Tips & Trik

Apa Itu Wax Mobil? Ketahui Ini Fungsi dan Jenisnya

PUBLISHED DATE : 13 November 2021

4731936 S

Untuk aplikasi tuang ini Anda membutuhkan kain atau spons untuk meratakan. Kedua adalah dari segi bentuk, wax juga dibagi dua yaitu bentuk bubuk dan cair. 

Wax bentuk cair lebih banyak digunakan daripada bubuk karena cara aplikasi yang lebih mudah. Selain cara menggunakan dan bentuk, wax juga memiliki bahan penyusun yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya. 

  • Bahan Carnauba

Wax ada yang dibuat dari bahan carnauba yang paling mahal, karena cukup sulit dalam hal produksinya menjadi lilin. Dibuat dari bagian pohon palem Carnauba yang hidup di Brazil Utara. 

Proses pembuatannya butuh waktu lama, namun hasil yang diberikan adalah perlindungan terbaik dari air dan sinar UV karena sifatnya yang hypoallergenic. 

  • Bahan Polymer

Kebanyakan wax yang dijual dan dengan harga terjangkau terbuat dari bahan polymer. Polymer sendiri memiliki dua jenis yaitu full polymer dan polymer nano. 

Wax full polymer memberikan hasil yang menutup lebih sempurna dibandingkan polymer nano. Dengan begitu tingkat perlindungan yang diberikan pun bisa berbeda. 

 Jenis wax selanjutnya dibedakan dari segi kelas yang terbagi menjadi tiga yaitu :

  • Kelas Standar 

Baca Juga : Jangan Lakukan Ini pada Mobil Transmisi Matik!

Wax dengan kelas standar ini bahan dasarnya adalah silikon. 

  • Kelas Medium

Pada kelas medium ini bahan pembuatnya yang digunakan lebih baik dibandingkan silikon. 

  • Kelas High End

Merupakan wax dengan kualitas terbaik karena mengandung carnauba. 

Meskipun Anda tahu produk wax dan bisa dengan mudah membelinya serta mengenali cara aplikasinya, sebaiknya hindari untuk melakukan sendiri. Anda yang tidak berpengalaman sebaiknya tidak mengaplikasikan wax pada mobil sendiri. 

Kesalahan aplikasi akan memicu kerusakan pada bodi mobil yang akan membuat kerugian besar. Anda mungkin saja salah dalam menggunakan aplikator dan akhirnya kerusakan justru terjadi. 

Serahkan wax mobil pada ahlinya sehingga hasil yang diberikan pun lebih sempurna. 




Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya