Tips & Trik

Mengenal Jenis Wiper Mobil Dan Cara Merawatnya

PUBLISHED DATE : 23 Juni 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/34096460_s1.jpg

Pada jenis wiper full frame, kaca Anda bisa terkena risiko lecet akibat bingkai yang terbuat dari besi. Namun, pada wiper jenis frameless ini Anda bisa lebih tenang sebab risiko lecet akan hilang dari pikiran Anda saat menggunakannya. Ini merupakan salah satu kelebihan penting jenis wiper tersebut.

Kekurangannya adalah, saat karet wiper jenis frameless menipis Anda tidak dapat menggantinya secara langsung. Hal ini karena karet wipernya tidak bisa diganti sebagian Dengan ini, Anda butuh budget lebih untuk membeli seluruh komponen wiper agar bisa tetap berfungsi dengan baik saat digunakan.

  • Wiper Hibrida

    Wiper kaca mobil ini memiliki keunikan tersendiri sebab merupakan suatu produk yang memadukan wiper konvensional dan wiper flat-blade. Jika melihat tampilannya sekilas, wiper ini mirip wiper konvensional sebab menggunakan frame besi.

    Komponen yang dimiliki berupa bracket dan holder plastik, sehingga saat menggunakannya Anda akan mendapatkan hasil dari pembersihan kaca yang optimal. Selain itu, sepanjang rangkanya dibungkus dengan plastik dan karet knockdown sebagai spoiler udara agar aerodinamis.

    Kelebihan dari jenis wiper mobil ini diantaranya lebih kuat, lebih ringan, aerodinamis, dan mampu menghasilkan sapuan kotoran dan air lebih sempurna. Pendapat dari beberapa orang mengatakan wiper ini mempunyai tekanan kaca lebih kuat dari jenis yang lain sehingga banyak yang mencarinya.

    Seluruh kotoran yang menghalangi kaca mobil depan akan mudah dihilangkan dan Anda bisa mengendarai mobil dengan lancar. Anda tidak perlu takut pandangan akan terhalang oleh kotoran yang menempel maupun air yang menghalangi pandangan melalui kaca depan.

  • Cara Merawat Wiper Pada Mobil

    95199712_s

    Saat curah hujan tinggi, berkendara dengan kondisi demikian tentu sangat membahayakan sebab jarak pandang yang terbatas akibat derasnya hujan. Agar tetap aman saat berkendara Anda harus merawat wiper dengan baik supaya dapat berfungsi secara maksimal, dan Berikut caranya.

    1. Berhati-Hati Saat Mencuci Wiper

      Cara mencuci wiper kaca yang benar adalah jangan bilas karet wiper dengan sabun cuci mobil. Cukup siram dengan air bersih dan jangan lap permukaan karetnya.

    2. Menjaga Elastisitas karet wiper

      Bagian karet merupakan bagian yang berfungsi untuk menghalau air hujan menutupi kaca mobil. Oleh sebab itu, Anda harus menjaga elastisitasnya dengan tidak terlalu sering memarkirkan mobil ditempat panas sebab hal itu akan berdampak pada karet.

    3. Isi ulang cairan pada wiper secara rutin

      Anda perlu mengisi cairan pada wiper secara rutin saat hampir habis agar tetap bisa digunakan dengan baik. Dalam hal ini perlu diketahui bahwa pada wiper modern yang banyak digunakan saat ini dilengkapi dengan cairan pembersih yang membuat kinerja wiper semakin maksimal.
    4. Jaga kebersihan

      Wiper kaca yang kurang bersih dengan adanya beberapa partikel halus yang tersangkut di karetnya akan mengakibatkan timbulnya noda pada kaca. Namun jangan khawatir cara mengatasinya adalah dengan membasahi kanebo atau lap bersih dengan menggunakan tambahan sedikit alkohol dan gosok ke bagian karet wiper untuk membersihkannya.
    Halaman 1 2 Tampilkan Semua

    Berita Lainnya