Tips & Trik

Apa Itu Car Lift? Ketahui Ini Fungsi & Jenis Jenisnya

PUBLISHED DATE : 25 Januari 2022

21  Bengkel (1)

Car lift merupakan alat yang bisa Anda jumpai di cucian mobil maupun pada bengkel. Alat ini berfungsi untuk mengangkat mobil secara keseluruhan, berbeda dengan dongkrak yang hanya bisa mengangkat sebagian badan mobil. 

Peralatan ini sangat berguna untuk memperbaiki mobil dan bisa membantu membersihkan mobil dengan cepat. Berikut ini ulasan mengenai jenis dan cara menggunakannya.

Pengertian dan Fungsi Car Lift

Sesuai dengan namanya, peralatan ini dipakai untuk mengangkat mobil secara keseluruhan, sehingga mekanik bisa lebih leluasa mengakses bagian bawah kendaraan. 

Jika menggunakan dongkrak maka yang diangkat hanya sebagian, sehingga tidak leluasa untuk mengaksesnya.

Peralatan ini biasanya terdapat pada bengkel-bengkel besar, karena harganya yang cukup mahal. Keuntungan dari alat ini bisa memperbaiki komponen yang terdapat di bagian bawah mobil dengan mudah, karena mobil terangkat.

Jadi, mekanik bisa menemukan kerusakan lebih cepat, kemudian memperbaiki bagian tersebut. Menggunakan peralatan ini juga akan menghemat waktu.

Car lift ini tidak tersedia untuk semua mobil, hanya tersedia untuk kendaraan passanger seperti MPV, SUV, sedan, dan beberapa jenis lainnya.

Berat maksimal yang bisa diangkat oleh alat ini 2 ton, sedangkan untuk kendaraan dengan berat lebih masih belum tersedia.

Jenis-Jenis Car Lift

Jenis jenis car lift terbagi menjadi tiga bagian, yaitu tipe single post, two post, dan four post. Berikut ini penjelasan masing-masing jenisnya.

  • Single Post

Sesuai dengan namanya, tipe single post menggunakan satu kaki atau satu tiang, yang mempunyai empat lengan penyangga. 

Baca Juga : Hindari Kesalahan Pengguna Motor: Tips Berkendara Aman

Letaknya ada diujung car lift, serta bisa diatur untuk menyesuaikan arah lengan, panjang pendeknya.

Tujuannya supaya bisa lebih bisa menjadi tumpuan mobil dengan lebih sempurna. Keamanan mobil ketika terangkat juga lebih terjamin menggunakan peralatan ini. 

Tipe ini biasanya digunakan pada tempat cucian mobil, karena lebih leluasa jadi bisa menjangkau bagian-bagian mobil dengan lebih mudah. Hanya saja single post car lift tidak dipakai pada bengkel untuk memperbaiki mobil.

Penyebabnya, keseimbangan alat ini tidak baik, jadi mobil bisa terguncang ketika dilakukan perbaikan

Menggunakan alat ini juga harus menempatkannya dengan tepat di bagian bawah mobil, supaya mobil lebih seimbang ketika terangkat dan tidak akan terjatuh.

  • Two Post

Jenis ini mempunyai dua kaki penyangga yang bisa disesuaikan dengan bodi kendaraan yang diangkatnya.

Tipe ini bisa disesuaikan tinggi rendahnya, dan cocok digunakan untuk bengkel, karena keseimbangannya lebih terjamin dibandingkan dengan single post.

Keuntungan dari alat ini bisa disesuaikan ketinggiannya sehingga menjangkau dudukan mobil lebih mudah dilakukan.

Hanya saja hal tersebut bisa membuat mobil menjadi terguncang dan tidak seimbang. Saat memasang peralatan ini pastikan mobil tepat berada ditengah-tengah untuk menjamin keseimbangannya.

  • Four Post

Secara kerangka peralatan ini paling seimbang dibandingkan dengan jenis lainnya karena mempunyai empat kaki penyangga, jadi mobil tersebut benar-benar berada di atas car lift. Roda mobil akan menapak dengan baik keempatnya di atas lift.

Meskipun peralatan ini sangat aman untuk mobil, namun tidak disarankan untuk perbaikan mesin maupun sasis seperti ball joint, suspensi, rem dan perbaikan lainnya. Peralatan ini paling cocok untuk digunakan pada spooring.

  • Tipe Scissor

Jenis yang terakhir dari lift ini adalah tipe scissor atau gunting. Sistem kerja alat ini mirip dengan mekanisme gunting ketika digunakan untuk mengangkat mobil. Keunggulannya adalah bentuk alat yang portabel ketika tidak dipakai.

Alat ini tidak akan mengganggu mobilitas diatasnya karena dalam kondisi tidak digunakan akan masuk secara utuh pada lubang di lantai. Jadi bagian atas alat ini menjadi datar, dan mudah untuk digunakan.

Tingkat Keamanan Car Lift

21._Bengkel__2_

Hal yang biasanya menjadi pertimbangan menggunakan car lift adalah tingkat keamanan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaanya. Seperti misalnya, pintu kendaraan harus dalam posisi tertutup, dan jauh lebih baik jika digunakan dalam posisi terkunci.

Prosedur yang lain yang harus diperhatikan dalam penggunaan alat ini adalah tidak boleh ada penumpang di dalam mobil.

Lift juga harus mempunyai pengunci yang bekerja dengan baik, tujuannya supaya lift tidak turun secara tiba-tiba ketika ada kegagalan.

Pastikan menggunakan peralatan yang dilengkapi dengan pengaman, untuk memastikan tingkat keamanan lift.

Jika tidak memiliki sistem pengaman, sebaiknya tidak digunakan. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan demi keamanan lift, sebagai berikut.

  • Daya Angkat 

Hal pertama yang harus diperhatikan dari peralatan ini adalah daya angkatnya. Lift ini mempunyai nilai maksimal beban yang bisa diangkatnya, jadi pastikan mobil yang diangkat tidak melebihi kapasitas penggunaan.

  • Pemosisian Alat

Sebelum memasang lift, pastikan alat sudah benar-benar di tengah-tengah mobil untuk memastikan keseimbangan mobil ketika diangkat. Hal ini sangat penting terutama pada single post atau double post.

  • Clear Area

Ketika memasang peralatan ini, pasanglah di tempat yang lapang. Tidak hanya itu pastikan tidak ada barang-barang disekitar lift ketika mengangkat kendaraan.

  • Memastikan Alat Terpasang dengan Sempurna

Pada alat yang menggunakan lengan, pastikan mobil sudah tepat pada dudukannya sebelum diangkat. Tujuannya supaya komponen mobil tidak rusak ketika diangkat.

  • Memasang Pegangan Lift

Pasanglah pegangan lift terlebih dahulu sebelum mengangkat mobil, supaya alat tidak turun secara tiba-tiba ketika terjadi masalah. Komponen tersebut biasanya terdapat pada alat yang menggunakan penggerak hidrolik.

Baca Juga : Jangan Sembarangan, Ini Etika Membunyikan Klakson Motor!

Tips Menggunakan Car Lift Dengan Baik Dan Benar

Sebelum menggunakan peralatan ini, pastikan Anda telah mengetahui cara pemakaiannya dengan baik dan benar. Berikut adalah cara menggunakan car lift.

  • Memasang Mobil

Hal pertama yang harus diperhatikan dari penggunaan peralatan ini adalah posisi mobil.

Pastikan mobil berada dalam posisi stall atau berada pada posisi yang benar. Pada peralatan dua kaki atau satu kaki, pastikan mobil sudah berada di tengah-tengah.

  • Pasang Bantalan Lift

Langkah selanjutnya adalah pemasangan bantalan lift pada bagian sasis. Hal ini harus dilakukan untuk memastikan keamanan lift.

  • Naikkan Mobil

Setelah memastikan bantalan telah terpasang dengan sempurna, maka naikkan mobil. 

Caranya dengan menekan saklar up. Hal ini untuk memastikan jika bantalan telah terpasang dengan sempurna.

  • Angkat Bagian Mobil Hingga Tidak Menyentuh Lantai

Naikkan lagi mobil supaya roda mobil tidak menyentuh lantai. Tujuan dilakukannya hal ini untuk mengetahui keseimbangan lift, bisa dilakukan dengan menggoyang mobil. Jika lift sudah terpasang dengan baik, maka posisinya tetap kokoh.

  • Sesuaikan Ketinggian dan Kunci Lift

Setelah semuanya aman, lift bisa dinaikkan dan diturunkan sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah sesuai kunci lift atau lakukan safety lock. Pemeriksaan kendaraan kemudian bisa dilakukan.

  • Menurunkan Mobil

Cara menurunkan mobil, bisa dilakukan dengan melepaskan kuncian lift terlebih dahulu, caranya tekan tombol up.

Jika sudah terlepas, maka turunkan mobil hingga roda menyentuh lantai. Setelah itu bantalan akan terlepas dan jauhkan dari mobil.

Car lift adalah peralatan yang sangat membantu dalam dunia otomotif, terlebih lagi untuk mencari kerusakan komponen kendaraan.

Jika kendaraan Anda sedang bermasalah, bawalah ke bengkel terdekat yang terpercaya, seperti bengkel resmi Suzuki.

Berita Lainnya

SIS Jan Blog 10

10 Penyebab Utama Mesin Overheat

Mesin overheat atau mesin terlalu panas adalah masalah yang sering terjadi pada mobil. Ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat...

selengkapnya