Tips & Trik

Penyebab RPM(Revolutions Per Minute) Mobil Tidak Stabil

PUBLISHED DATE : 12 Agustus 2023

Dashboard Mobil Suzuki

Akibatnya, RPM tidak stabil dan mesin akan bekerja dengan kurang efisien. Karena itu, penting untuk memeriksa selang vacuum advancer secara berkala dan memastikan tidak ada retak atau kebocoran.

  • Selang Vakum Karburator Rusak

Selain vakum advancer, vakum karburator juga berperan penting. Tugasnya yaitu untuk mengatur aliran bahan bakar dan udara ke dalam mesin. Jika selang ini rusak atau bocor, aliran bahan bakar dan udara menjadi tidak stabil.

Akibatnya, campuran antara bahan bakar dengan udara menjadi tidak seimbang dan berdampak pada ketidakstabilan RPM. Karena itu, periksa selang vakum karburator secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan.

  • Baut Pengikat Intake Manifold Bocor

Intake manifold adalah komponen yang menghubungkan throttle body dengan silinder mesin dan bertanggung jawab untuk mengalirkan campuran udara dan bahan bakar ke dalam silinder.

Jika baut pengikat intake manifold kendur atau bocor, dapat menyebabkan kebocoran udara sehingga campuran pembakaran tidak seimbang. Hal ini akan membuat RPM tidak stabil dan performa mesin menurun.

  • Baterai Mesin Melemah

Baca Juga : Cara Membuat Lampu Rem Motor Lebih Awet

Baterai merupakan sumber daya listrik utama untuk menghidupkan mesin mobil. Biasanya, komponen baterai yang sudah tua akan sering mengalami masalah karena sudah melemah.

Jika baterai mesin melemah, maka sistem pengapian dan komponen elektronik lainnya tidak akan berfungsi dengan baik. Akibatnya, RPM mobil menjadi tidak stabil, dan mesin bisa jadi akan mati secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi RPM Mobil yang Tidak Stabil

dashboard mobil suzuki

Lalu, bagaimana cara mengatasi indikator RPM tidak stabil yang naik turun secara tidak wajar? Jika mengalami masalah tersebut, berikut ini rekomendasi solusi yang bisa Anda ikuti.

  • Periksa dan Bersihkan Komponen yang Kotor

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Aki Motor2

Tips Perawatan Aki Motor

Mengingat fungsinya yang sangat vital, perawatan aki motor menjadi salah satu hal yang harus dilakukan secara rutin.  Pasalnya, komponen inilah yang berguna untuk menyal...

selengkapnya