Tips & Trik

Mari Mengenal Apa Itu Gir Motor dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 21 Oktober 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/121332611_s.jpg

Gir motor adalah salah satu komponen penting pada motor. Fungsi utamanya adalah untuk membantu menggerakkan bagian roda belakang. Selain itu, gir juga akan menghubungkan mesin motor dengan roda agar kendaraan melaju dengan cepat.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis gir pada sepeda motor yang dapat dilihat dari ukurannya. Anda wajib mengenali fungsi, jenis, dan cara perawatan salah satu bagian penting motor ini. Berikut ulasan fungsi gir beserta hal terkait untuk Anda. 

Daftar Fungsi Gir Motor

  • Sebagai Penggerak Roda

Baca Juga : Tanda-tanda dan Penyebabnya Kompresi Mesin Motor Bocor

Fungsi utama gir pada motor memang sebagai penggerak roda, sama halnya pada sepeda. Pabrikan sudah merancang motor dengan sistem penggerak roda belakang yang membutuhkan media untuk menghubungkannya dengan roda depan. 

Cara kerjanya yaitu dengan menggerakkan roda belakang motor yang tersambung pada gir. Kemudian tenaga yang dihasilkan akibat perputaran tersebut akan menjalankan kendaraan Anda dengan laju lebih cepat. 

  • Penyeimbang Roda Belakang

Penggerak roda belakang pada motor yang dilakukan oleh gir tersebut tidak lain untuk menyeimbangkan semua roda kendaraan saat mesin dihidupkan. Dengan begitu, saat motor berjalan akselerasinya akan seimbang dan berjalan dengan baik. 

Baca Juga : Ternyata, Ini Fungsi Release Fork dalam Sistem Kopling

Jika motor dalam posisi diam atau mati, bagian roda belakang berada dalam keadaan yang tidak lurus. Hal itu bisa dibuktikan jika Anda mendorong motor tanpa menghidupkan mesin, lajunya akan tersendat-sendat karena posisi semua roda tidak seimbang. 

  • Menyalurkan dan Mengatur Pasokan Tenaga

Gear set merupakan komponen yang bisa menghasilkan pasokan tenaga untuk kendaraan berakselerasi. Gear set mempunyai mata gir, yaitu gear depan (engine sprocket) dan gear belakang (rear sprocket). Bagian tersebut akan menghasilkan panjang pendeknya tenaga untuk jarak perpindahan. 

Pabrikan sudah menghitung standar perbandingan kedua jenis mata gir tersebut. Caranya dengan membagi jumlah mata gir belakang dengan gir depan. Hasilnya akan menunjukkan gir standar untuk motor Anda, karena setiap motor umumnya memiliki gear set yang berbeda. 

  • Menyalurkan Engine Break

Baca Juga : Nekat Motor Tidak Pakai Aki? Risiko Ini yang Harus Dihadapi

Fungsi yang terakhir adalah untuk menyalurkan engine break. Gir motor akan melakukan tugasnya dalam menghasilkan tenaga seimbang untuk melewati medan-medan berat seperti perbukitan dan kontur turunan yang tajam. 

Dengan adanya gir motor, Anda bisa mengatur perpindahan gigi untuk mengerem sesuai kebutuhan. Pasalnya, menggunakan rem saja terkadang tidak cukup untuk memindah posisi gir untuk menahan laju motor. 

126630780_s

Jenis Gir Motor

Jenis gir pada motor ada 2, yaitu gir depan dan gir belakang. Setiap gir memiliki mata gir dengan jumlah tertentu. Mata gir tersebut dapat mempengaruhi performa motor. Semakin banyak mata gir, maka akan semakin terasa enteng motor tersebut saat dilajukan.

Umumnya, gir depan memiliki mata gir 10 sampai 18. Sedangkan gir belakang memiliki mata rantai antara 30 sampai 50. Pabrikan sudah merancang jumlah tersebut sesuai standar kebutuhan kendaraan dan tinggi rendahnya performa motor itu sendiri. 

Yang menjadi acuan dalam perbedaan kedua jenis gir pada motor ini yaitu perbedaan ukurannya. Gir depan umumnya berukuran lebih kecil daripada gir belakang. Namun, Anda bisa menyetting atau merubahnya jika dibutuhkan. 

Harga Gir Motor

Harga gir motor bervariasi tergantung ukuran dan kualitasnya. Anda juga bisa membelinya di beberapa bengkel di sekitar tempat tinggal. Selisih harga yang diberikan mungkin tidak terlalu jauh, masih sesuai range harga di pasaran.

Untuk patokannya, biasanya sepaket gear set dijual dengan harga mulai dari Rp 80.000, Rp 100.000, hingga Rp 500.000. Perbedaan harga tersebut dilihat dari jenis gear set dan pemakaiannya untuk jenis motor apa. Jika ingin membeli gear set tidak sepaket juga bisa, tentu dengan harga yang lebih murah.

Tanda Kerusakan Pada Gir Motor

Bagian motor yang memiliki peran penting ini harus dalam kondisi baik untuk bisa digunakan dengan baik pula. Jika gir sudah mulai bermasalah, sebaiknya Anda mengganti atau merawatnya secara rutin. Berikut ini gejala-gejala kerusakan motor yang disebabkan oleh gir yang bermasalah. 

  • Laju Motor Tersendat

Tanda yang pertama yaitu laju motor akan tersendat saat dilajukan. Hal ini dapat dirasakan saat melaju dalam kondisi pelan maupun lumayan cepat. Laju motor akan tidak stabil seperti terguncang. Hal itu dikarenakan perputaran roda dan rantai tidak berfungsi dengan baik. 

Selain itu, penyebab lainnya yaitu seal penghubung antara mata rantai juga sudah getas akibat pemakaian. Kemungkinan besar rantai motor mengalami aus, dan gir motor keadaannya sudah lancip akibat terkikis. 

  • Rantai Renggang

Selain itu bisa juga ditandai dengan rantai motor yang sudah mulai renggang. Hal itu bisa dilihat di bagian bawah rantai, yang posisinya mengayun atau hampir menyentuh permukaan jalan. Kondisi ini menyebabkan rantai tidak presisi lagi dalam meneruskan tenaga dari mesin motor ke roda belakang. 

Anda bisa mengecek ciri kerusakan ini dengan kasat mata. Rantai motor yang melilit gir sudah tidak dalam posisi kencang. Jika mengalami masalah seperti ini, sebaiknya segera ganti rantai lama dengan yang baru. 

  • Rantai Sulit Disetel

Jika Anda mendapati rantai motor kendor dan mencoba memperbaiki posisinya, maka rantai tersebut akan sulit untuk disetel lagi. Hal ini menandakan ada kerusakan. Kemungkinan besar rantai mengalami aus. Pemotongan ruas rantai juga sudah tidak berpengaruh untuk mengencangkan posisi rantai. 

  • Suara Berisik

Tanda kerusakan yang terakhir yaitu timbul suara berisik yang terdengar seperti rantai copot. Gejala ini menjadi gejala yang paling mudah dikenali jika gir motor Anda bermasalah. Suara yang ditimbulkan akan terdengar kasar dan tidak seperti biasanya. 

Cara Merawat Gir Motor

Agar tidak mengalami hal-hal di atas, sebaiknya Anda melakukan pencegahan dengan merawat motor secara teratur dengan perawatan yang tepat. Jika memang tanda kerusakan sudah dialami, sebaiknya segera bawa motor kesayangan Anda ke bengkel untuk diperbaiki. 

Solusi yang bisa dilakukan yaitu melakukan pengecekan rutin terhadap posisi gir motor. Setel gear set tersebut agar selalu dalam posisi lurus atau center, kemudian bersihkan secara rutin gear set dari kotoran, oli, dan sisa percikan air yang menempel. 

Yang paling penting adalah gunakan gir yang original dan kualitasnya bagus. Hal ini dapat membuat gir awet dan bisa bekerja dengan baik. Selain itu, hindari menggunakan oli bekas atau oli yang tidak berkualitas, demi mencegah keausan pada komponen dalam motor.

Cara paling mudah untuk memperbaikinya sendiri adalah dengan memberi pelumas (oli) atau mengganti oli. Namun bisa jadi suara berisik dan laju tersendat-sendat akan kembali terjadi. Kondisi ini menunjukkan adanya keausan dari rantai maupun gear set, sehingga perlu diganti.  

Untuk mendapatkan hasil servis yang bagus, Anda bisa pergi ke bengkel motor Suzuki resmi. Para mekanik akan memperbaiki segala kerusakan yang terjadi. 

Layanan seperti penggantian oli, pemasangan gir motor dan rantai yang pas akan dilakukan dengan baik sehingga performa motor kembali normal dan hasilnya pun maksimal. Jadi jika ada masalah, segera bawa kendaraan Anda ke bengkel resmi 2W Suzuki terdekat.

Berita Lainnya