Tips & Trik

Ayo Mengenal Bedanya Mobil SUV dengan Mobil MPV

PUBLISHED DATE : 26 Juni 2020

85316505 S

Dilihat dari bodi mobil, SUV memiliki bodi yang tangguh dan gahar, baik bagian luar maupun dalamnya. Hal ini dikarenakan SUV memang dirancang sebagai mobil sport yang cocok untuk segala medan. Baik di jalan halus maupun terjal dan curam.

Mobil ini memiliki grand clearance atau tinggi di atas 200 mm. Dengan ban besar dan tebal dan pelek minimal 15 inchi. Kontur ban juga dibuat dengan alur kotak-kotak, sehingga mobil yang dipakai tidak gampang tergelincir di medan  atau jalan yang licin.

Sedangkan mobil MPV, karena dirancang sebagai kendaraan keluarga, maka bodinya tidaklah setangguh dan segahar SUV. Sebaliknya, bodi SUV cenderung dirancang dengan desain yang cantik, imut, dan elegan, sehingga sangat pas dikendarai bersama keluarga.

Ketinggian dari mobil ini pun hanya sekitar 1, 5 meter. Jenis ban maupun pelek yang dipakai juga dalam ukuran standar.  Kontur ban juga tidak sekasar ban SUV, karena mobil ini tidak dirancang untuk medan sulit, melainkan untuk jalan halus di kota-kota.

  • Kapasitas Mesin

    Sebagai mobil sport, mobil SUV memiliki kapasitas mesin yang cukup besar, di atas 1500 cc. Hal ini dimaksudkan agar mobil bisa melewati berbagai medan seperti tanjakan, turunan, dan jalan yang terjal. Tentu dengan tenaga yang lebih kuat jika dibandingkan MPV.

    Dengan kapasitas sebesar itu, SUV bisa digunakan di pegunungan dengan performa yang masih sangat kuat.  Mobil ini juga dilengkapi dengan alat yang membuat mesin mobil menjadi senyap sewaktu dikendarai.

  • Kapasitas dalam Mobil

    Baca Juga : Langkah Yang Perlu Dilakukan Setelah Mobil Lakukan Perjalanan Jauh

    Sebagai mobil sport, SUV memiliki kapasitas interior yang cukup luas. Dengan bagasi yang cukup luas, mobil ini bisa menampung 6 hingga 8 penumpang dengan dua baris tempat duduk.

    Di samping itu, bagasi yang luas juga memungkinkan untuk Anda agar dapat membawa barang dalam jumlah lebih banyak. Tentu ini membuatnya cocok digunakan sebagai kendaraan berlibur.

    Sedangkan untuk MPV, mobil ini juga mempunyai kursi penumpang 6 sampai 8. Tetapi karena dirancang sebagai mobil keluarga, kapasitas dalam mobil tidaklah seluas SUV. Namun, bagasi juga cukup luas, sehingga bisa digunakan untuk membawa barang yang lebih banyak.

  • Fitur

    Selain yang sudah disebutkan di atas, perbedaan antara SUV dengan MPV terletak pada fitur yang dimiliki oleh masing-masing. Fitur sendiri merupakan fasilitas yang ada pada mobil untuk tujuan kemudahan dan kenyamanan bagi pengendara.

    Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua
  • Berita Lainnya