Tips & Trik

Ketahui Ini Perbedaan Jenis Transmisi Otomatis dan Manual

PUBLISHED DATE : 27 Agustus 2020

Transmisi Otomatis

Sedangkan untuk kekurangan jenis otomatis diantaranya tentu harga belinya masih cukup tinggi. Selain itu, ketika digunakan di jalan yang menanjak, masih memiliki akselerasi kurang jika dibandingkan dengan manual.

Jenis otomatis juga tidak memiliki engine brake yang bagus, sehingga harus lebih berhati-hati ketika berada di jalanan menurun. Terakhir, konsumsi bahan bakarnya lebih boros dan lebih sering memerlukan penggantian oli.

  • Transmisi Manual

Di antara kelebihan jenis ini adalah memiliki akselerasi yang lebih baik dan menawarkan kenyamanan yang lebih karena bisa disesuaikan dengan keinginan pengemudi. Selain itu, yang manual juga bahan bakarnya lebih irit dan membutuhkan biaya perawatan yang lebih murah.

Sedangkan di antara kekurangannya, bagi pengemudi pemula harus benar-benar hafal, antara rem, kopling dan gas. Di samping itu, pengemudi akan lebih cepat lelah karena pengoperasiannya yang lebih rumit dan kurang nyaman digunakan dalam kemacetan.

Tips Perawatan Mobil Bertransmisi Otomatis

  • Ganti oli secara teratur

Penggantian oli bisa dilakukan berdasarkan hitungan jarak tempuh atau lama penggunaan. Saat menggantinya, pastikan oli yang digunakan memiliki kualitas yang bagus. Mengecek kondisi oli secara rutin juga penting dilakukan.

Jika volume oli berada di bawah garis rendah berarti telah terjadi kebocoran, segeralah ditangani. Sedangkan jika oli mengalami perubahan warna menjadi coklat susu, berarti oli sudah tercampur dengan air. Segera ganti di bengkel resmi agar tidak menimbulkan karat.

  • Posisikan tuas secara tepat

Baca Juga : Cara Mudah Deteksi Kerusakan Power Steering Elektrik

Saat kendaraan berhenti, seperti di tengah kemacetan atau di lampu merah, posisikan tuas berada di posisi netral. Jangan biarkan tuas berada di posisi drive, karena hal tersebut dapat menyebabkan kanvas kopling terus bergesekan.

  • Memanaskan kendaraan sebelum digunakan

Memanaskan kendaraan sebelum digunakan akan membuat performanya tetap prima. Namun, saat pemanasan dilakukan, pastikan tuas berada pada posisi netral.

  • Jangan tancap gas tiba-tiba

Mesin memerlukan waktu beberapa detik untuk memberikan tekanan dari oli ke konverter torsi. Jika tekanan secara besar dan mendadak dilakukan, hal tersebut akan mengganggu mesin karena sistem belum siap.

Tips Perawatan Mobil Bertransmisi Manual

  • Mengganti Oli Secara Rutin

Mengganti oli secara rutin akan memberikan efek yang besar pada kinerja mesin dan pengoperasian gigi akan lebih halus dan mudah dipindahkan.

  • Penyetelan Kopling

Jarak pedal kopling yang terlalu tinggi dapat merenggangkan jarak pada kopling. Hal tersebut dapat menyebabkan perpindahan gigi menjadi kasar dan berat.

  • Gunakan Suku Cadang Yang Berkualitas

Penggunaan suku cadang asli yang bisa didapatkan di bengkel resmi dapat memperlambat kerusakan, karena kualitas terjamin dan sudah melewati uji kelayakan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya