Tips & Trik

Apa Itu Oli Palsu?

PUBLISHED DATE : 07 Juli 2019

106147010 S1

Ada beberapa ciri oli palsu yang bisa dikenali untuk tahu mana yang asli. Berikut ini cara mudah untuk membedakannya. 

    1. Dilihat dari tutup botol oli

Hal pertama yang bisa dicek adalah tutup botol oli. Anda harus mengecek bagaimana kondisi tutup botol karena botol bekas dan baru bisa terlihat. Setiap pabrikan oli mobil hanya menciptakan kemasan dengan tutup botol sekali pakai. 

Jadi jika muncul kerusakan seperti tutup sudah tidak kencang dan ada beberapa bagian yang penyok, maka besar kemungkinan itu adalah oli palsu. Selain itu untuk digunakan sekali saja, pabrikan juga menambahkan seal yang akan mengunci tutup botol oli. 

Coba amati, apakah seal yang terdapat pada tutup botol tersebut sudah hilang? Jika iya maka oli tersebut palsu. 

    2. Label yang tertera pada botol

Masih dengan mengamati kemasan, Anda juga bisa melihat bagian label pada botol. Label pada oli palsu biasanya akan tampak kusam karena menggunakan botol bekas. Hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki label baru. 

Baca Juga : Tanda-tanda dan Penyebabnya Kompresi Mesin Motor Bocor

Ada juga yang memanfaatkan label baru dengan menggunakan kertas stiker murah. Tentu saja hasil print label tersebut banyak perbedaan dengan yang asli. Anda bisa melihat dari warnanya dan kualitas kertas label. 

Pada label juga Anda bisa mengamati stiker hologram khusus yang selalu disematkan oleh pabrikan. Oli yang palsu tentu saja tidak memiliki stiker ini. 
 
    3. Bentuk Botol

Anda juga akan mendapati bentuk botol yang jelek pada oli palsu. Karena para penjual yang curang biasanya membersihkan botol oli lama kemudian mengisinya dengan yang palsu. Hal ini tentu sangat mudah dikenali karena pasti banyak bekas goresan atau penyok pada botol. 

Supaya Anda bisa lebih mudah membandingkan dari baru tidaknya botol, kenali seperti apa botol oli yang asli. Sehingga ketika melihat yang palsu Anda bisa langsung membedakannya dengan mudah. 

    4. Nomor produksi pada kemasan

Selanjutnya adalah nomor identifikasi pada kemasan botol. Semua oli selalu memiliki nomor produksi di kemasannya. Sama halnya dengan produk lainnya selalu mencantumkan nomor produksi. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya