Tips & Trik

Apa Itu Oli Palsu?

PUBLISHED DATE : 07 Juli 2019

106147010 S1

Jika dibiarkan maka akan muncul suara kasar dari pergerakan mesin mobil. Tak adanya sirkulasi yang baik ini akan mengakibatkan mesin menjadi overheat. Karena oli tidak memiliki ketahanan panas baik yang biasanya dikeluarkan oleh mesin. 

Ditambah lagi daya pelumasnya sangat buruk dan menjadi pemicu overheat pada mesin. Karena kemampuannya dalam menahan panas atas pergerakan mesin sangat buruk. 

    2. Mesin Mobil akan Cepat Rusak

Tak diragukan lagi bahwa oli palsu lebih cepat merusak mesin mobil. Adanya kandungan zat campuran dalam oli tidak mampu menjaga kinerja dari mesin secara keseluruhan. Karena selain sebagai pelumas, oli juga berfungsi untuk melindungi komponen mesin. 

Mesin akan mengalami keausan dengan cepat dan ketahanannya jadi semakin singkat. Anda pun harus bersiap jika sewaktu-waktu mobil harus turun mesin karena terlalu sering mengalami overheat. 

Apa saja komponen pada mobil yang cepat rusak? Salah satu yang akan rusak dalam jangka waktu lama adalah noken as dan kepala silinder tempat klep. Oli yang palsu akan membuat noken as tergerus dan hancur. 

Jika hal ini sampai terjadi biaya yang lebih banyak pun harus dikeluarkan. Padahal penyebabnya adalah karena membeli oli palsu dengan harga murah. 

Baca Juga : Cara Mudah Deteksi Aki Lemah Pada Motor Injeksi

Beberapa pemilik kendaraan mungkin tertarik membeli oli palsu karena harganya yang lebih murah. Di awal pemakaian oli ini tidak ada tanda-tanda kerusakan yang cukup signifikan. 

Hal ini karena kerusakan dibangun dalam kurun waktu yang lama. Mesin yang saling bergesekan inilah yang lama kelamaan akan menjadi rusak. Tidak masalah membeli oli asli yang harganya sedikit lebih mahal. 

Karena jika dibandingkan Anda harus keluar uang lebih banyak dibandingkan perbaikan mesin mobil setelah rusak perawatan tentu yang lebih diutamakan. Selain menggunakan oli asli Anda juga harus rutin servis mobil. 

Selain oli, ada beberapa kondisi mesin mobil yang perlu dicek dan diganti. Contohnya seperti filter oli. Pastikan juga Anda rutin melakukan tune up untuk membuat kinerja mobil kembali seperti baru. 

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya