Tips & Trik

Begini Cara Pasang Ring Piston Yang Benar, Yuk Simak

PUBLISHED DATE : 11 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/65571739_s.jpg

Piston adalah komponen yang bergerak naik turun bolak balik sehingga mengubah energi panas menjadi penggerak. Salah satu komponen di dalamnya adalah ring piston yang juga disebut dengan ring rasher. 

Cara pasang ring piston ini sangat penting karena akan mempengaruhi gerak piston sehingga tenaga mekanik bisa dihasilkan dengan sempurna. Pembakaran pada sepeda motor pun bisa berjalan dengan baik. 

Seperti apa cara pasangnya yang benar dan susunan yang harus diperhatikan akan dikupas tuntas di sini. 

Baca Juga : Harus Tahu, Begini Cara Cek Oli Motor Kamu

Apa Itu Ring Piston dan Fungsinya 

Ring piston dan ring rasher ini merupakan komponen yang dipasang pada piston motor. Sesuai dengan namanya, bentuk dari ring rasher seperti cincin namun diameternya lebih besar dari piston. 

Selama proses pembakaran berlangsung, ring rasher ini berfungsi sebagai pembatas antara dinding silinder dengan piston. Teksturnya elastis dan bisa berubah bentuk mengembang atau menyusut sesuai dengan suhu. 

Baca Juga : Memahami Kapasitas Maksimal Sokbreker Sepeda Motor

Namun ring rasher ini akan bekerja dengan sangat baik untuk menutup celah. Apabila kenyamanan mengendarai motor berkurang, maka komponen ring rasher ini pun wajib dicek. 

Misalnya saja ketika motor mogok karena pembakaran tidak lancar bisa jadi ring rasher sudah getas atau keras. Bisa juga karena cara pasang ring piston salah. 

Cara Pasang Ring Piston dengan Benar 

Baca Juga : Panduan Mengendarai Motor Berpostur Jangkung

79581052_s

Kesalahan pemasangan ring piston bisa berakibat fatal bagi sepeda motor. Oleh karena itulah penting untuk memahami bagaimana cara pemasangannya yang benar. 

Pemasangan yang salah bisa berakibat motor ngebul dan keluar asap putih dari knalpot motor. Berikut ini beberapa langkah pemasangan ring piston yang benar jika Anda ingin menggantinya sendiri. 

  1. Membongkar Mesin Motor

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan membongkar mesin terlebih dahulu, karena komponen yang satu ini berada di dalam mesin. Pembongkaran juga akan memudahkan Anda untuk memasang ring piston dengan benar. 

Apabila mesin sudah dibongkar, lepaskan ring piston terlebih dahulu. Caranya adalah dengan satu per satu karena ada tiga jenis ring yang terpasang. Pertama adalah melepaskan ring kompresi satu di bagian atas. 

Kemudian lepaskan ring kompresi 2 yang ada di jalur piston yang fungsinya menciptakan kompresi serta membatasi suplai oli. Baru setelah itu lepaskan ring oli yang ada di bagian bawah sendiri. 

 

  • Membersihkan Tempat Ring Piston

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya