Tips & Trik

Cara Cek Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor

PUBLISHED DATE : 06 Mei 2024

Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor

Untuk melakukan pengecekan NRKB secara mudah dan efisien, Anda memerlukan beberapa alat dan informasi penting. Berikut adalah daftarnya:

  • Akses Internet

Sebagian besar metode pengecekan NRKB saat ini dilakukan secara online melalui situs web resmi atau aplikasi seluler yang disediakan oleh pihak terkait. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki perangkat dengan koneksi internet yang stabil.

  • Dokumen Registrasi Kendaraan

Dokumen registrasi kendaraan Anda berisi informasi penting seperti NRKB, nomor rangka kendaraan (NRK), dan nama pemilik kendaraan. Anda mungkin perlu merujuk ke dokumen ini untuk memasukkan informasi yang diperlukan saat melakukan pengecekan NRKB.

  • Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB)

Ini adalah nomor unik yang tertera pada plat nomor kendaraan Anda. NRKB merupakan informasi utama yang diperlukan untuk melakukan pengecekan.

Baca Juga : Ini Perbedaan Tune Up Mobil dan Servis Berkala

Dengan menyiapkan alat dan informasi penting ini, Anda dapat dengan mudah melakukan pengecekan NRKB kendaraan Anda.

Sekarang setelah Anda memiliki alat dan informasi yang diperlukan, mari kita bahas beberapa metode pengecekan NRKB yang umum digunakan:

Pengecekan NRKB Online

Metode ini menawarkan kemudahan dan efisiensi. Anda dapat melakukannya melalui situs web resmi yang disediakan oleh kepolisian daerah (Polda) tempat kendaraan Anda terdaftar. Setiap Polda mungkin memiliki situs web tersendiri, jadi langkah-langkah detailnya bisa sedikit berbeda. Namun, secara umum, prosesnya meliputi:

  • Mencari situs web resmi Polda terkait. 

Anda bisa melakukan pencarian di internet menggunakan kata kunci seperti "Polda [nama daerah] + pengecekan NRKB".

  • Mengakses halaman pengecekan NRKB

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya