Tips & Trik

Apa itu Radiator Flush? Ini Manfaat & Cara Menggunakannya

PUBLISHED DATE : 15 Oktober 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/66503555_s.jpg

Sistem pendingin mesin mobil modern kini mengandalkan radiator yang bekerja untuk menampung, mengalirkan cairan pendingin ke seluruh saluran. Pada sistem ini, coolant atau cairan pendingin berperan sangat besar sehingga pemilihannya tidak boleh sembarangan. 

Selain itu coolant ini perlu untuk diganti secara rutin demi menjaga kualitas dari radiator dan sistem pendingin mobil. Pertanyaannya, perlukah penggunaan radiator flush atau RF setiap kali Anda mengganti atau menguras air radiator? 

Sebagai pemilik kendaraan Anda perlu tahu kapan waktu menguras yang tepat dan seberapa penting menggunakan RF. 

Baca Juga : Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Gigi Transmisi Loncat

Mengenali Apa Itu Radiator Flush dan Manfaatnya 

Apabila dilihat dari bentuknya, RF merupakan fluida atau cairan yang fungsinya adalah menghilangkan kerak atau karat yang menempel pada sistem pendingin mobil. Dalam hal ini adalah seluruh saluran yang akan dilewati coolant termasuk water jacket. 

Secara umum penggunaan RF adalah dicampurkan ke dalam radiator yang masih memiliki cairan pendingin. RF yang sifatnya abrasif akan bekerja ke seluruh saluran sistem pendingin untuk mengangkat kotoran berupa kerak karat yang menempel pada permukaan logam. 

Baca Juga : Begini Cara Mengetahui Mobil yang Pernah Terendam Banjir

Manfaat dari radiator flush adalah sesuai fungsinya yaitu mengatasi masalah saluran sistem pendingin yang tersumbat sehingga tidak mampu bekerja normal. Karena ketika cairan radiator tersumbat dan tidak bisa mengalir, maka mesin mobil suhunya meningkat. 

Anda pun tidak dapat menghindari masalah overheat yang cukup berbahaya bagi seluruh komponen mesin. Penggunaan RF adalah pada saat pengurasan coolant. Bagi mobil yang sering dikendarai pengurasan coolant ini dilakukan paling tidak enam bulan sekali. 

Sedangkan mobil yang jarang dikendarai hanya perlu pengurasan setiap minimal 1 tahun sekali. Patokannya ada pada jarak tempuh, setidaknya jika mobil sudah mencapai 20.000 km Anda perlu melakukan pengurasan. 

Baca Juga : Musim Hujan Sudah Tiba, Perhatikan Hal Ini Saat Berkendara Mobil!

Hanya saja perlukah Anda menggunakan radiator flush setiap hendak menguras?

132665296_s

Kapan Waktu yang Tepat Menggunakan Radiator Flush?

Tujuan untuk menguras adalah mengganti kualitas cairan pendingin yang sudah tidak dapat menyerap panas mesin. Bahan kimia dalam coolant akan berkurang kualitasnya seiring penggunaan, oleh karena itulah Anda perlu mengurasnya. 

Setiap kali menguras atau mengganti coolant Anda tidak wajib menggunakan RF. Karena ada kondisi tertentu saja yang mengharuskan Anda menggunakannya. Berikut kapan waktu yang tepat untuk menggunakan RF saat mengganti coolant. 

  • Pernah Menggunakan Air Mineral pada Radiator 

Anda mungkin saja pernah menggunakan air mineral di kondisi terdesak ketika air radiator mulai berkurang. Padahal perjalanan Anda masih cukup panjang dan mesin sering mengalami overheat. 

Sekali Anda menggunakan air mineral, maka dapat dipastikan kotoran akan mulai mengendap dan muncul kerak. Meskipun Anda sebelumnya sudah pernah menggunakan coolant namun jika bercampur dengan kandungan mineral kerak akan muncul di sistem pendinginan. 

Apabila Anda pernah mengisinya dengan air mineral sebaiknya pada pengurasan di jadwal selanjutnya gunakan RF. Tujuannya adalah menghilangkan kotoran yang mungkin saja mengendap walaupun belum berbentuk karat. 

  • Proses Pendinginan Lambat karena Sumbatan
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya