Tips & Trik

Ini Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang & Solusinya

PUBLISHED DATE : 14 Februari 2022

165726995 S

Kualitas oli mesin mobil yang kurang bagus, juga menjadi penyebab oli mesin mobil cepat berkurang.

Seperti diketahui, oli berfungsi sebagai pelumas untuk menahan gesekan antar bagian pada mesin mobil. Kualitas oli mesin ini juga bermacam-macam, ada yang bagus dan ada yang tidak.

Oli dengan kualitas bagus, tidak akan cepat panas ketika digunakan. Dengan demikian, mesin mobil juga tidak akan cepat panas, serta oli juga akan awet dan tidak akan lekas habis atau berkurang.

Sebaliknya, oli dengan kualitas kurang bagus, akan cepat sekali menjadi panas, dan akhirnya akan cepat berkurang.

Kualitas oli yang kurang bagus akan rawan menyebabkan mesin mobil mengalami kerusakan, apabila mobil sering digunakan untuk melakukan perjalanan jauh. 

Mesin mobil yang bekerja dalam keadaan panas sementara oli yang digunakan tidak tahan terhadap panas menyebabkan oli cepat berkurang.

Baca Juga : Apa Itu Wheelbase? Ini Fungsi Untuk Mobil & Penggunaannya

Cara Mengatasi Oli Mesin Mobil Yang Cepat Berkurang

20952739_s

Mengatasi oli mesin yang cepat berkurang, bisa dilakukan dengan mengetahui penyebab dari cepat berkurangnya oli mesin tersebut.

Karena penyebab oli yang cepat berkurang ada bermacam-macam, maka cara mengatasinya juga bisa dilakukan dengan beberapa macam cara, seperti  berikut ini.

  • Mengganti Seal Mesin Yang Rusak

Seal mesin rusak, adalah salah satu yang menjadi penyebab oli mesin berkurang dengan lebih cepat. Untuk mengatasi hal tersebut, maka yang harus dilakukan adalah dengan mengganti seal mesin yang rusak tersebut dengan yang baru. 

Seal merupakan bagian yang terdapat pada bagian sambungan mesin. Seal ini berfungsi agar oli tidak mengalami bocor dan masuk ke ruang pembakaran mesin. Apabila seal sudah mengeras dan robek, maka seal tersebut harus diganti dengan yang baru.

  • Mengganti Ring Seher Yang Mengalami Kerusakan
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya