Berita

PERSIAPAN LIBUR SEKOLAH, INI REKOMENDASI DESTINASI WISATA KELUARGA TERSEMBUNYI YANG TERSEBAR DI SELURUH INDONESIA

PUBLISHED DATE : 08 Juni 2023

Persiapan Libur Sekolah Ini Rekomendasi Destinasi Wisata Keluarga Tersembunyi Yang Tersebar Di Seluruh Indonesia

Jakarta, 8 Juni 2023 – Pertengahan tahun kerap kali disangkutpautkan dengan persiapan libur sekolah. Menjelang liburan semester genap sekolah yang tinggal menghitung hari, keluarga biasanya sudah merencanakan berbagai kegiatan untuk mengisi waktu liburan sehingga waktu istirahat dan refreshing tidak sia-sia. Sebagai negara kepulauan di garis tropis, Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata yang memamerkan pemandangan dan kegiatan penuh keindahan alam. Menariknya, destinasi wisata tersebut masih dapat dijangkau menggunakan kendaraan pribadi sehingga seluruh anggota keluarga dapat mengisi waktu liburan sekolah tahun ini.

Untuk mengisi waktu liburan yang cukup panjang, ada beberapa rekomendasi destinasi wisata di seluruh Indonesia yang dapat dijadikan alternatif, seperti:

  1. Bukit Holbung, Danau Toba, Medan. Sumatera Utara

Terletak di tengah-tengah Provinsi Sumatera Utara, menawarkan pesona sejarah, keindahan alam dan budayanya lewat kekayaan kuliner, museum yang mengesankan, dan taman-taman yang menyejukkan, yang menjadikannya destinasi yang menarik bagi para wisatawan yang mencari pengalaman baru. Salah satunya adalah Bukit Holbung, yang terletak di daerah wisata lengkap Danau Toba, daerah seluas 1.130 km2 yang dikelilingi air terjun, bukit, desa wisata, hingga museum. Kawasan Bukit Holbung mulai banyak disebutkan dalam beberapa bulan terakhir, akses menuju Bukit Holbung yang berada di Desa Tele pun terbilang cukup mudah, ada dua rute yang dapat ditempuh, yaitu melalui rute Medan-Kabanjahe atau melalui rute Medan-Siantar dengan tujuan Desa Janji Martahan. Ketika berada di Bukit Holbung, seluruh anggota keluarga bisa melihat sisi lain dari Danau Toba dari ketinggian, melakukan trekking, menikmati udara segar dan pemandangan menakjubkan serta berswa foto bersama keluarga.

  1. Camping keluarga di Lampung

Dikenal dengan perbukitan hijau, pantai-pantai yang menakjubkan, perkebunan teh yang luas, dan budaya yang kaya, Lampung menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang tidak boleh dilewatkan. Ketika berkunjung ke Lampung, salah satu aktivitas wisata keluarga yang dapat dilakukan adalah berkemah. Salah satu lokasi berkemah yang dapat dituju adalah Puncak Bukit Cendara Pesawaran, dimana tenda kemah dapat dibangun bersebelahan dengan mobil yang diparkir, sehingga menciptakan pengalaman baru yang jarang dilakukan, sekaligus memperkenalkan kegiatan berkemah kepada anak-anak. Provinsi Lampung juga cukup mudah dan cepat diakses oleh wisatawan yang berasal dari Jabodetabek, berkat adanya jalan tol dan kapal penyebrangan yang cepat.

  1. Pantai Teluk Hijau, Banyuwangi

Banyuwangi menjadi salah satu destinasi wisata yang menyenangkan bagi para pecinta pantai, karena daerahnya yang dikelilingi banyak pantai yang cantik. Salah satunya adalah Pantai Teluk Hijau, pantai yang masih sepi dan asri yang berada di Taman Nasional (TN) Meru Betiri, Banyuwangi. Meski akses menjangkau pantai ini cukup menantang, namun pemandangan yang dijumpai pasti memuaskan. Pantai Teluk Hijau menawarkan fenomena alamnya, pantai yang bersih dan asri dengan pasir putih dan airnya yang hijau. Anda hanya perlu memilih kendaraan yang tepat untuk menuju pantai ini, salah satunya adalah dengan mengendarai SUV yang dirancang menembus medan sulit yang berbatu, terjal, dan berkelok.

  1. Air Terjun Sekumpul, Bali

Bali terkenal dengan pesona pantainya yang menawan. Namun, selain pantai, Bali juga menyimpan beberapa tempat wisata tersembunyi seperti air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Sekumpul, yang berada di desa Sekumpul, kecamatan Sawan, kabupaten Buleleng Bali. Dinamakan Sekumpul karena terdiri dari sekumpulan air terjun, dengan jumlah mencapai tujuh air terjun yang mempesona, dikelilingi hutan yang sunyi dan masih asri. Air Terjun Sekumpul ini berjarak kurang lebih 76 km dari kota Denpasar dan 20 km dari kota Singaraja. Dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam dari kota Denpasar.

  1. Gua Bangkang, Lombok

Lombok dikenal dengan pesona alam berupa pantainya yang bersih dan perbukitan yang menawarkan pemandangan luar biasa. Namun, selain dikelilingi pantai dan bukit-bukit, salah satu destinasi wisata tersembunyi adalah Gua Bangkang, yang terletak Desa Prabu, Lombok Tengah. Gua ini lokasinya cukup dekat dengan beberapa tempat wisata seperti pantai Kuta Mandalika dan juga Pantai Selong Belanak. Selain tempatnya yang memang eksotis, Gua Bangkang juga merupakan tempat tinggal ribuan kelelawar. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Gua ini adalah sebelum matahari terbenam agar dapat menyaksikan peristiwa menakjubkan, yakni ribuan kelelawar yang terbang meninggalkan sarang mereka. Namun, yang menarik adalah jika tempat kelelawar biasanya gelap, Gua Bangkang ini cenderung terang karena ada biasan cahaya dari beberapa titik terbuka di bagian atapnya. Wisatawan dapat menikmati keindahan Gua Bangkang ini hanya dengan berkendara selama 20 menit dari Bandara Internasional Lombok.

  1. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Kalimantan, pulau terbesar di Indonesia, menawarkan petualangan alam yang tak terlupakan. Selain Taman Nasional Tanjung Puting, Sungai Mahakam, dan Pantai Derawan, Kalimantan juga memiliki Danau Labuan Cermin sebagai destinasi wisata tersembunyi yang memamerkan air danaunya yang sangat jernih sehingga wisatawan dapat melihat langsung secara jelas isi di dalam danau. Dinamakan Labuan Cermin karena air danaunya memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal tersebut terjadi karena Danau Labuan Cermin memiliki rasa asin di permukaan, sementara air di dasar danau akan terasa tawar. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Tak jarang juga orang menyebut danau Labuan Cermin ini dengan panggilan ‘Danau Dua Rasa’.

  1. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja adalah ikon budaya dan pariwisata di Provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan salah satu daya tarik industri pariwisata Indonesia. Di Tana Toraja ini, Di wisatawan dapat melihat situs makam pahat di Lemo, makam goa purba di Londa, menhir di Rante Karassik, dan perkampungan Kete Kesu unik. Masyarakat Tana Toraja sangat menghormati leluhur dengan tetap menjaga eksistensi adat budayanya. Selain adat budaya, keluarga juga dapat mengunjungi objek wisata lain seperti Pallawa atau Tongkonan Pallawa, adalah salah satu tongkonan atau rumah adat yang sangat menarik. Ada juga Londa, adalah bebatuan curam di sisi makam khas Tana Toraja. Di tempat ini bisa melihat berbagai macam peti diatur sesuai dengan garis keluarga. Selain itu, ada Batu Tumonga, di tempat wisata ini disuguhkan dengan banyaknya bebatuan yang sangat menarik dan indah. Dan Anda bisa melihat keindahan Rantepau dan Lembah sekitarnya.

Untuk menuju destinasi wisata yang berada di pedalaman sekitar tempat tinggal, pengemudi biasanya akan menemukan berbagai tantangan dalam bentuk medan yang beragam, mulai dari jalanan macet ibu kota, berkelok, hingga tanah yang berbatu. Maka dari itu, para keluarga Indonesia disarankan untuk menggunakan mobil yang didesain dengan kemampuan melalui berbagai medan, seperti SUV. Karakteristik SUV yang memiliki ground clearance cukup tinggi, memudahkan pengemudi menghadapi kontur jalan variatif serta memberi kenyamanan untuk penumpang selama di perjalanan.

Salah satu SUV yang cocok digunakan bepergian jarak dekat maupun jarak jauh, dalam maupun luar kota adalah Suzuki XL7. Model ini dirancang dengan ketangguhan mesin, ground clearance tinggi, kapasitas ruang lega dan nyaman, serta fitur keselamatan yang disematkan untuk mendukung pengalaman berkendara yang nyaman dan aman.

"Suzuki XL7 dirancang untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia akan SUV yang kuat, dapat diandalkan di berbagai medan, namun tetap memastikan kenyamanan dan keamanan yang maksimal,” terang Dony Saputra, Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales. “Kami percaya bahwa kombinasi eksterior tangguh dengan interior nyaman dan luas milik Suzuki XL7 menjadi pilihan tepat keluarga Indonesia yang hendak mengisi libur sekolah di pertengahan tahun ini,” tutup Dony.

Berita Lainnya