Berita

Apa itu WFH dan Tips Kerja di Rumah Efisien

PUBLISHED DATE : 14 Mei 2020

Apa Itu Wfh

 

Dengan semakin parahnya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat pemerintah semakin tegas dalam mengeluarkan perintah dan menindak masyarakat yang masih ngeyel tidak mau nurut aturan Pemerintah. Salah satu kebijakan pemerintah adalah menerapkan PSBB di beberapa daerah. PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar sudah diterapkan di beberapa daerah seperti Jakarta.

Jika sudah begitu tentu saja semua aktivitas akan terhambat mulai dari belajar, bekerja dan aktivitas lainnya menjadi tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Bagi kita yang bekerja tentu saja dialihkan dari yang biasanya datang ke kantor menjadi WFH. Lalu apa itu WFH? Apa pengertiannya?

Apa Itu WFH? Arti WFH Secara Lengkap

WFH adalah singkatan dari Work From Home. Dimana sesuai dengan artinya yang berarti pekerjaan dilakukan dari rumah. work from home banyak diartikan sebagai cara kerja karyawan atau pekerja yang bekerja di luar kantor, entah bekerja dari rumah, restoran atau cafe sesuai dengan keinginan dari karyawan atau pekerja tersebut.

WFH atau bekerja di rumah memang mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi. Hal ini tentu saja untuk mendukung keseimbangan dari karyawan untuk mengimbangi antara kehidupannya dan juga pekerjaan sebagai salah satu karyawan di suatu perusahaan.

Kelebihan Work From Home

Work From Home Fleksibel

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas jika WFH ini lebih memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi kepada karyawan dibandingkan harus bekerja datang ke kantor setiap hari. Dengan WFH, karyawan bisa menentukan jam kerja sesuai dengan keinginan mereka. Hal ini karena setiap orang memiliki jam produktif yang berbeda-beda, jam kerja bukan lagi terpaku dengan sistem dari jam 8 hingga jam 5 sore.

Menghemat Biaya Pengeluaran Karyawan

Bagi para karyawan tentu saja WFH membawa manfaat yaitu bisa menghemat pengeluaran harian mereka. Hitung saja untuk biaya transportasi dan juga biaya makan yang harus dikeluarkan biasanya ketika bekerja datang ke kantor sekarang sudah tidak perlu dikeluarkan lagi karena mereka bekerja lewat Rumah.

Bisa Lebih Dekat Dengan Keluarga

Berbeda dengan bekerja di kantor yang jauh dengan keluarga, dengan diterapkannya WFH atau work from home tentu saja bisa membuat kita menjadi lebih dekat dengan keluarga. Momen bersama keluarga bisa didapatkan seiring dengan berjalannya waktu. Waktu bersama keluarga bisa menjadi lebih banyak dengan adanya WFH.

Kekurangan Work From Home

tips_wfh.webp

Jam Kerja Tidak Teratur

Memang sistem jam kerja WFH ini lebih fleksibel, namun jika kita tidak bisa mengatur jam kerja tersebut tentu saja malah bisa mengganggu kita. Jika kita terlalu memfleksibelkan diri maka kita tidak akan mempunyai batasan dari jam kerja sama seperti jam kerja seharusnya di kantor. Dampaknya Anda bisa terlalu mementingkan pekerjaan dan mengerjakannya selama 24 jam tiada henti dan mengabaikan keluarga.

Terganggu Oleh Keluarga

Tidak bisa dipungkiri terkadang kedekatan kita dengan keluarga malah bisa menjadi suatu gangguan kita dalam bekerja. Hal ini tentu saja bisa terjadi jika kita menjalani WFH. Salah satu kekurangan dari WFH adalah bisa saja kita terganggu oleh keluarga kita sendiri sehingga tidak bisa produktif mengerjakan sesuatu.

Bekerja Kurang Termotivasi

Untuk sebagian orang melihat teman sekantor atau melihat cara orang lain bekerja di kantor menjadi suatu motivasi tersendiri. Lingkungan dan juga situasi yang kompetitif saat berada di kantor tentunya juga menjadi salah satu acuan untuk sebagian orang dalam bekerja. Hal inilah yang tidak didapatkan dari WFH. Cara bekerja dari rumah saja ini cenderung membuat kita menjadi tidak termotivasi lagi dan juga merasa kurang kompetitif.

Tips Work From Home Agar Lebih Produktif

pengertian_wfh.webp

  1. Desain Ruangan Senyaman Mungkin

    Desain ruangan di rumah Anda yang digunakan khusus untuk bekerja dengan senyaman mungkin. Dengan ini tentu saja bisa membuat kita menjadi lebih bersemangat dalam mengerjakan banyaknya pekerjaan dari kantor kita bekerja. 

    Pilih tempat atau ruangan rumah yang jauh dari keributan di rumah. Anda juga bisa menggunakan garasi rumah atau juga bisa menggunakan gudang rumah (namun tentunya harus dibersihkan dahulu) yang tenang untuk dijadikan tempat kita sebagai kantor pribadi waktu bekerja dari rumah. Jika kita sudah memiliki ruangan pribadi untuk bekerja memadai, tempatkan pula kursi dan juga meja kerja yang nyaman untuk membuat kita menjadi semakin nyaman.

  2. Buat Jam Kerja Sendiri

    Meskipun bekerja dari rumah kita juga harus bisa menentukan jam kerja kita sendiri. Bekerja dari rumah bukan berarti tidak memiliki jam kerja yang teratur ya, karena jika tidak memiliki jam kerja bisa-bisa pekerjaan kita menjadi keteteran.

    Kita juga harus bisa menjadwalkan sendiri jam kerja seperti bekerja di kantor. Mungkin ini akan terkesan sulit bagi Anda yang sudah mempunyai anak. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membayar seorang pengasuh  untuk mengasuh dan merawat anak kalian agar kita memiliki waktu untuk bekerja lebih optimal.

    Kemudian juga setelah itu pastikan semua pekerjaan yang Anda punya berjalan dengan normal serta lancar jika jam kerja yang ditetapkan kalian sudah selesai, atau sudah melewati jam kerja maka segera tinggalkan pekerjaan dan berkumpul bersama keluarga.

  3. Membuat Daftar Prioritas

    Cara membuat WFH menjadi lebih efektif berikutnya adalah dengan membuat daftar prioritas. Menghabiskan waktu bekerja Anda untuk hal-hal yang benar-benar penting. Anda bisa melakukannya dengan memperjelas apa sebenarnya yang ingin kalian capai dalam jangka panjang maupun pendek.

    Anda cobalah membuat suatu daftar tugas yang harus diprioritaskan berdasarkan tingkat urgensi terlebih dahulu, jadi dengan begitu Anda bisa mengerjakan dan memaksimalkan waktu dengan lebih optimal lagi.

  4. Tentukan Juga Jam Istirahat

    Meskipun bekerja dari rumah jangan lupakan juga jam istirahat Anda. Ambil waktu beberapa menit untuk istirahat kita. Gunakan waktu tersebut untuk beribadah ataupun juga bisa untuk makan siang dan bersantai sejenak.

    Beri waktu untuk tubuh mengisi energi baru kembali bekerja.Isi energi yang cukup supaya kalian bisa dan juga mampu mengerjakan semua pekerjaan dengan lancar. Sebagai manusia tentu saja kita semua perlu istirahat yang cukup agar pikiran kembali  fresh sehingga bisa fokus dan tajam.

  5. Manfaat Teknologi Sebagai Penunjang Produktivitas

    Manfaatkan teknologi yang ada disekitar Anda sebagai teman. Anda harus bisa mempersiapkan semua teknologi yang kemungkinan nanti bisa membantu kita agar produktif. Anda juga bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk melakukan diskusi atau rapat bersama teman jika memang pekerjaan yang Anda lakukan tersebut dilakukan bersama orang lain di kantor.

    Nah itulah apa itu WFH dan tips kerja di rumah agar bisa lebih efisien. Sekarang kalian jadi tahu tentang apa itu yang dimaksud dengan Work From Home dan bagaimana caranya biar bisa bekerja lebih efektif lagi.

Halaman Tampilkan Semua

Berita Lainnya