Tips & Trik

Performa New XL7 Hybird: Kombinasi Kuat dan Efisien

PUBLISHED DATE : 25 Juli 2023

Suzuki Xl7 Hybrid

Baru-baru ini Suzuki kembali meluncurkan produk terbarunya yang mengusung teknologi hibrida. Banyak yang merasa penasaran dengan performa New XL7 Hybird, apakah sama dengan performa model non-hybrid keluaran sebelumnya atau justru tidak ada yang berbeda. 

Walau baru meluncur secara resmi di Indonesia sejak 15 Juni 2023 lalu, namun kehadirannya mampu menarik perhatian masyarakat, khususnya pecinta otomotif. Bagaimana performa dan keunggulan Suzuki New XL7 Hybird? Berikut informasinya.  

Mengulas Fitur Unggulan Penunjang Performa New XL7 Hybird dari Suzuki

Mobil keluaran dari perusahaan otomotif Jepang ini memang ditujukan bagi masyarakat perkotaan agar nyaman dan aman saat bepergian. Selain nyaman digunakan sehari-hari, New XL7 Hybird juga diklaim sebagai kendaraan modern yang bisa diandalkan saat berpetualang. 

Agar tidak semakin penasaran, berikut berbagai fitur unggulan yang menunjang performa Suzuki New XL7 Hybird. 

  • Fitur ISG

Fitur pertama yang bisa ditemukan pada mobil berteknologi hibrida terbaru dari Suzuki adalah Integrated Starter Generator (ISG). Fungsinya sebagai starter untuk sistem yang terdapat pada fitur start-stop

Selain itu, ISG juga membantu perputaran mesin dan generator sebagai engine assist. Sedangkan baterai yang ditanamkan di bawah jok depan pengemudi New XL7 Hybird berfungsi sebagai sumber energi pada saat akselerasi awal. 

Nantinya, baterai ini mampu mengisi daya secara otomatis ketika kendaraan ramah lingkungan ini berhenti atau melaju dengan kecepatan rendah. 

  • Engine Auto Stop

Fitur kedua yang menunjang performa New XL7 Hybird adalah Engine Auto Start-Stop yang sangat berguna saat kondisi lalu lintas macet. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, fitur Engine Auto Stop ini hadir melalui teknologi ISG dengan tujuan agar berkendara menjadi lebih efisien. 

Cara kerjanya bisa dirasakan pada saat pengemudi menginjak pedal rem dan berhenti sejenak, maka mesin mobil hybrid akan mati secara otomatis. Saat kondisi mesin mati, New XL7 Hybird tidak mengalami proses pembakaran. 

Baca Juga : Keunggulan Suzuki Gixxer SF 250

Walau mesin memberikan sedikit tekanan, namun hal tersebut tidak mengganggu kinerja fitur ini sama sekali. 

Sedangkan untuk menghidupkan Suzuki New XL7 Hybird kembali, Anda hanya perlu melepas pedal rem maka mesin pun akan kembali menyala secara langsung. 

  • Cruise Control

Fitur yang mendapat apresiasi tinggi pada Suzuki New XL7 Hybird adalah Cruise Control. Pasalnya, kehadiran fitur ini memberikan kemudahan bagi pengemudi saat berkendara. 

Fungsi fitur ini untuk mengatur kecepatan mesin agar tetap stabil sehingga pengemudi tidak perlu direpotkan dengan menginjak pedal gas. Kinerjanya bisa dirasakan ketika melaju di tol dan mengaktifkan fitur Cruise Control

Caranya mudah, Anda hanya perlu menekan tombol sebelah kanan yang terdapat di lingkar kemudi dengan logo speedometer pada saat mobil melaju lalu menurunkan tuasnya sekali. 

Dengan adanya fitur ini sukses menggiring kesan positif bahwa Suzuki New XL7 Hybird bukan mobil murahan walaupun harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitor lainnya. 

  • Auto Headlight On

Fitur berikutnya yang membuat performa New XL7 Hybird semakin mumpuni adalah hadirnya fitur AHO atau Auto Headlight On. Fitur ini akan aktif yang ditandai dengan bagian headlamp mobil menyala secara otomatis ketika berada di tempat yang gelap.

  • Guide Me Light

Fitur yang bernama ini Guide Me Light ini hadir mendampingi fitur AHO pada mobil Suzuki New XL7 Hybird. 

Fungsinya adalah untuk mengarahkan pengemudi pada saat kondisi sekitar minim cahaya, baik pada saat menuju maupun ketika akan meninggalkan mobil. 

Dengan kata lain, fitur ini akan memudahkan Anda ketika berada di area parkir yang minim cahaya.  

  • Acceleration Assist

Fitur berikutnya adalah Acceleration Assist yang berfungsi memudahkan pengemudi saat berkendara di tanjakan. Kinerja dari fitur ini sangat terasa pada saat perputaran mesin mencapai lebih dari 2.500 rpm dengan kecepatan antara 40-60 Km/jam. 

Saat Acceleration Assist diaktifkan di medan yang menanjak dengan disertai dengan tikungan tajam, performa tarikan mesin New XL7 Hybird terasa lebih ringan. 

Bahkan, berdasarkan hasil review beberapa pihak menyatakan bahwa tarikan mesinnya terasa lebih mantap untuk mobil sekelasnya. 

  • Hill Hold Control 

Fitur berikutnya yang membuat performa New XL7 Hybird dengan mesin berkapasitas 1.462 cc 4 silinder semakin mantap adalah Hill Hold Control. 

Seperti halnya Acceleration Assist, fitur ini juga sangat berperan saat berada di tanjakan yang cukup ekstrim. Saat diaktifkan, tarikan awal Hill Hold Control dari motor listrik dengan sistem ISG ini terasa halus. 

Selain itu, melepas rem saat berada di tanjakan pun tidak membuat New XL7 Hybird akan mundur atau gagal melaju di kecepatan rendah. 

  • Regenerative Braking

Merupakan fitur yang berfungsi untuk mengembalikan daya kinetik yang telah keluar selama proses pengereman berlangsung dan disimpan guna diaplikasikan kembali. 

Menariknya lagi, baterai dengan kapasitas 10 Ah 12 V yang melekat pada mobil hybrid ini menjadi lebih cepat terisi jika dibandingkan ketika melaju secara santai di area perkotaan dengan kondisi jalanan yang cenderung datar. 

Berdasarkan informasi dari pihak Suzuki, hal ini terjadi karena fitur Regenerative Braking bekerja secara maksimal

Dengan adanya fitur yang terdapat pada mobil ramah lingkungan keluaran terbaru dari Suzuki ini membuat rotasi motor yang tinggi akan mempercepat proses pengisian baterai. 

  • E-mirror Touchscreen

Fitur yang satu ini merupakan salah satu item pembeda dengan mobil sekelasnya. Suzuki New XL7 Hybird menambahkan fitur e-mirror touch screen di spion tengah dan sudah mengadopsi layar digital yang telah terintegrasi dengan dashcam

Terdapat tiga fungsi yang bisa dinikmati dari e-mirror touch screen, bisa menampilkan gambar area di depan mobil, belakang mobil, dan yang menjadi poin plus adalah bisa merekam perjalanan. 

  • Fitur Keren Lainnya

Baca Juga : Ini Cara Pencegahan Covid-19 Saat Berkendara, Biar Aman

Bisa dibilang, Suzuki berhasil merilis mobil ramah lingkungan dengan teknologi modern yang paling mumpuni. Ini dikarenakan performa New XL7 Hybird hadir dengan berbagai fitur yang sangat keren. 

Selain yang telah disebutkan sebelumnya, masih ada beberapa fitur keren lainnya. Seperti, Gear Shift Indicator yang berfungsi untuk memberikan informasi perihal waktu terbaik untuk memindah gigi (perseneling). 

Kemudian ada pula fitur Hill Hold Control yang hadir untuk varian AT Hybrid, berfungsi untuk meningkatkan kekuatan menanjak. 

Sedangkan di fitur keselamatan masih mengusung model lama. Seperti, dual airbag, electronic brake distribution (EBD), anti-lock braking system (ABS), dan juga electronic stability programme (ESP).  

Keunggulan Suzuki New XL7 Hybird

Hal yang paling dicari saat memutuskan membeli mobil dengan teknologi hibrida adalah efisiensi bahan bakar. 

Berkat teknologi SHVS serta baterai Lithium-ion yang kapasitasnya 10 Ah, lebih besar dibandingkan dengan Ertiga Hybrid, New XL7 Hybird mampu menawarkan tingkat efisiensi yang lebih tinggi. 

Dengan teknologi tersebut, konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien, khususnya saat berada di lalu lintas stop and go yang kerap terjadi di jalanan perkotaan. Bagian interiornya pun terbilang lengkap yang dipadukan dengan desain yang memukau sehingga terkesan mewah. 

Selain itu, ruang mobil juga terlihat lega dengan jok yang nyaman dan menyediakan space untuk kaki yang lega. 

Pada dasarnya, New XL7 Hybird menjadi alternatif kendaraan sangat mumpuni karena mampu menghadirkan berbagai fitur unggulan dengan teknologi modern. 

Tidak hanya nyaman digunakan di jalanan perkotaan yang sering macet, mobil jenis ini juga memberikan pengalaman berkendara yang ekonomis dan tetap prima saat digunakan di jalanan tanjakan. 

Masih penasaran dengan mobil ramah lingkungan keluaran Suzuki ini? Segera kunjungi dealer resmi Suzuki terdekat untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai performa New XL7 Hybird dan keunggulannya.  



Berita Lainnya

Air Radiator Motor

Tips Mengisi Air Radiator Motor

Pada dunia otomotif, menjaga performa mesin kendaraan menjadi kunci utama bagi pengalaman berkendara yang optimal. Salah satu aspek kritis yang memengaruhi hal tersebut adalah ting...

selengkapnya