Tips & Trik

Motor Matic Kena Banjir? Segera ke Bengkel!

PUBLISHED DATE : 17 Januari 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Motor_Matic_Kena_Banjir_Segera_ke_Bengkel_png.jpg

Musim hujan sudah tiba, tidak jarang bagi daerah kota-kota besar, Jakarta misalnya malah terjadi bajir di berbagai titik. Terjadinya banjir pun sangat menyusahkan bagi tiap pengendara, terutama motor. Bahkan tidak jarang, meski banjir melanda para pengendara nekat menerobos.

Padahal menerobos banjir, kurang tepat karena banyak kemungkinan resiko yang terjadi. Selain mebahayakan keselamatan diri sendiri, yang ada perfoma mesin kendaraan yang beresiko mogok, mati bahkan rusak. Terlebih jika Anda menerobos banjir dengan mengendarai motor matic. Segera bawa ke bengkel!

Penting! Segera Bawa Ke Bengkel Jika Nekat Terobos Banjir!

Baca Juga : Cara Aman Naik Motor di Jalan yang Licin

Tahukah Anda, sebagai pengguna kendaraan motor matic ada resiko yang kerap terjadi jika nekat menerobos banjir yaitu water hammer. Water hammer ini merupakan kondisi dimana ada air berlebih yang masuk ke ruang pembakaran. Resiko ini sangat fatal pada mesin, karena bisa menyebabkan bengkoknya piston dan pecahnya seher.

Apabila hal ini terjadi, otomatis biaya perbaikan akan berkali-kali lipat. Maka dari itu apapun jenis motor maticnya baik itu merek terkenal maupun tidak, mahal atau murah, baik lokal maupun impor segera saja bawa ke bengkel dan periksa segera jika sudah menerobos banjir.

Hal yang Perlu Diperiksa di Bengkel

Baca Juga : Lampu Kolong Motor : Pengertian, Fungsi dan Cara Pasangnya

Nah berikut ini beberapa komponen pada motor matic Anda yang wajib diperiksa di bengkel saat sesudah merobos banjir. Berikut juga berguna untuk mengetahui dan meminimalisir banyak kerusakan. Simak ulasannya sebagai berikut:

1. Filter udara

Filter udara tugasnya adalah menyaring kotoran yang terbawa udara. Nah saat musim hujan filter udara akan bekerja lebih keras, dan bisa rusak jika terendam air banjir.

Baca Juga : Mari Mengenal Fungsi Gas Spontan Lebih Dalam

2. Knalpot

Apabila kemasukan air, motormu beresiko mogok karena air di dalam knalpot menghambat arus gas buang siasa pembakaran di mesin.

3. CVT atau continously variable transmission

Air yang masuk akan mengganggu kinerja drive pulley dan driven pulley, sehingga tidak mau mentransfer tenaga mesin ke roda.

4. Oli mesin

Oli yang bercampur air otomatis akan merusak jeroan mesin motor kesayangan Anda, maka segera ganti.

Itulah beberapa hal yang perlu dan harus dibawa ke bengkel jika Anda nekat terobos banjir dengan motor matic kesayangan Anda. Demikianlah ulasan kali ini semoga bermanfaat.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya