Tips & Trik

Ini Dia Tips Cara Merawat Panoramic Sunroof pada Mobil Kesayangan Anda

PUBLISHED DATE : 13 Mei 2023

Merawat Panoramic Sunroof

Seperti yang disinggung di atas, keberadaan panoramic sunroof membantu pengemudi berkendara dengan nyaman. Di saat cuaca sedang bagus dan udara sejuk, pengemudi dapat membuka atap ini alih-alih menyalakan AC untuk membuat udara di dalam mobil lebih sejuk.

Dan, saat cuaca hujan atau matahari bersinar terik, fitur ini dapat ditutup kembali. Dengan begitu, Anda dapat berkendara dengan tenang tanpa terganggu apa pun.

Dalam perawatan panoramic sunroof, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Pemilik mobil bisa melakukan ini sendiri di rumah. Namun, merawat fitur ini harus dengan hati-hati dan teliti sebab perawatan yang tidak tepat dapat mengganggu fungsi dan kinerja sunroof.

Beberapa tanda bahwa sunroof tidak dirawat dengan baik adalah karet menjadi keras, bagian platnya tidak menutup dan membuka dengan baik, adanya kebocoran sehingga timbul water spot atau jamur pada plat kacanya.

 

  • Bersihkan Panoramic Sunroof Secara Rutin

 

Karena posisinya yang di atas, sunroof terkadang terkena kotoran dan debu bahkan pasir dan kerikil, terutama pada bagian relnya. Hal ini menyebabkan rel bergesek dan sunroof tidak bisa membuka dan menutup dengan baik.

Jika tidak dibersihkan, kotoran-kotoran tersebut akan menumpuk dan saluran pembuangan air pun menjadi terhambat. Ketika air di saluran ini menggenang, rel lama-lama menjadi berkarat dan akan timbul kebocoran.

Baca Juga : Sedikit Yang Tahu, Ini Jenis Polisi Tidur & Regulasinya

Membersihkan panoramic sunroof secara teratur juga dapat membuat fitur ini awet dan berfungsi dengan normal. Nah, setiap kali Anda membersihkan bagian ini, ikuti langkah-langkah ini.

Bukan plat panoramic sunroof dan bersihkan semua area yang terlihat. Gunakan vaccum cleaner jika diperlukan.

Seka bagian-bagian yang dapat bergerak. Lap di sekitar atap dengan kain yang lembut atau lap khusus mobil. Anda bisa gunakan sikat gigi untuk membersihkan slide dan relnya.

Anda dapat tambahkan gemuk yang ringan dan tahan panas untuk melumasi bagian yang bergerak jika sudah dibersihkan.

Untuk bagian kaca, bersihkan dengan amonia atau cairan cuka. Kedua cairan kimia ini dapat menguap dengan cepat saat terkena cuaca hangat. Tapi, dapat menyebabkan iritasi saat terhirup. Jadi, berhati-hatilah.

 

  • Bersihkan Menyeluruh dan Hati-hati

 

panoramic_sunroof

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya