Tips & Trik

Kenali Tanda & Penyebab Oli Mobil Berkurang

PUBLISHED DATE : 25 Oktober 2023

Ini Alasan Kenapa Oli Mesin Mobil Bisa Berkurang

Mesin mobil yang mulai kurang responsif atau bahkan sulit dihidupkan merupakan tanda lain dari berkurangnya volume oli. 

Masalahnya, mesin yang kekurangan oli akan bekerja lebih keras dan ini mengakibatkan performa yang menurun dan respon yang lebih lambat. Dalam kasus yang lebih parah, mesin bisa menjadi sangat sulit untuk dihidupkan.

  • Mesin Mobil Cepat Panas

Oli juga berfungsi sebagai pendingin mesin. Jadi, jika mesin Anda menjadi cepat panas, ini bisa menjadi indikator lain dari berkurangnya oli mesin.

Suhu mesin yang tinggi tidak hanya berdampak pada efisiensi bahan bakar tetapi juga bisa merusak komponen mesin lainnya.

7 Penyebab Oli Mobil Berkurang

Sebelum mengatasi masalah terkait oli, pahami dulu penyebab umum yang membuatnya berkurang! Berikut adalah faktor-faktor pemicu berkurangnya oli pada mobil:

  • Adanya Kebocoran pada Drain Plug

Drain plug berfungsi untuk membantu mengalirkan oli keluar dari mesin saat Anda melakukan penggantian oli. Makanya, oli akan terus menetes dan berkurang jika drain plug bocor.

Biasanya, ini disebabkan oleh pemasangan yang kurang tepat atau karena drain plug sudah aus dan perlu diganti. 

  • Adanya Kebocoran di Carter atau Oil Pan

Baca Juga : Kerusakan Kopling Mobil Bisa Dideteksi dengan Cara Ini

Carter atau oil pan adalah wadah yang menampung oli mesin. Kebocoran di sini menyebabkan berkurangnya oli mesin. 

Kebocoran ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari retak pada oil pan, baut yang longgar, hingga kualitas material oil pan itu sendiri.

Jika Anda menemukan oli bercampur dengan kotoran atau debu di bawah mobil, ini bisa jadi tanda adanya kebocoran di oil pan.

  • Adanya Masalah pada PCV Valve

PCV (Positive Crankcase Ventilation) Valve mengatur aliran gas buang dari ruang bakar ke crankcase. Jika PCV valve rusak, tekanan dalam mesin akan meningkat dan bisa menyebabkan oli mesin bocor.

Gantilah komponen ini jika Anda mengalami masalah seperti asap berwarna dari knalpot atau penurunan performa mesin.

  • Oli Menguap Akibat Panas

Panas berlebih dalam mesin bisa menyebabkan oli menguap. Ini biasanya terjadi saat Anda sering berkendara dalam kondisi macet atau cuaca panas. Pertimbangkan untuk menggunakan oli dengan viskositas yang lebih tinggi untuk mengatasinya.

  • Oli Tidak Diganti dengan Teratur

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya