Tips & Trik

Tips Pintar Mencegah Kulit Jok Pecah-pecah

Jok sepeda motor umumnya dilapisi kulit supaya nyaman untuk diduduki. Kulit yang dipakai pun beragam jenisnya, tapi pada dasarnya terbagi 3, yaitu kulit sintetis, domba dan kulit sapi. Nah, dari tiga jenis itu kulit sintetis adalah yang paling sering dipakai namun kulit inilah yang paling rentan rusak. Kulit jenis ini umumnya hanya bisa bertahan kurang lebih 4 tahun, tergantung pemakaian.

Bagaimana cara merawat kulit sintetis?

Perawatan kulit sintetis sebetulnya tidak sulit. Anda cukup memakai lotion khusus kulit jok motor yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Anda hanya tinggal rutin mengoleskannya, setiap satu atau dua bulan sekali. Kenapa lotion dibutuhkan?

Lotion khusus jok motor ini diperlukan karena kulit sintetis mudah kering. Ketika ia sudah kering maka akan pecah-pecah. Pemakaian lotion dilakukan supaya kulit tetap lembab dan lentur sehingga tidak mudah retak atau pecah. Anda harus tahu bahwa kulit sintetis butuh kelembaban supaya polyurethan-nya di dalamnya tidak kering. Polyurethan adalah sejenis karet yang biasa dipakai untuk dibuat menjadi bahan kulit sintetis.

Kulit asli juga perlu dirawat!

Tidak beda dengan jok berbahan kulit sintetis, kulit asli, seperti dari kulit sapi dan domba, juga perlu dirawat dengan lotion. Pemberian pelembab ini disarankan supaya kondisinya tetap terjaga. Satu hal yang penting adalah jenis pelembab jangan yang sembarangan dan yang terbaik adalah mink oil. Mink oil adalah sejenis lemak, yang dibuat dari bahan hewani.

Itulah tips pintar mencegah kulit jok pecah-pecah. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk selalu rutin melakukan servis berkala pada sepeda motor Suzuki kesayangan Anda di bengkel motor resmi Suzuki. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Berita Lainnya