Tips & Trik

Ternyata Ini Fungsi Lampu Hazard Si Segitiga Merah

PUBLISHED DATE : 08 April 2021

Fungsi Lampu Hazard

Adapun beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan adalah sebagai berikut ini:

    1. Menyalakan tidak dalam keadaan darurat

Fungsi utama dari lampu hazard adalah memberikan tanda darurat. Beberapa pengendara masih saja ada yang menyalakannya, padahal kondisi jalan atau mobil baik-baik saja. Kesalahan ini membuat persepsi pengemudi lain bahwa terdapat masalah di jalan. 

Lampu hazard jadi tidak memenuhi fungsinya jika Anda tetap menyalakannya padahal sudah tahu bahwa jalanan baik-baik saja. Anda justru menciptakan kebingungan bagi pengemudi di belakang. 

    2. Menyalakan saat cuaca berkabut

Sebuah kesalahan juga menyalakan lampu hazard padahal cuaca sedang berkabut. Lampu ini tidak akan memperjelas jalanan di depan atau memberikan tanda ke pengemudi lainnya. Hal ini justru akan membuat fungsi lampu sein hilang dan mengganggu pengemudi lain. 

Saat cuaca berkabut Anda tidak perlu menyalakan lampu hazard melainkan menyalakan lampu kabut yang warnanya kuning. Bisa juga menyalakan lampu utama. 

    3. Menyalakan saat cuaca hujan

Sama seperti menyalakan lampu hazard pada saat kondisi jalanan berkabut. Fungsi lampu sein akan menghilang karena berganti menjadi lampu hazard. Potensi kecelakaan jadi lebih besar karena tidak ada efek dan justru mengganggu pengemudi di belakang. 

Baca Juga : Special Service Tool: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Justru lampu utama akan membantu Anda dalam melintasi jalanan hujan dan menerangi jalan dengan baik. 

    4. Menyalakan saat melewati terowongan

Saat berada di terowongan Anda tidak perlu menyalakan lampu hazard karena akan membuat bingung pengendara di belakang. Lampu hazard akan menyebabkan pergerakan mobil yang sulit diketahui pengemudi lain. 

Hal ini juga berlaku ketika Anda melintasi terowongan yang gelap, sebaiknya tidak perlu menyalakan lampu hazard. 

 

Cara Menggunakan Lampu Hazard yang Benar

Lalu sesuai dengan fungsi lampu hazard bagaimana cara menyalakannya yang benar? Ada beberapa kondisi yang mewajibkan Anda menyalakan lampu ini. Beberapa kondisi yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut ini. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya