Tips & Trik

Handle Rem Motor Terasa Blong? Ternyata Ini Penyebabnya

PUBLISHED DATE : 12 April 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/handle_rem.jpg

Rem merupakan salah satu komponen yang memiliki peran sangat penting. Lalu apa yang terjadi jika handle rem motor Anda terasa blong? Sudah dapat dipastikan ribuan bahaya mengincar Anda dan pengendara yang lain.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan rem blong. Anda juga wajib mengetahui bagaimana cara mengatasi rem blong.

Hal tersebut dimaksudkan agar suatu saat jika Anda mendapati rem motor Anda blong, bisa segera menanganinya. Berikut penjelasannya.

Penyebab Handle Rem Blong

Baca Juga : Ini Dia Cara Mengendarai Motor Kopling yang Benar

Rem motor yang blong akan sangat membahayakan penggunanya, terlebih lagi jika sedang berada di jalanan menurun dan lalu lintas sedang ramai. Untuk itu, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab rem bisa blong agar nantinya bisa lebih berhati-hati dalam berkendara.

  • Kurangnya Pasokan Minyak Rem

Minyak rem merupakan salah satu komponen yang benar-benar harus diperhatikan kondisinya. Akan tetapi, belum banyak orang yang paham kapan waktu yang dianjurkan untuk mengganti minyak rem. Pada umumnya, minyak rem harus dilakukan penggantian setidaknya 1 tahun sekali.

1 tahun termasuk waktu yang lumayan lama. Akan tetapi, minyak rem tetap harus dicek kondisinya secara berkala. Hal tersebut sangat perlu dilakukan agar bisa mengetahui bagaimana kualitas dan kuantitas minyak rem motor Anda.

Baca Juga : Ternyata Ini Fungsi dan Komponen Armature Pada Motor

Handle rem bisa mengalami blong jika minyak rem memiliki kualitas yang buruk dan jumlahnya kurang. Oleh karena itu, Anda harus rajin mengecek kondisi minyak rem supaya kendaraan tetap aman digunakan. 

Jika kotor maka harus segera diganti, dan jika kurang segera diisi. Bagi yang tidak paham akan pengecekan ini, maka Anda bisa membawanya ke bengkel dan pihak bengkel akan memberi tahu saat dibutuhkan pengisian.

  • Kanvas Rem Sudah Aus

Penggantian minyak rem memang sebaiknya dilakukan setiap 1 tahun sekali. Akan tetapi, apabila ketika Anda mengecek dan belum ada 1 tahun kondisi minyak rem ternyata jumlahnya kurang, maka perlu dicurigai keadaan kanvasnya.

Baca Juga : Jadi Mudah, Ini Syarat & Cara Bayar Pajak Motor Online

Kanvas yang sudah mulai aus akan menyebabkan minyak rem cepat habis. Jika keadaan tersebut dibiarkan, kanvas akan semakin tipis dan motor Anda akan kehabisan minyak rem. Hal tersebut sangat berbahaya apabila motor digunakan untuk melalui jalanan menurun.

Kanvas bisa semakin tipis dan minyak semakin habis. Rem lama-kelamaan akan rusak dan blong. Bagi pengendara, kondisi yang demikian itu sangat berbahaya sekali bukan?

  • Master Rem Mengalami Kebocoran

Handle rem motor bisa jadi blong karena master remnya mengalami kebocoran. Mungkin saja karet seal yang terdapat pada bagian piston sudah aus karena termakan usia, sehingga master rem mengalami kebocoran.

Nah apabila mendapati master rem motor Anda mengalami kebocoran, sudah tentu angin tidak dapat ditekan dan secara otomatis kecepatan motor tidak akan turun.

Sekalipun rem bisa ditekan, biasanya terasa blong. Namun pada beberapa keadaan, rem  juga bisa terasa sangat keras bahkan sampai tidak bisa ditekan. Hati-hati jika Anda menemui kondisi yang demikian itu.

  • Peranti Pengereman Suhunya Terlalu Panas

Penyebab rem bisa blong yang tak kalah pentingnya adalah peranti pengereman suhunya terlalu panas. Peranti pengereman yang dimaksud adalah yang berada pada bagian master rem maupun selang minyak rem.

Apabila peranti-peranti pengereman tersebut suhunya terlalu panas, kualitas rem akan mengalami penurunan.

Selain itu, selang minyak rem dan karet seal juga akan cepat mengalami aus. Hal tersebut tentunya akan memberikan dampak rem motor terasa blong.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya