Tips & Trik

Ayo Mengenal Jangkar Kapal dan Apa Saja Jenisnya

PUBLISHED DATE : 14 Mei 2020

Jenis Jangkar Kapal

Yang terakhir ada Stevin. Jenis jangkar kapal stevin ini kebanyakan dipakai pada kebutuhan offshore, hal ini karena jenis jangkar kapal yang satu ini memiliki kemampuan yang baik untuk menahan beban tinggi. Jangkar kapal ini masih termasuk dalam keluarga jangkar type high holding power anchor yang memang sudah dibuat khusus untuk menahan beban tinggi.

Perlengkapan Jangkar Kapal Yang Harus Anda Ketahui

jangkar.webp

Perlu Anda ketahui jika jangkar kapal tidak bisa bekerja sendiri, tentu saja jangkar kapal harus memiliki perlengkapan-perlengkapan yang bisa membuatnya bisa bekerja dengan maksimal. Berikut dibawah ini adalah perlengkapan jangkar kapal yang harus Anda ketahui.

  1. Rantai jangkar

    Rantai jangkar adalah perlengkapan yang berguna untuk menghubungkan jangkar kapal dengan kapal supaya tidak terlepas jika jangkar diturunkan dari kapal.

  2. Hawse Pipe

    Hawse Pipe atau biasa disebut dengan tabung jangkar merupakan pipa logam kuat sebagai pengikat dari rantai jangkar. Diameter dari hawse pipe ini beragam tergantung dari diameter mata rantai yang dipakai di jangkar.

  3. Chain Pipe

    Baca Juga : Waktu Untuk Penggantian Oli Mesin Kapal dan Manfaatnya

    Berikutnya ada chain pipe atau tabung pada geladak kapal yang biasanya terbuat dari besi. Fungsi dari chain pipe ini adalah sebagai jalan rantai saat rantai kapal diturunkan atau diangkat.

  4. Chain Controller

    Jika chain pipe adalah berfungsi sebagai jalan rantai saat diturunkan atau dinaikan, sedangkan Chain Controller berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk mengontrol jangkar kapal apakah ingin dinaikan atau diturunkan.

  5. Chain Stopper

    Terakhir ada Chain Stopper yang berfungsi sebagai alat untuk menghentikan laju rantai jangkar saat diturunkan. Tidak mungkin juga kan jangkar kapal akan turun terus selagi rantai masih tersisa, karena pasti jangkar kapal akan berhenti saat sudah menancap di dasar laut atau perairan.

    Nah sekarang Anda sudah mengerti kan apa saja sih jenis jangkar kapal yang digunakan pada kapal-kapal saat melaut? Semoga bermanfaat.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya