Tips & Trik

Bukan Hanya Hiasan, Inilah Fungsi Spoiler Helm

PUBLISHED DATE : 09 Mei 2021

Fungsi Spoiler Helm

Helm akan semakin ringan lagi jika terdapat tambahan spoiler helm di bagian belakangnya.  Pada saat melaju dengan kendaraan roda dua ini tentu kepala dan leher akan cepat terasa lelah. Apalagi jika Anda harus mengendarai selama beberapa jam lamanya. 

Namun rasa lelah ini bisa dikurangi dengan menggunakan jenis helm yang memiliki tambahan spoiler. Nah, yang dimaksud dengan spoiler ini adalah sebuah tambahan pada helm berupa perangkat yang ditempelkan berbentuk kecil seperti sayap. 

Ada fungsi spoiler helm yang perlu dikenali oleh pengendara karena penambahannya bukan sekedar hiasan saja. Spoiler ini memiliki fungsi untuk meningkatkan aerodinamika pada saat Anda melaju dengan sepeda motor di kecepatan tinggi. 

Tambahan spoiler ini akan membuat gaya angkat lebih kecil dan berkurangnya turbulensi di belakang. Otomatis beban yang harus ditopang oleh leher berkurang dan helm jadi lebih nyaman untuk digunakan. 

Masih belum percaya? Anda bisa membandingkan dengan mencobanya langsung. Cobalah untuk menggunakan helm tanpa spoiler and melaju kencang dengan motor. Pada kecepatan 250 km/ jam maka helm akan terasa lebih berat karena adanya tekanan kuat dari arah depan.

Baca Juga : Dilarang Nyetir Mobil Pakai High Heels! Ini Alasannya

Hal ini tentu sangat mengganggu saat Anda berkendara karena tekanan angin membuat beban helm semakin berat. Berbeda jika Anda menggunakan tambahan spoiler helm. Walaupun berada di kecepatan 250 km/ jam helm tidak akan bergerak atau terasa berat. 

Jadi fungsi dari spoiler pada helm ini tidak bisa dianggap remeh. Sebagian besar pembalap biasanya menggunakan jenis helm yang sudah memiliki spoiler dari pabrikan. Walaupun sebenarnya juga ada jenis helm yang memiliki spoiler bongkar pasang.

spoiler_helm

Bagaimana Cara Kerja Spoiler Helm? 

Alasan apa yang membuat helm jadi lebih ringan dengan adanya tambahan spoiler? Hal ini bisa dilihat dari cara kerjanya. Spoiler tidak akan terasa bekerja jika Anda hanya berkendara di bawah kecepatan 250 km per jam. 

Karena pada kecepatan tersebut tekanan angin yang sangat kencang terasa sehingga membuat beban pada helm. Sedangkan dengan adanya spoiler ini, maka aliran udara yang melewati bagian depan dan atas helm akan dipecah. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya