Tips & Trik

Ternyata Simpel, Begini Cara Melihat Pajak Motor di STNK

PUBLISHED DATE : 10 Mei 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Suzuki_(1)2.jpg

Hal berikutnya yang juga penting untuk dipahami adalah tarif progresifnya. Sepeda motor dikenakan tarif pajak progresif yang akan dikenakan sesuai berapa jumlah kendaraan sesuai atas nama tersebut.

Tarif progresif dari pajak motor ini dikenakan atas dasar aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh pemilik kendaraan. Pajak yang harus dibayarkan akan semakin tinggi jika jumlah kendaraan Anda kian bertambah, sehingga memahami cara perhitungannya merupakan hal penting. 

Besaran pajak yang dikenakan untuk sepeda motor pertama adalah sebesar 2,5%. Sementara untuk kendaraan kedua akan dikenakan pajak kendaraan bermotor dengan tarif 2,5%.

Tarif pajak sepeda motor akan bertambah sejumlah 0,5% apabila jumlah kepemilikan kendaraannya bertambah.

Apabila sepeda motor tersebut merupakan milik sebuah badan usaha, maka tarif pajak yang dikenakan adalah sebesar 2%. Sementara jika sepeda motor tersebut dimiliki oleh pemerintah, baik pusat atau daerah, akan dikenakan tarif pajak sebesar 0,5%.

Tarif pajak tersebut akan berbeda lagi jika kendaraan bermotor merupakan jenis alat berat. Jumlah tarif pajak yang akan dikenakan untuk kendaraan bermotor jenis alat berat adalah sebesar 0,25 persen. Alat berat ini mempunyai harga yang cukup tinggi, sehingga pajaknya juga relatif mahal.

Setiap tarif pajak sepeda motor baik milik pribadi, badan usaha, maupun pemerintah sudah diatur sesuai regulasi yang sudah disahkan. Tarif tersebut merupakan acuan dari jumlah pajak yang harus dibayarkan setiap tahunnya oleh setiap pemilik sepeda motor. 

Cara Melihat Pajak Motor Selain dari STNK

Cara melihat pajak motor ternyata tidak hanya melalui STNK saja, melainkan bisa menggunakan cara lain. Saat ini Anda bisa melakukan pengecekan terhadap pajak sepeda motor secara digital dengan menggunakan bantuan aplikasi atau website.

Mengecek tarif pajak sepeda motor tidak saat ini tidak perlu dilakukan dengan keluar rumah, melainkan bisa secara langsung melalui smartphone dalam waktu yang cukup singkat. 

Berikut adalah beberapa cara melihat pajak sepeda motor melalui smartphone selain melalui STNK.

  • Aplikasi Cek Ranmor Polda

Bagi Anda yang mempunyai smartphone Android, maka bisa langsung mencoba untuk menginstal aplikasi cek ranmor polda. Aplikasi ini bisa didownload secara mudah melalui Play Store dan bisa digunakan dengan gratis yang akan membantu menemukan informasi pajak sepeda motor.

  • Layanan Call Center

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengecek pajak sepeda motor adalah melalui call center. Anda bisa mencoba untuk menekan *36881# yang menyediakan layanan info mengenai tarif pajak kendaran bermotor yang Anda miliki. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan informasi rinci.

  • Via SMS

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk melakukan pengecekan tarif pajak sepeda motor melalui SMS, maka bisa mengirimnya ke 8893. Format SMS yang harus Anda ketik adalah info (spasi) ranmor (spasi) nomor kendaraan (tanpa spasi).

  • Website

Pengecekan informasi mengenai pajak sepeda motor juga bisa dilakukan melalui website. Anda hanya perlu mengakses laman https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Website tersebut merupakan laman khusus yang digunakan untuk melakukan pengecekan pajak sepeda motor untuk pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

  • Aplikasi Pajak Online

Alternatif terakhirnya adalah mengeceknya melalui aplikasi pajak online. Aplikasi pajak ini bisa diakses oleh segala perangkat smartphone, namun di seluruh wilayah tersedia. Anda bisa mengecek informasi mengenai pajak sepeda motor di aplikasi ini secara gratis.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya