Tips & Trik

Yuk Mengenal Komponen Aki Kering dan Basah

PUBLISHED DATE : 16 Agustus 2021

Cas Aki

Disebut juga dengan kutub baterai yang letaknya ada di atas wadah dan dihubungkan ke rangkaian beban arus seperti lampu, starter listrik dan lainnya. Komponen ini juga memiliki terminal positif serta negatif.

aki

Tips untuk Menjaga Aki Kering dan Basah agar Tetap Awet

Setelah mengetahui semua komponen aki kering dan basah, selanjutnya adalah bagaimana Anda merawat supaya aki menjadi lebih awet. Berikut ini perawatan yang perlu diperhatikan. 

  1. Jangan Lupa Mengisi Air Aki dan Mengecas

Bagi Anda yang menggunakan aki basah, selalu perhatikan kondisi air aki. Jangan sampai tunggu air aki habis, karena bisa mengakibatkan kerusakan. Selalu isi air aki tepat waktu. 

Jangan lupa juga untuk mengecas aki jika daya sudah mulai berkurang. Pengecasan bisa dilakukan pada saat servis rutin atau di rumah. Pastikan Anda tahu cara mengecas yang benar. 

     2. Membersihkan Kerak Putih pada Tutup Aki

Pada aki basah seringkali muncul kerak putih di sekitaran tutup aki karet. Bersihkan secara rutin dengan menyiramnya menggunakan air panas setelah melepas aki dari kendaraan. 

Baca Juga : Ternyata Ini Perbedaan Speedometer, Odometer dan Tachometer

Kerak putih ini harus dibersihkan karena bisa menciptakan korosi. Jangan lupa saat membersihkan, cek juga apakah ada bagian yang retak. 

    3. Menyalakan Kendaraan dengan Rutin

Supaya aki bisa terus menyimpan daya, maka Anda harus sering memanaskan kendaraan. Setidaknya selama 10 menit. Seminggu Anda bisa melakukannya dua hingga tiga kali. Sehingga daya bisa selalu disimpan dan aki dalam kondisi baik.

    4. Perhatikan Beban Penggunaan Listrik pada Kendaraan

Terakhir adalah selalu perhatikan penggunaan daya listrik pada kendaraan. Sesuaikan kebutuhan listrik dengan daya yang disimpan pada aki. Jangan terlalu berlebihan jika ingin menambahkan aksesoris kendaraan yang membutuhkan listrik. 

Daya listrik yang terlalu besar akan membuat aki lebih cepat tekor. Anda pun akan rugi karena aki tidak bisa bertahan lama. 

Awet tidaknya aki tergantung pada bagaimana cara Anda merawat kendaraan. Pastikan sebelum aki rusak, Anda melakukan servis rutin di bengkel resmi Suzuki terdekat




Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya