Tips & Trik

Berbeda, Ini Pengertian Horse Power dan Torsi

PUBLISHED DATE : 08 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Xl7_(2).jpg

Bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia otomotif pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah horse power dan juga torsi. Saat hendak membeli kendaraan, Anda pasti akan mengecek daya atau tenaga yang dimilikinya. 

Hanya saja bagi orang awam istilah tersebut masih sangat asing, bahkan tak jarang yang mengartikan baik torsi dan horse power itu sama. Padahal keduanya memiliki arti yang berbeda walaupun saling berkaitan. 

Apabila muncul istilah ini saat sedang membaca spesifikasi dari mobil sebaiknya tak perlu bingung. Anda bisa mempelajari apa maksud istilah tersebut dan perbedaan keduanya berikut ini. 

Apa Itu Horse Power

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Kurang Pakem dan Cara Mengatasinya

Horse power adalah daya kuda jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia. Namun maksud dari istilah tersebut merujuk ke satuan tenaga kuda. Muncul pertama kali disebutkan oleh seorang insinyur asal Skotlandia sudah sejak lama. 

Awalnya insinyur tersebut menjelaskan mengenai kemampuan dari seekor kuda poni untuk mengangkat beban yang beratnya 550 pounds atau 249,4 kg dengan jarak 30,48 cm. Kuda poni tersebut bisa mencapai dalam waktu satu detik. Itulah kemampuan rata-rata yang dikemukakan. 

Dari berat tersebut kemudian akan dikalikan dengan 60 detik dan hasilnya adalah 33.000 kaki pounds per menit. Hal yang ditemukan ini telah menjadi landasan dari ukuran 1 Horse Power (HP). 

Baca Juga : Jarang Balancing Roda? Ini Risikonya

Dilihat dari temuan tersebut, maka dapat diambil kesimpulan bahwa tenaga kuda merupakan kemampuannya untuk mengangkut beban dalam jangka waktu tertentu. Lalu apa kaitannya dengan tenaga mobil? 

Dasar dari perhitungan tenaga kuda tersebut sama dengan mesin yang diciptakan oleh manusia. Jadi setiap mesin akan mengeluarkan tenaga dalam waktu tertentu dan hal ini menjadi tolak ukur untuk mengetahui seberapa hebat sebuah produk mobil. 

Perbedaan antara Horse Power dan Torsi

Setelah mengetahui pengertian dari HP atau Horse Power, saatnya untuk mengetahui apa perbedaannya dengan torsi. Seperti yang mungkin telah Anda ketahui bahwa torsi berhubungan dengan akselerasi dan kecepatan mobil. 

Baca Juga : Kaca Helm Lecet? Coba Lakukan Tips Ini!

Bukankah horse power dengan torsi itu sama? Di sinilah letak perbedaannya.    

1. Pengertian 

Torsi merupakan gaya yang dikeluarkan dan fungsinya untuk memutar benda supaya bergerak. Ketika mobil mengalami kecepatan yang berubah, hal itu disebabkan oleh torsi. 

Semakin besar gaya torsi yang dikeluarkan, maka laju kendaraan akan cepat. Jika torsi kecil makan laju mobil akan semakin rendah. Gaya yang dikeluarkan torsi ini akan menggerakkan kendaraan dari keadaan diam hingga melaju atau bergerak.

Sedangkan untuk HP sendiri artinya adalah tenaga yang dikeluarkan mesin agar bisa mencapai kecepatan tertinggi. 

2. Proses atau Cara Kerjanya

Perbedaan selanjutnya adalah dari cara kerjanya. Di antara keduanya manakah yang akan bekerja lebih dahulu? Torsi adalah bagian yang akan bekerja terlebih dahulu memberikan dorongan dibandingkan munculnya tenaga. 

Pada saat ruang bakar mesin terjadi pembakaran dan mobil masih dalam keadaan diam, gaya akan tetap dihasilkan oleh roda belakang hingga akhirnya bergerak. Baru setelah itu pengemudi harus membuat kendaraan melaju. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya