Tips & Trik

Berguna Banget, Ini Manfaat dan Fungsi Sarung Tangan Motor

PUBLISHED DATE : 19 Desember 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/102495426_s.jpg

Selain helm, sepatu, dan jaket, sarung tangan merupakan aksesoris yang wajib digunakan bagi para pengendara motor.

Meskipun sering dilupakan, sarung tangan motor memiliki manfaat dan fungsi yang penting ketika berkendara terutama untuk keselamatan. 

Walaupun demikian, banyak pengendara motor yang mengabaikan sarung tangan sebagai perlengkapan berkendara.

Lalu, apa sebenarnya manfaat dan fungsi penggunaan sarung tangan ketika berkendara serta bagaimana cara memilih sarung tangan yang sesuai? Simak berikut ulasannya.

Manfaat Sarung Tangan Motor

Terdapat beberapa manfaat yang diperoleh dari penggunaan sarung tangan ketika berkendara. Berikut akan dibahas mengenai manfaat sarung tangan bagi pengendara motor. Simak ulasannya.

  • Perlindungan atau Proteksi

Sarung tangan dapat melindungi tangan Anda dari cuaca yang panas maupun dingin. Ketika tidak menggunakan sarung tangan, maka tangan Anda akan terpapar cuaca panas atau dingin secara langsung sehingga hal tersebut dapat mengalihkan konsentrasi ketika berkendara.

Selain itu, sarung tangan juga dapat melindungi pengendara dari benturan atau gesekan.

Gesekan yang terjadi antara stang motor dan kulit akan mengakibatkan lecet terutama saat berkeringat. Oleh sebab itu, penting untuk memakai sarung tangan guna mencegah kejadian tersebut.

Berkendara dengan menggunakan sarung tangan juga dapat melindungi tangan Anda dari gesekan yang lain sehingga perjalanan yang dilakukan tetap aman dan nyaman.

  • Cengkraman (Grip)

Tidak hanya bermanfaat sebagai perlindungan saja, namun manfaat sarung tangan motor lain yaitu sebagai pendukung cengkraman.

Beberapa sarung tangan yang sudah dilengkapi dengan karet akan membantu pengendara untuk lebih mudah dalam mencengkram stang.

Meskipun cuacanya sedang panas, basah, maupun lembab sarung tangan dapat membantu Anda untuk mencengkram dengan baik.

Semakin baik cengkraman ketika berkendara, maka tarikan motor akan lebih empuk sehingga semakin baik pula kontrol sepeda motor Anda.

  • Membuat Penampilan Sporty dan Lebih Kece

Sarung tangan juga bermanfaat sebagai penunjang penampilan saat berkendara. Biasanya, pengendara yang menggunakan sarung tangan akan menjadi perhatian dibandingkan dengan pengendara dengan tangan polos. 

Tidak hanya memberikan rasa nyaman, memakai sarung tangan juga akan membuat Anda terlihat sporty dan lebih kece. Bagi beberapa orang, berkendara dengan menggunakan sarung tangan akan menambah rasa percaya diri.

Fungsi Sarung Tangan Motor

41609052_s

Sarung tangan memiliki fungsi yang penting khususnya bagi pengendara motor. Lalu, apa saja fungsinya? Simak fungsi sarung tangan motor bagi para pengendara sebagai berikut.

  • Keselamatan

Fungsi utama dari penggunaan sarung tangan motor saat berkendara yaitu untuk keselamatan.

Adanya sarung tangan akan mengurangi benturan atau cedera yang serius bagian tangan ketika terjadi kecelakaan. Penggunaan sarung tangan dapat melindungi kulit dari luka dan cedera.

  • Menjaga Suhu

Fungsi sarung tangan lainnya yaitu untuk menjaga suhu tangan Anda. Sarung tangan akan memberikan kehangatan ketika cuaca sedang dingin yang disebabkan oleh hujan. 

Selain itu, sarung tangan juga dapat membantu untuk menghindari hipotermia ketika sedang melewati daerah dingin.

Begitupun dengan musim kemarau. Ketika terik matahari sedang menyengat, sarung tangan akan menjaga suhu tangan ketika berkendara agar tidak terlalu panas dan dapat melindungi kulit dari sinar matahari yang menyengat. Dengan begitu, Anda dapat melakukan perjalanan dengan nyaman.

Cara Memilih Sarung Tangan yang Cocok untuk Berkendara

Seperti memilih perlengkapan berkendara yang lain, cara memilih sarung tangan juga penting agar dapat berfungsi secara optimal.

Pentingnya penggunaan sarung tangan saat berkendara menyebabkan banyaknya model sarung tangan yang bermunculan di pasaran.

Lalu, bagaimana cara memilih sarung tangan yang cocok digunakan untuk berkendara? Berikut akan dibahas tentang cara memilih sarung tangan motor yang tepat.

  • Pilih Model Sarung Tangan yang Tepat

Cara pertama untuk memilih sarung tangan yang cocok dilihat dari segi modelnya. 

Hingga kini, terdapat dua jenis sarung tangan yang beredar di pasaran, yaitu model full dan half. Anjuran memilih model sarung tangan untuk berkendara sebaiknya memilih model sarung tangan yang full.

Kelebihan sarung tangan model full akan melindungi tangan Anda secara menyeluruh saat berkendara.

Sementara kelemahan dari model full yaitu membuat tangan menjadi lebih gerah dan cepat berkeringat jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sedangkan kelebihan dari sarung tangan model half adalah pengendara tidak mudah merasa gerah ketika menggunakannya.

Namun, sarung tangan model half tidak dapat melindungi tangan Anda secara menyeluruh karena fungsi yang kurang optimal.

  • Pilih Sarung Tangan Sesuai Ukuran

Agar lebih nyaman ketika berkendara, sebaiknya gunakan sarung tangan yang sesuai dengan ukuran tangan Anda.

Sarung tangan yang sesuai dengan ukuran akan mempermudah proses pemutaran pada grip gas sehingga Anda dapat melakukan perjalanan dengan lancar.

Namun, pas atau tidaknya ukuran pada sarung tangan itu tergantung dengan jenis bahan yang digunakan.

Sebelum membeli sarung tangan, sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu dan pastikan agar ujung jari tidak tertekan ketika tangan sedang mengepal.

  • Pilih Sarung Tangan yang Memiliki Fitur Perlindungan Ekstra

Hingga kini, sudah banyak beredar sarung tangan yang dilengkapi dengan fitur perlindungan ekstra baik berada pada bagian punggung tangan ataupun pada bagian telapak.

Anda dapat memanfaatkan perlindungan ekstra pada sarung tangan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Salah satu perlindungan ekstra yang dapat Anda manfaatkan yaitu adanya padding pada bagian telapak sarung tangan.

Adanya fitur tersebut dapat meningkatkan kenyamanan ketika berkendara dalam waktu yang lama serta dapat mencegah getaran yang berlebihan.

  • Pilih Bahan Kuat dan Tidak Licin

Bahan sarung tangan juga berpengaruh terhadap kenyamanan Anda saat berkendara. 

Pilihlah sarungan tangan yang terbuat dari bahan yang kuat dan tidak licin di tangan. Sebaiknya, hindari menggunakan sarung tangan setengah jari karena sudah tidak ada fungsi keselamatannya.

Hindari untuk memakai sarung tangan yang menawarkan tampilan menarik saja namun tidak mempertimbangkan fungsi utamanya yaitu keselamatan.

Banyak pengendara wanita yang lebih memilih sarung tangan dengan tampilan menarik dibanding dengan mengutamakan fungsinya.

Jika sarung tangan terbuat dari bahan yang licin maka akan menyulitkan pengendara untuk mengendalikan motor.

Dengan demikian, sarung tangan tersebut tidak berfungsi untuk melindungi malah akan menimbulkan dampak bagi pengendara.

  • Cek Kualitas Pembuatan

Pembuatan sarung tangan dengan kualitas yang kurang baik maka akan mengurangi efektifitas sarung tangan untuk melindungi pengendara.

Cara mengecek kualitas pembuatan sarung tangan dapat dilakukan dengan melihat material dan jahitan dalam sarung tangan tersebut.

  • Pilihlah Sarung Tangan yang Sesuai dengan Budget

Cara terakhir untuk memilih sarung tangan yang cocok untuk berkendara adalah menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Sekarang sudah banyak sarung tangan motor yang dijual dengan harga yang terjangkau dan juga memiliki kualitas yang bagus.

Itulah ulasan mengenai manfaat, fungsi hingga cara untuk memilih sarung tangan ketika sedang berkendara.

Memakai sarung tangan wajib untuk pengendara karena selain untuk meningkatkan kenyamanan juga dapat melindungi Anda selama berkendara. 

Berita Lainnya