Tips & Trik

Penting, Ini Manfaat Asuransi Mobil untuk Pengendara

PUBLISHED DATE : 12 Juli 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/85943645_s.jpg

Jaminan yang diberikan ini sangat lengkap, mulai dari kerusakan ringan sampai berat dan kehilangan kendaraan. Preminya pun paling tinggi di antara semua jenis asuransi. Hanya saja manfaat asuransi mobil yang akan didapatkan sangat lengkap. 

Premi yang tinggi inilah sering menjadi bahan pertimbangan para pemilik mobil baru untuk memilihnya atau tidak. 

    2. Asuransi Total Loss Only

Disebut juga dengan asuransi TLO yang jaminannya diberikan pada mobil secara keseluruhan. Hanya saja asuransi ini diperuntukkan ketika terjadi kehilangan total. Yang dimaksud adalah kerusakan mobil mencapai 75%. 

Selain itu jugamobil yang dicuri atau tidak bisa diperbaiki sama sekali setelah mengalami kecelakaan. Manfaat yang didapatkan dari asuransi ini hampir mirip dengan asuransi All Risk hanya saja biaya yang ditawarkan lebih terjangkau. 

Untuk bisa klaim asuransi ini ada begitu banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan sesuai. Sehingga diperlukan syarat supaya dana asuransi bisa cair semuanya. 

    3. Asuransi Collision Coverage

Ada juga manfaat asuransi mobil ketika terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi. Ketika terjadi kerusakan pada mobil, maka biaya asuransi akan menutupnya semua. 

Ganti rugi yang diberikan juga senilai dengan harga mobil yang Anda daftarkan asuransi. Soal klaim juga bisa dilakukan dengan lebih mudah. 

    4. Liability Insurance

Asuransi ini juga mengcover kerusakan yang terjadi pada keseluruhan mobil. Hanya saja ada layanan tambahan yaitu kepada pengemudi. Ketika pengemudi mengalami kecelakaan dan mengalami cedera, maka juga akan dicover dengan asuransi ini. 

Adanya jaminan tambahan inilah yang membuat banyak orang untuk memilih jenis asuransi ini. Mengingat bukan hanya kendaraan yang mendapatkan pelayanan, tetapi juga pengendara. 

    5. Personal Injury Protection

Jenis yang terakhir ini disebut juga dengan PIP yang perlindungannya diberikan kepada pengemudi yang mengalami kecelakaan. Jadi apabila mengalami kecelakaan pada mobil sendiri, maka asuransi ini akan sangat membantu untuk mengatasi masalah biayanya. 

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Mobil? 

Dilihat dari semua manfaat asuransi mobil, apakah Anda mulai tertarik dan ingin mengikutinya? Jika iya, kenali dulu bagaimana prosedur dari klaim asuransi mobil. Karena prosedur ini juga jadi aspek ketika memilih asuransi. 

Berikut ini langkah klaim asuransi mobil yang harus Anda ikuti nantinya. 

    1. Foto Kondisi Kendaraan

Karena sekarang semua serba online, maka Anda tinggal mengisi formulir klaim yang bisa Anda dapatkan dari website asuransi yang diikuti. Kemudian sertakan foto kerusakan yang terjadi pada mobil. Pastikan foto jelas supaya berkas bisa segera diproses. 

    2. Menyerahkan Berkas

Selanjutnya adalah Anda harus mempersiapkan dokumen pengajuan yang dibutuhkan. Baca sekali lagi syarat pengajuan apa saja yang dibutuhkan dan Anda bisa mengumpulkannya. Biasanya adalah fotokopi SIM, STNK, KTP dan surat kepolisian. 

    3. Mendatangi Bengkel Rekanan

Setiap asuransi memiliki bengkel rekanan yang fungsinya adalah mengecek kondisi fisik mobil dengan benar. Bahkan ada juga bengkel rekanan yang memudahkan mobil Anda untuk langsung diperbaiki. 

    4. Mengisi Formulir 

Anda harus menyampaikan penggunaan dana asuransi dengan mengisi formulir. Nantinya kendaraan Anda akan direview dan disesuaikan dengan akun Anda mengikuti program asuransi. Isilah datanya dengan benar agar tidak ada kesalahan. 

    5. Menunggu Kabar dari Bengkel

Terakhir adalah menunggu dari pihak bengkel apakah mobil sudah diperbaiki atau justru terdapat kerusakan yang lebih parah lagi. Jika ternyata tidak ada masalah, maka mobil kesayangan Anda bisa langsung segera digunakan. 

Bagi Anda yang sudah paham betul dengan manfaat asuransi mobil dan ingin mendaftar, pilihlah Suzuki Insurance. Produk asuransi dari Suzuki ini akan memberikan keamanan kepada pemilik kendaraan Suzuki. Jaminan perlindungan asuransi yang disediakan sangat lengkap serta menyeluruh, sehingga akan membuat Anda jadi lebih aman dan nyaman berkendara. Untuk mendapatkan Suzuki Insurance,Anda bisa langsung membeli kendaraan secara tunai.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya