Tips & Trik

Apa Itu Car Lift? Ketahui Ini Fungsi & Jenis Jenisnya

PUBLISHED DATE : 25 Januari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/21__Bengkel_(1).jpg

Car lift merupakan alat yang bisa Anda jumpai di cucian mobil maupun pada bengkel. Alat ini berfungsi untuk mengangkat mobil secara keseluruhan, berbeda dengan dongkrak yang hanya bisa mengangkat sebagian badan mobil. 

Peralatan ini sangat berguna untuk memperbaiki mobil dan bisa membantu membersihkan mobil dengan cepat. Berikut ini ulasan mengenai jenis dan cara menggunakannya.

Pengertian dan Fungsi Car Lift

Baca Juga : Posisi Berkendara Dengan Sepeda Motor Yang Ideal

Sesuai dengan namanya, peralatan ini dipakai untuk mengangkat mobil secara keseluruhan, sehingga mekanik bisa lebih leluasa mengakses bagian bawah kendaraan. 

Jika menggunakan dongkrak maka yang diangkat hanya sebagian, sehingga tidak leluasa untuk mengaksesnya.

Peralatan ini biasanya terdapat pada bengkel-bengkel besar, karena harganya yang cukup mahal. Keuntungan dari alat ini bisa memperbaiki komponen yang terdapat di bagian bawah mobil dengan mudah, karena mobil terangkat.

Baca Juga : Cara Mencuci Mobil Dengan Benar Untuk Mencegah Covid-19

Jadi, mekanik bisa menemukan kerusakan lebih cepat, kemudian memperbaiki bagian tersebut. Menggunakan peralatan ini juga akan menghemat waktu.

Car lift ini tidak tersedia untuk semua mobil, hanya tersedia untuk kendaraan passanger seperti MPV, SUV, sedan, dan beberapa jenis lainnya.

Berat maksimal yang bisa diangkat oleh alat ini 2 ton, sedangkan untuk kendaraan dengan berat lebih masih belum tersedia.

Baca Juga : Ini Cara Pencegahan Covid-19 Saat Berkendara, Biar Aman

Jenis-Jenis Car Lift

Jenis jenis car lift terbagi menjadi tiga bagian, yaitu tipe single post, two post, dan four post. Berikut ini penjelasan masing-masing jenisnya.

  • Single Post

Sesuai dengan namanya, tipe single post menggunakan satu kaki atau satu tiang, yang mempunyai empat lengan penyangga. 

Letaknya ada diujung car lift, serta bisa diatur untuk menyesuaikan arah lengan, panjang pendeknya.

Tujuannya supaya bisa lebih bisa menjadi tumpuan mobil dengan lebih sempurna. Keamanan mobil ketika terangkat juga lebih terjamin menggunakan peralatan ini. 

Tipe ini biasanya digunakan pada tempat cucian mobil, karena lebih leluasa jadi bisa menjangkau bagian-bagian mobil dengan lebih mudah. Hanya saja single post car lift tidak dipakai pada bengkel untuk memperbaiki mobil.

Penyebabnya, keseimbangan alat ini tidak baik, jadi mobil bisa terguncang ketika dilakukan perbaikan

Menggunakan alat ini juga harus menempatkannya dengan tepat di bagian bawah mobil, supaya mobil lebih seimbang ketika terangkat dan tidak akan terjatuh.

  • Two Post
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya