, mobil dapat terekspos dengan maksimal. 

 

  • Garasi dengan Kanopi Panjang

 

Garasi sebenarnya tidak harus selalu berbentuk bangunan khusus yang terpisah atau menyatu dengan rumah. Anda dapat membuat model garasi yang terbuka dan menggunakan pelindung atap kanopi panjang. 

Agar garasi impian yang satu ini tidak terlihat membosankan, jangan lupa menambahkan kayu yang artistic sehingga dapat menghidupkan kesan yang hangat dan natural. Lebih-lebih untuk Anda yang memiliki hunian berkonsep Japandi. 

Model garasi yang terbuka ini akan menjadi ruangan multifungsi untuk berbagai macam kegiatan di luar ruangan, khususnya saat mobil sedang ada di tempat lain. 

 

  • Lift Garasi

 

Dari berbagai model garasi di atas, dapat dikatakan jika model garasi yang satu ini merupakan model paling mewah. Hal ini disebabkan karena garasi ini memiliki lift, sehingga hanya dengan menekan remot, garasi akan muncul dari dalam tanah. 

 

  • Carport Baja Hitam

 

Salah satu model garasi yang dapat diajdikan sebagai pilihan adalah garasi yang menggunakan baja ringan serta dicat dengan warna hitam. Bukan hanya tahan lama dan kuat, material baja ringan adalah material yang banyak digunakan oleh banyak orang. 

 

  • Garasi Kayu

 

Jika Anda menyukai konsep natural, Anda dapat menggunakan material kayu. Namun, material kayu lebih disarankan untuk garasi dengan model terbuka. Model garasi ini terbuka serta memiliki sekat di bagian atas. 

Namun, bila memilih model garasi ini, mobil akan tetap terkena panas dan hujan, sehingga pastikan mempertimbangkannya terlebih dahulu sebelum memilih model ini.

 

  • Carport di Samping Rumah

 

Agar dapat memaksimalkan area yang tersedia, Anda dapat menggunakan area di samping rumah sebagai garasi. Anda dapat memaksimalkan bangunan ini hingga ke depan rumah. 

 

  • Garasi Menggunakan Batu Alam

 

Ide garasi impian yang lainnya adalah menggunakan batu alam. sebenarnya, batu alam menjadi salah satu material yang tepat, karena batu alam tidak akan membuat lantai Anda menjadi licin. Anda dapat memilih batu alam sesuai dengan konsep hunian. 

 

  • Carport Rumah dengan 2 Lantai

 

Umumnya, sejumlah pengembang sudah ada yang menyediakan carport yang sama di dalam cluster. Sehingga Anda tidak perlu memikirkan masalah garasi rumah. 

 

  • Garasi dengan Nuansa Putih

 

Bila Anda ingin membuat garasi impian yang terpisah dari rumah, Anda dapat memilih warna putih. Garasi ini bisa ditempatkan di area belakang rumah. Model garasi ini menjadi desain yang begitu estetik. 

Interiornya dapat menggunakan cat dengan warna putih bersih. Sedangkan, bagian pintunya dapat menggunakan desain modern serta sentuhan kaca es serta bingkai yang berwarna hitam. 

Anda juga dapat menghiasi model garasi ini dengan sejumlah tanaman hias, sehingga suasana segar dan asri akan langsung terlihat. Jangan lupa, pilih pot yang cantik untuk wadah tanaman sehingga akan semakin memperindah area garasi yang Anda miliki. 

 

  • Garasi Simple

 

Baca Juga : Kupas Tuntas Fitur Terkini Dan Performa Suzuki Ignis

Selanjutnya adalah garasi impian yang simple. Sebenarnya, garasi yang terpisah dari rumah sangat umum ditemukan, utamanya bagi mereka yang memiliki rumah dengan lahan yang luas. Desain garasi terpisah ini sangat simple dan memiliki atap lurus. 

Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan serta area yang tersedia. Model garasi ini dapat menampung 2 mobil sehingga akan sangat multifungsi. 

 

  • Model Garasi ala Industrial

 

Bila Anda memang ingin merenovasi garasi secara total, model yang satu ini dapat dijadikan sebagai pilihan. model garasi ini memiliki desain atap yang runcing dan ilusi visual ala gaya industrial. 

Bidang dindingnya dapat menggunakan bahan kayu, tetapi di lain sisi menggunakan bahan kaca serta dilengkapi dengan kerangka besi yang berwarna hitam agar dapat memperlihatkan koleksi kendaraan. 

 

  • Garasi Sejajar dengan Area Teras

 

Teras umumnya sejajar dengan taman atau tambahan kamar dan berbentuk menjorok ke depan. Namun, jika Anda ingin memiliki garasi impian, tetapi luas rumah sangat kecil, Anda dapat mendesain garasi yang sejajar dengan teras. 

Desain ini memang dapat membuat rumah tidak mempunyai halaman depan yang luas serta merata. Tetapi, sebagai gantinya, Anda dapat memiliki garasi mobil yang memadai untuk menaruh kendaraan agar lebih aman. 

 

  • Garasi Kanopi

 

Bila area lahan yang digunakan untuk garasi sangat terbatas, sebenarnya Anda juga dapat menyulap area lahan taman menjadi garasi yang kecil. Anda hanya perlu menambahkan kanopi di area atas, serta memberi paving block di sisa tanah tersebut. 

Dengan garasi yang sederhana ini, mobil dapat ditempatkan dengan aman, serta terlindung dari adanya hujan dan panas. 

Membangun garasi yang berukuran kecil tentu bukan hal mustahil, bahkan dengan desain yang tepat, garasi akan semakin menambah rumah terlihat menarik. 

Dari sejumlah pemaparan di atas, manakah model garasi yang Anda impikan? Apapun itu, sebaiknya ketika memilih garasi, pastikan kembali bila ruangan tersebut sesuai dengan desain rumah yang Anda miliki. Jangan lupa pula menyesuaikan ukuran ruangan tersebut!

Jika garasi impian Anda sudah terwujud, jangan lupa untuk melakukan perawatan untuk mobil atau motor Anda pada bengkel resmi Suzuki ! Karena akan sangat disayangkan jika Anda terlalu fokus pada interior garasi, namun melupakan kesehatan mesin kendaraan!

Berita Lainnya