Tips & Trik

Ketahui 5 Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

PUBLISHED DATE : 04 April 2023

Mesin Mobil Bergetar Saat Ac Dinyalakan

 

Kompresor merupakan komponen utama dalam sistem AC mobil yang berfungsi untuk mengkompresi dan mengedarkan refrigeran. 

Jika kompresor mengalami masalah, seperti keausan pada bearing atau kerusakan pada bagian dalam, maka akan menyebabkan getaran yang dirasakan pada mesin mobil. Getaran ini akan lebih terasa ketika AC dinyalakan karena kompresor bekerja lebih keras.

 

  • Mounting Mesin yang Rusak

 

Mounting mesin berfungsi untuk menahan dan meredam getaran yang dihasilkan oleh mesin agar tidak dirasakan oleh kabin mobil.

Jika mounting mesin rusak atau aus, kemampuannya untuk meredam getaran akan berkurang. Maka getaran mesin akan lebih terasa, terutama saat AC dinyalakan dan beban pada mesin meningkat.

 

  • Puli AC yang Tidak Seimbang

 

Puli AC adalah komponen yang menghubungkan kompresor AC dengan mesin melalui belt. Jika puli AC tidak seimbang atau rusak, getaran yang dihasilkan akan diteruskan ke mesin mobil, menyebabkan getaran saat AC dinyalakan.

Penyebab ketidakseimbangan puli AC bisa bervariasi, seperti kerusakan pada puli itu sendiri atau pemasangan yang tidak benar.

 

  • Belt AC yang Kendur atau Rusak

Baca Juga : Trik Rahasia Untuk Tingkatkan Performa Suzuki GSX R150

 

Belt AC menghubungkan mesin dengan kompresor AC dan komponen lainnya dalam sistem AC mobil. Jika belt AC kendur, aus, atau rusak, maka akan terjadi getaran saat mesin bekerja.

Getaran ini akan semakin terasa saat AC dinyalakan karena beban mesin meningkat dan belt bekerja lebih keras untuk menggerakkan kompresor AC.

 

  • Radiator Fan yang Tidak Berfungsi dengan Baik

 

Radiator fan berfungsi untuk mendinginkan mesin dan komponen sistem AC mobil. Jika radiator fan tidak berfungsi dengan baik, misalnya karena kotor atau rusak, bisa menyebabkan getaran pada mesin mobil.

Getaran ini akan semakin terasa saat AC dinyalakan karena mesin bekerja lebih keras untuk mengkompresi dan mengedarkan refrigeran.

Apa yang Terjadi Jika Mesin Mobil Terus Bergetar Saat AC Dinyalakan?

Jika mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan secara terus-menerus, ada beberapa dampak yang dapat terjadi pada performa mobil, konsumsi bahan bakar, dan umur mesin mobil.

 

  • Performa Mesin Mobil Menurun

 

Mesin mobil yang bergetar terus-menerus dapat mengalami kerusakan pada bagian-bagian penting seperti sistem transmisi, sistem pembakaran, atau sistem kelistrikan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Shutterstock 37125637

Ini Bahaya Motor yang Melawan Arus

Berkendara sekarang ini merupakan suatu hal yang lumrah. Kini jalanan pun sudah banyak dipadati oleh kendaraan bermotor, terutama didominasi oleh sepeda motor. Saking banyaknya, ti...

selengkapnya