Tips & Trik

Perlukah Rutin Melakukan Pembilasan Oli Motor?

https://www.suzuki.co.id/uploads/news/Perlukah_Rutin_Melakukan_Pembilasan_Oli_Motor.jpg

Kalau Anda termasuk yang sering gonta-ganti merek pelumas yang berbeda saat ganti oli motor kesayangan Anda maka memang sebaiknya juga melakukan pembilasan oli mesin . Ini perlu dilakukan untuk mengurangi endapan aditif masing-masing merek oli pada bagian mesin.

Bukan Hal yang Mendesak

Tetapi ternyata pembilasan atau di sebut juga dengan flushing adalah hal yang tidak mendesak dilakukan di mesin motor, kecuali kalau pelumas sebelumnya menunjukkan adanya masalah, seperti saat di-drain (dikeluarkan dari mesin) terlihat tidak normal atau jauh berkurang volumenya, maka pembilasan menjadi hal yang sebaiknya segera dilakukan. Selain itu, pembilasan oli mesin juga sebaiknya segera dilakukan saat motor baru saja terendam banjir.

Baca Juga : Jangan Buru-Buru, Pelajari Apa Itu Press Velg Motor

Alasan tidak mendesaknya pembilasan oli mesin motor karena teknologi pelumas untuk mesin motor didasarkan pada beberapa bahan baku aditif dan base oil yang secara kimia relatif bersahabat satu sama lain, sehingga kemungkinan adanya ketidakcocokan juga relatif kecil.

Tidak Sama dengan Pelumas Mesin Industri

Tidak sama kasusnya dengan teknologi pelumas mesin-mesin industri, yang bahan bakunya cukup variatif, sehingga pembilasan adalah hal yang wajib diperlukan agar efek samping ketidakcocokan secara kimiawi bisa dihindari. Jadi, pembilasan di mesin motor sebenarnya lebih bertujuan untuk menghindari dampak negatif dari buruknya kondisi pelumas after used yang tersisa di mesin motor.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Flat Visor pada Helm

Lalu di mana sebaiknya kita melakukan pembilasan oli mesin?

Ke bengkel motor resmi Suzuki adalah jawabannya. Mekanik berpengalaman di bengkel resmi motor Suzuki akan dengan senang hati membantu Anda melakukan pembilasan oli mesin dengan teknik yang tepat. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa)

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya