Tips & Trik

Fungsi Fuel Pump Mobil dan Tandanya Mulai Bermasalah

PUBLISHED DATE : 18 Mei 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/fuel_pump.jpg

Fuel pump atau yang disebut juga pompa bensin adalah sebuah komponen yang berfungsi untuk memompa bahan bakar kendaraan dari tangki menuju mesin. Komponen ini tentu sangat penting dalam mendukung kinerja mesin. 

Jika terjadi masalah pada komponen ini, maka akan mempengaruhi kinerja dari mesin, hingga bisa mati total. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang fungsi dan ciri-ciri atau tanda pompa bensin sedang bermasalah, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Fungsi Pompa Bensin pada Mobil

Secara umum, fungsi fuel pump dalam sebuah kendaraan bermotor seperti motor dan mobil, yaitu untuk memompa bahan bakar dari tangki menuju mesin kendaraan bermotor. Bahan bakar yang ada di tangki penampungan akan dipompa menuju ruang pembakaran. 

Baca Juga : Kapan Waktu yang Tepat Ganti Gir dan Rantai?

Di dalam ruang pembakaran, bahan bakar kemudian berubah menjadi energi yang bisa membuat mesin kendaraan bermotor menyala. Meski memiliki fungsi yang sama pada semua jenis kendaraan, proses pengaliran bahan bakarnya berbeda-beda. 

Pada mesin kendaraan yang menggunakan karburator, maka proses pengalirannya yaitu bahan bakar mengalir dari tangki menuju ke karburator. Oleh karena itu, fungsi fuel pump  yaitu untuk memompa bahan bakar dari tangki ke karburator. 

Sedangkan untuk kendaraan yang berjenis injeksi, proses pengaliran bahan bakar yaitu dimulai dari tangki menuju injektor. Dengan demikian pompa bensin berfungsi sebagai komponen yang memompa bahan bakar dari tangki menuju injektor. 

Baca Juga : Sistem Suspensi Mobil: Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Selain dikategorikan berdasarkan fungsinya, pompa bensin juga dibedakan berdasarkan cara kerjanya. Jenis-jenisnya yaitu pompa bensin mekanis dan pompa bensin elektrik. Pompa bensin mekanis biasanya ditemukan pada mesin diesel.

fuel_pump_pada_mobil

Ciri atau Tanda Fuel Pump Mulai Bermasalah

Untuk mengetahui ciri atau tanda fuel pump mobil Anda bermasalah memang cukup sulit. Mengapa demikian? Hal ini karena pompa bensin mobil tidak terhubung ke indikator check engine yang ada pada mobil. 

Baca Juga : Ternyata Ini Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah

Namun Anda tetap perlu mengetahui ciri-ciri fuel pump yang sedang bermasalah dengan beberapa indikator umum. Jika komponen ini bermasalah, maka mobil akan terasa tidak nyaman. Lantas, apa sajakah ciri-cirinya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

  1. Mesin Mobil Susah Menyala

Ciri yang pertama yaitu mesin mobil akan susah menyala ketika terparkir dalam waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan oleh bahan bakar yang harusnya sudah siap, tapi tidak tersedia di jalur bahan bakar atau yang disebut jalur fuel line

  1. Mesin Mobil Brebet

Ciri yang kedua saat pompa bensin mobil mulai bermasalah yaitu mesin mobil brebet. Hal ini dikarenakan pompa bensin tersumbat kotoran dari tangki bensin karena kualitas bahan bakar yang buruk. Jadi mesin terasa kosong meski pedal gas sudah terinjak. 

  1. Sekring Pada Fuel Pump Gosong

Tanda yang selanjutnya yaitu sekring pompa bensin gosong. Penyebab gosongnya sekring ini karena tersumbat endapan kotoran, sehingga kinerja sekring lebih berat. Jika sekring gosong, maka kinerja dari pompa bensin juga tidak normal. 

  1. Bau Bensin Menyengat Dari Asap Knalpot

Ciri yang terakhir yaitu munculnya bau bensin yang menyengat pada asap knalpot mobil. Bau menyengat ini disebabkan oleh proses pembakaran pada mesin yang kurang sempurna. Maka dari itu, perhatikan jika ada bau menyengat dari asap knalpot mobil Anda mulai sekarang. 

Selain ciri-ciri tersebut, ada cara lain untuk mengecek apakah fuel pump mobil Anda sedang bermasalah atau tidak, yaitu dengan mengecek karburator. 

Cara Mengecek Kondisi Pompa Bensin Melalui Karburator Mobil

Untuk mengetahui apakah fuel pump sedang bermasalah atau tidak, Anda bisa melakukannya dengan mengecek karburator mobil. Caranya yaitu dengan membuka karburator mobil dan menyemprotnya dengan cairan carburator cleaner

Jika setelah disemprot carburator cleaner dan mesin hidup sementara, maka pompa bensin sedang dalam masalah. Maksud dari mesin mobil hidup sementara ini adalah menyala sebentar. Biasanya, mesin akan mati dalam waktu singkat setelah itu, bukan menyala sempurna. 

Mesin mobil yang disemprot carburator cleaner akan menyala karena carburator cleaner mengandung bensin. Jadi jika saat disemprot carburator cleaner mesin menyala sesaat, berarti ada masalah pada bagian pompa bensin mobil Anda.

Untuk memastikan hal tersebut, lakukan hal ini secara berulang sebanyak tiga kali. Jika hasilnya masih sama, berarti dapat dipastikan pompa bensin dalam keadaan bermasalah. Namun jika ternyata saat disemprot mesin mobil menyala dalam waktu yang lama, maka ada faktor lain.

Tips Untuk Mencegah Fuel Pump Mengalami Bermasalah

Sampai di sini, mungkin Anda mulai bertanya bagaimana cara untuk mencegah agar pompa bensin tidak mengalami masalah seperti itu? Salah satu caranya yaitu dengan melakukan pembersihan atau menguras tangki bahan bakar secara rutin.

Namun demikian, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips lainnya. Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya masalah pada pompa bensin mobil. Apa sajakah itu? Ini dia penjelasan lengkapnya. 

  1. Jangan Terlambat Mengisi Bahan Bakar

Tips yang pertama yaitu Anda tidak boleh terlambat untuk mengisi bahan bakar. Hal ini karena bahan bakar juga memiliki fungsi sebagai pelumas dan pendingin pompa bensin. Jadi apabila tidak ada bahan bakar, maka pompa bensin akan panas dan tidak bekerja dengan baik. 

Pemilik mobil disarankan untuk segera mengisi bahan bakar ketika sisa bahan bakar hanya seperempat dari volume tangki. Hal ini untuk menjaga pompa bensin agar bisa selalu bekerja dengan baik untuk memompa kebutuhan bahan bakar pada kendaraan. 

  1. Menguras Tangki Secara Rutin

Tips yang kedua yaitu dengan menguras tangki bahan bakar secara berkala. Untuk mobil baru, lakukan pengurasan tangki bahan bakar setidaknya setelah lima tahun pemakaian. Hal ini tentu berbeda dengan mobil yang telah lama dipakai. 

Untuk mobil lama, setidaknya lakukan pengurasan tangki bahan bakar setiap dua tahun sekali. Menguras tangki ini bertujuan untuk membersihkan bakteri di dasar tangki dan menghilangkan kotoran pada tangki akibat bahan bakar yang kotor. 

  1. Mengisi Bahan Bakar Pada Waktu Yang Pas

Tips yang terakhir yaitu selalu mengisi bahan bakar mobil di waktu yang tepat. Maksudnya bagaimana? Maksudnya adalah tidak mengisi bahan bakar saat pihak SPBU sedang mengisi bunker atau saat cuaca dingin. 

Hal ini karena pada saat SPBU mengisi bunker atau saat SPBU sedang ramai di siang hari, ada kemungkinan bunker SPBU tidak steril 100% dari kotoran yang mengendap pada dasar bunker. Jadi, sebaiknya isilah bahan bakar saat SPBU sedang sepi. 

Setelah mengetahui fungsi dan ciri-ciri fuel pump yang bermasalah, dan ternyata pompa bensin mobil Anda memang bermasalah, maka segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Di sana Anda bisa melakukan perbaikan dan pergantian pada pompa jika dibutuhkan. 

Selain itu, bagi Anda yang pompa bensinnya tidak bermasalah, sebaiknya lakukan perawatan secara rutin seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Untuk melakukan perawatan atau servis berkala, Anda juga bisa membawa mobil ke bengkel resmi Suzuki terdekat. 

Di manakah bengkel Suzuki terdekat yang bisa Anda kunjungi? Bagaimana jika kebetulan Anda berada di luar kota dan sudah waktunya perawatan berkala? Anda tak perlu bingung mencari bengkel resmi Suzuki

Suzuki telah merilis 9 website baru untuk sembilan main dealer resmi yang tersebar di beberapa wilayah. Jika Anda sedang berada di wilayah ini dan kebingungan mencari dealer resmi, tinggal kunjungi salah satu dari sembilan website ini saja. 

  1. Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) area Cirebon: www.suzukicintadamai.co.id
  2. Nusantara Jaya Sentosa (NJS) area Bandung: www.suzukinjs.co.id
  3. Arindo Gedong Jembar (AGJ) area Tegal: www.suzukiarindo.co.id
  4. Sejahtera Sunindo Trada( SST) area Semarang: www.suzukitradajateng.co.id
  5. Solo Indonesia Utama (SIU) area Solo: www.suzukisurakarta.co.id
  6. Sumber Baru Aneka Motor (SBAM) area Yogyakarta: www.suzukisumberbaru.co.id
  7. United Motor Centre (UMC) area  Surabaya: www.suzukiumc.co.id
  8. Sejahtera Buana Trada (SBT) area Surabaya: www.suzukitradajateng.co.id
  9. United Indo Bali (UIB) area Bali: www.suzukibali.id

Dengan mengunjungi salah satu website ini Anda bisa melakukan perawatan berkala sesuai jadwal. Website ini diciptakan untuk mempermudah konsumen dalam mencari dealer resmi terdekat. 

Setelah Anda membuka atau mengaksesnya, website secara otomatis akan mendeteksi lokasi Anda dan memberikan informasi mana saja dealer terdekat yang bisa dipilih. Jangan lupa untuk menyalakan fitur GPS pada smartphone Anda agar website bisa bekerja. 

Kemudahan lain yang dihadirkan dari website ini adalah fitur booking jadwal dengan mandiri. Anda hanya perlu menentukan lokasi dealer dan memilih jadwal. Dengan begitu Anda bisa mengetahui kapan jadwal kosong untuk servis di dealer tersebut. 

Jangan sampai Anda telat servis berkala, akibatnya tentu sangat fatal bagi kenyamanan dan keawetan mesin. Apalagi jika Anda sering berkendara jarak jauh. Mesin harus selalu dicek untuk memastikan kondisinya tetap prima. 

Segera akses website baru dari Suzuki sesuai dengan lokasi Anda sekarang. Dapatkan juga fitur lain yang sudah disediakan dalam website ini. 

Berita Lainnya