Tips & Trik

Fungsi Planetary Gear: Komponen & Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 27 Desember 2021

107204570 S

Planetary gear memiliki komponen yang saling terintegrasi dalam melakukan langkah kerjanya.

Pada dasarnya, komponen penyusun gigi planetary dapat berputar dan ditahan. Kerja gigi planetary dapat terjadi bila salah satu komponen ditahan maupun keduanya sama-sama ditahan. 

Misalnya, jika ring gear ditahan maka kecepatan kendaraan dapat mencapai reduksi maksimum. Hal ini akan membuat torsi meningkat.

Berbalik jika posisi sun gear ditahan, maka ring gear akan berlaku sebagai komponen penggerak dan diperoleh kecepatan dengan reduksi minimum.

Kecepatan dengan reduksi maksimum juga akan terjadi jika ring gear ditahan dan sun gear berlaku sebagai output.

Jika sun gear ditahan dengan masukan, maka ring gear akan tertahan. Kecepatan akan mengalami kenaikan maksimum akibat torsi yang tereduksi.

Carrier yang ditahan akan menghasilkan kecepatan mengalami reduksi sehingga torsi meningkat.

Selanjutnya, kecepatan akan mengalami peningkatan jika carrier ditahan. Langkah ini akan menimbulkan kerja mesin yang menggerakkan kendaraan ke arah mundur.

Baca Juga : 9 Website Dealer Suzuki Resmi Diluncurkan, Apa Saja Fiturnya?

Perawatan Komponen Planetary Gear

Komponen planetary gear terbilang cukup banyak. Cara kerjanya juga saling terintegrasi sehingga perawatan komponen ini perlu dilakukan. Perawatan yang intensif sangat penting dilakukan karena setiap komponen akan mempengaruhi kinerja komponen lain. 

Perawatan dapat dilakukan dengan pembersihan gear secara berkala. Kinerja yang saling bertaut memungkinkan setiap komponen dapat terkena kotoran dan debu.

Pembersihan partikel tersebut dari komponen planetary dapat menghindarkan terganggunya fungsi planetary gear dari resiko kerusakan.

Selain itu, fungsi gigi planetary sangat berpengaruh dalam kemampuan kendaraan untuk melaju, berhenti, maupun sekedar menyala. Fungsi vital ini tidak baik jika diabaikan dengan turut mengabaikan perawatan intensif pada gigi planetary.

Perawatan secara berkala dan berkelanjutan dapat dilakukan untuk menjaga kondisi planetary tetap prima.

Jika telah terjadi kerusakan, jangan ragu untuk langsung mengganti dengan yang baru. Perawatan demikian dapat dilakukan dengan service kendaraan ke bengkel resmi Suzuki terdekat.

Bengkel resmi Suzuki mudah ditemui sehingga akan sangat membantu dalam melakukan perawatan kendaraan bermotor yang dilakukan secara rutin dan berkala.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya