Tips & Trik

Wajib Tahu! Jenis, Fungsi Dan Cara Merawat Sensor Parkir Mobil

PUBLISHED DATE : 06 Januari 2023

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-2-(1).jpg

Kamera sensor parkir mobil merupakan fitur standar pada mobil terbaru. Fitur ini jadi fitur yang diincar ketika masyarakat memutuskan untuk beli mobil baru, karena selain memudahkan pengendara untuk memarkir mobil dan tentu saja menunjang keamanan dan keselamatan. 

Sensor parkir dilengkapi dengan komponen kamera infrared dan sensor gelombang ultrasonik. Fungsi sensor inilah yang nantinya akan menangkap objek paling dekat dan memberi sinyal bunyi lewat monitor LCD pada head unit mobil. Fitur sensor parkir mobil sendiri tentunya terdiri dari rangkaian elektronik yang berukuran kecil, sehingga jika tidak dirawat dengan benar bisa saja mengalami kerusakan. Karena itu, sebaiknya sempatkanlah untuk melakukan perawatan sensor parkir agar fungsinya tetap optimal. 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kondisi sensor parkir mobil tetap terjaga. 

  • Bersihkan Dari Kotoran

Baca Juga : Mengenal Jenis Asuransi Mobil Yang Cocok Untuk Mobil Mu

Komponen sensor parkir sangat sensitif terhadap benda-benda asing. Agar kinerjanya tetap optimal, pastikan seluruh bagiannya bersih dari kotoran. Membersihkan komponen sensor parkir adalah perawatan paling sederhana yang bisa Anda lakukan. Pastikan seluruh komponen pada sensor parkir tidak tertutup debu atau kotoran yang menempel.  Bersihkan sensor parkir dengan air dengan hati-hati agar tidak terjadi arus pendek yang mengganggu kerja kamera dan sensor. 

  • Periksa Sistem Kelistrikannya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, komponen sensor mobil terdiri dari komponen elektronik yang rentan rusak jika tidak dirawat dengan baik. Selain menjaga kebersihan sensor parkir, rutin memeriksa sistem kelistrikan pada mobil juga merupakan salah satu cara merawat sensor parkir. Sebab jika sistem kelistrikan pada mobil terganggu, otomatis akan berpengaruh pada kamera dan sensor mobil. Sensor parkir tak dapat bekerja bila suplai listrik tidak stabil atau kurang. Lakukan pengecekan sumber tegangan listrik yaitu aki. Bila suplai listrik tidak stabil atau kurang, sensor parkir bisa dipastikan tidak dapat bekerja dengan normal. 

  • Mengganti Komponen Yang Telah Rusak

Jika mendapati sensor parkir mobil bermasalah, hal yang tentu saja bisa Anda lakukan adalah menggantinya dengan yang baru. Karena keseluruhan sensor parkir memiliki detail yang cukup rumit untuk diperbaiki sendiri, Anda bisa membawa mobil ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Tenaga profesional yang berpengalaman untuk memperbaiki sensor parkir mobil Anda dan juga pembelian komponen sensor parkir mobil yang dijamin keasliannya. 

Baca Juga : Tips Mudik Jika Terpaksa Pakai Motor

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya